Mengetahui Cara Mencetak Lovebird Biola Blue yang Berkualitas

Cara mencetak lovebird biola blue banyak sekali dilakukan oleh para pecinta burung lovebird yang ingin memiliki lovebird biola blue. Untuk mencetak lovebird biola blue sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Lovebird biola blue atau biru ini sebenarnya termasuk silangan dari keturunan lovebird biola

Cara Mencetak Lovebird Biola Blue

Cara Mencetak Lovebird Biola Blue
burungnya.com

Hal yang pertama yang sebaiknya dilakukan dalam mencetak lovebird biola blue yaitu dengan menyiapkan indukan biola. Indukan biola yang disiapkan sebaiknya juga memiliki umur yang diatas 7 bulan. Perlu diketahui jika indukan jantan harus biola split blue.

Sesudah memperoleh calon indukan jantan, kemudian kita meyiapkan indukan betina, yaitu blue series sable maupun biru kepala elang (BS sable). Kedua indukan tersebut sebaiknya sudah dewasa dan juga sudah siap untuk dikawinkan. Langkah berikutnya yang anda lakukan yaitu menjodohkan kedua indukan terlebih dahulu.

Penjodohan

Penjodohan lovebird memang terkadang sulit, pengaruh lingkungan, kondisi birahi serta psikis lovebird juga berpengaruh terjadap proses penjodohan.

Menjodohkan lovebird paling tepat yaitu ketia usia 8bulan. Ketika masuk usia 8 bulan, lovebird tersebut bisa untuk di tangkarkan. Lovebird juga mempunyai masa kesuburan.

Hal pertama yang anda siapkan adalah lovebird jantan dan betina yang 100% jenis kelaminnya sudah pasti. Dan harus yang berjeis kelamin yang jantan dan betina 100% tidak diragukan lagi.

Siapkan pasangan lovebird jantan dan betina yang berjodoh, sehingga bisa menghasilkan anakan lovebird yang berkualitas. Jangan sampai keliru dalam menjodohkan burung lovebird anda. Sebab meskipun jodoh, kalau anda keliru memilih jenis kelaminnya maka bisa dipastikan gagal.

Siapkan 3 kandang yang digunakan dalam proses penjodohan, 1 untuk jantan, 1 untuk betina, kemudian 1 untuk mencampurkan keduanya. Fungsi kandang tersebut yaitu untuk menyatukan supaya tidak berkelahi ketika proses pertemuan yang pertamanya.

Anda bisa mejerkan lovebird jantan dan yang berjensi kelamin betina, namun dalam sangkar yang berbeda (sangkar harian masing masing). Dan terutama ketika hari pertama proses penjodohan.

Hari kedua anda bisa melihat seperti apa tingkah lakunya, menjauh atau saling mendekat. Apabila menjauh, pisahkan dulu kurang lebih 4 hari dan beri full kangkung. Apabila tampak saling mendekat maka proses penjodohan dapat anda lanjutkan.

Selama proses penjodohan, anda bisa memberikan kangkung di setiap hari. Proses mandi serta penjemuran masih tetap dijejerkan supaya mereka selalu berdua.

Dan ketika malam hari perhatikan juga posisi tidurnya, apakah saling mendekat apa masih berjauhan. Apabila masih berjauhan, tunggu hingga ia tidur berjejer berdekatan kemudian mereka saling nempel.

Apabila telah tampak mendekat dan nempel, proses penyatuan pada kandang ke-3 sudah siap. Semprot mereka berdua kemudian satukan ke kandang 3 dengan cara bersamaan, selanjutnya jemur.

Lovebird bisa dikatakan berjodoh apabila sudah saling menyuapi dan juga terlihat tidak bertengkar. Mandi tiap pagi dan jemur rutin di setiap pagi. Apabila lovebird mulai menggigiti pangkringan itu tandanya lovebird sudah siap untuk di tangkarkan.

Penyilangan Lovebird

Lovebird Biola Blue
facebook.com

Cara mencetak lovebird biola blue selanjutnya yaitu proses penyilangan. Menyilangkan jantan biola split blue dengan betina blue series sable ternyata sudah banyak dicoba oleh para penangkar lovebird untuk menghasilkan lovebird biola yang berkualitas.

Biola blue ternyata masih langka dan harganya juga terbilang sangat fantastis, bahkan dapat mencapai puluhan sampai dengan ratusan juta. Berdasarkan kualitas burung yang dimilikinya, lovebird jenis biola atau opaline ini mempunyai keunikan tersendiri yang menjadikan jenis ini harganya mahal.

Tinggalkan Komentar