Tips Penangkaran Burung Cucak Rowo Agar Cepat Bertelur

Burung cucak rowo adalah jenis burung kicauan yang banyak dipelihara dan juga banyak ditangkarkan oleh para pecinta burung kicaiuan.

Di kalangan para pecinta cucak rowo, burung ini juga ditangkarkan untuk dijadikan sarana bisnis sebab punya harga yang mahal. TApalagi bila burung itu sudah gacor dan kerap dilombakan.

Penangkaran burung cucak rowo juga sudah dilakukan oleh banyak orang di berbagai daerah di Indonesia.

Penangkaran Burung Cucak Rowo

Penangkaran Burung Cucak Rowo
Penangkaran Burung Cucak Rowo

Budidaya burung cucak rowo juga dapat dijadikan sebagai usaha atau bisnis yang sangat menguntungkan. Sebab banyak seklai penggemar cucak rowo tersebar luas di berbagai daerah di Indonesia.

Berikut ini tips penangkaran burung cucak rowo yang bisa anda terapkan agar bisa sukses.

Memilih Indukan Cucak Rowo

Agar anakan yang dihasilkan bisa memiliki kualitas yang unggul, maka anda senbaiknya memilih indukan yang berkualitas tinggi.

Cucak rowo yang berkualitas atau bermutu tinggi antara lain yaitu yang sudah memenangkan lomba atau kicauannya sudah bagus. Dan burung tersebut sangat tepat untuk dijadikan indukan.

Tak hanya melihat dari segi suaranya, pemilihan indukan juga bisa dilakukan dengan melihat postur tubuh dari cucak rowo.

Indukan yang baik dan sempurna pastinya akan bebas dari penyakit, dengan memiliki bentuk yang bagus dengan panjang tubuh sekitar 28 cm mulai bagian kepala sampai bagian ekor.

Pembuatan Kandang

Kandang Penangkaran Cucak Rowo
Kandang Penangkaran Cucak Rowo

Tips penangkaran burung cucak rowo selanjutnya anda perlu menyiapkan tempat-tempat penangkaran atau kandang yang ideal untuk memelihara burung cucak rowo pilihan anda itu.

Luas kandang yang ideal untuk indukan-indukan cucak rowo yaitu sekitar 2 meter panjang x 1 meter lebar x 2,5 meter tinggi.

Sesudah memperoleh indukan jantan dan betina yangtepat, maka anda bisa memasukkan indukan tersebut ke dalam kandang tersebut .

Tujuannya supaya induk induk betina bertelur dan bisa segera menghasilkan bibit-bibit cucak rowo yang berkualitas.

Setelah telur menetas anda juga perlu menyiapkan kandang-kandang untuk burung cucak rowo muda yang sudah siap untuk dikarantina.

Luas kandang dapat dibuat dengan ukuran standar saja, dan sama dengan kandang induk. Di dalam sangkar anda bisa menambahkan batang pohon dengan ranting-ranting untuk bertengger.

Kandang yang digunakan bisa dibuat ada penutupnya. Bisa juga dilapisi kain atau bahan-bahan lain supaya burung tidak gampang stres.

Akan tetapi beberapa peternak ada yang memilih untuk membuat kandang-kandang yang terbuka yang dinding-dindingnya beradal dari kawat strimin.

Makanan Cucak Rowo

Berikan buah buahan untuk burung cucak rowo. Selain itu berikan serangga berupa jangkrik dan cacing untuk penambah nutrisi bagi burung.

Tambahkan juga vitamin makanannya supaya burung sehat sehingga bisa berkicau dengan lebih baik.

Menjaga Kebersihan Kandang

Segera bersihkan kandang burung cucak rowo saat sudah terlihat kotor. Jadi bersihkan kotoran-kotoran burung agar penyakit tidak gampang berkembang di dalam kandang.

Selain itu anda juga perlu memandikan burung cucak rowo setiap pagi supaya badan burung bisa menjadi lebih segardan sehat.

Di dalam kandang penangkaran burung cucak rowo sebaiknya siapkan sarang bagi mereka berupa serabut kelapa.

Untuk tempat yang paling tepat untuk membudidayakan cucak rowo diantaranya yaitu di tempat yang tenang serta memperoleh cahaya sinar matahari yang cukup.

Jangan lupa untuk menjemur burung cucak rowo tersebut di bawah sinar matahari pada pagi hari. Tujuannya agar burung  cucak rowo tersebut bisa mendapatkan asupan vitamin D shingga badannya lebih sehat.

Tinggalkan Komentar