Mengetahui Cara Membuat Lovebird Anteng Di Tangkringan

Perlu anda ketahui, jika Lovebird yang anteng atau nagen pada saat berada di tangkringan sambil mengeluarkan ngekek panjang memiliki nilai lebih saat lomba.

Maka dari itu, banyak sekali para pecinta burung kicauan yang menginginkan burung berparuh bengkok, Lovebird peliharaannya menjadi anteng dan tidak naik turun tangkringan. Jadi, anda harus tahu bagaimana cara membuat Lovebird anteng di tangkringan.

Membuat lovebird anteng di tangkringan ternyata tidak begitu sulit. Anda bisa melakukannya dengan cara menyemprot tangkringan atau pangkringan dengan menggunakan sprayer. Semprotan kira-kira 15 menit sebelum Lovebird peliharaan anda turun ke lapangan.

Penyemprotan kayu tangkringan tersebut sebaiknya anda lakukan sampai basah. Tujuan supaya Lovebird bisa nyaman, sebab kayu tangkringan yang basah tersebut memiliki sensasi yang terasa sejuk dan juga terasa dingin.

Apabila tangkringan Lovebird bahannya tidak dari kayu, maka jangan dipaksakan untuk menggantinya dengan kayu. Anda dapat mensiasati dengan jumlah tangkringannya atau untuk menambah beberapa tangkringan kecil yang ada di bagian samping.

Tangkringan khusus ini memiliki panjang sekitar 10 cm. Selanjutnya bisa di selipkan di bagian samping hingga tampak sudut segitiga.

Berbicara mengenai tangkringan, ternyata terdapat beberapa jenis bahan yang sering digunakan untuk tangkringan atau tenggeran Lovebird.

Antara lain yaitu seperti tangkringan plastic, tangkringan cetak, tangkringan logam atau metal, tangkringan kayu amplas, tangkringan kayu asem. Ada juga tangkringan kayu jambu air, tangkringan kayu jambu klutuk dan juga tangkringan yang terbuat dari kayu nangka.

Cara Membuat Lovebird Anteng Di Tangkringan

Cara Membuat Lovebird Anteng Di Tangkringan
bebeja.com

Beberapa tangkringan kayu dari berbagai jenis tersebut tidak mengeluarkan bau yang menyengat. Dengan demikian akan sangat aman untuk pernapasan burung Lovebird. Tak hanya itu saja, jumlah tangkringan dalam satu kandang, sebaiknya lebih dari satu.

Tujuannya agar Lovebird peliharaan anda bisa lebih leluasa bergerak hinggap dari tangkringan satu ke tangkringan lainnya. Hal tersebut akan bisa membantu supaya Lovebird tidak turun ke bawah tebok. Berikut ini adalah cara membuat lovebird anteng di tangkringan.

Ukuran Tangkringan Lovebird

Jika untuk tangkringan, sebaiknya ukurannya disesuaikan dengan kaki Lovebird. Pada umumnya diameter tangkringan yang pas sekitar 19 sampai dengan 22 mm atau disesuaikan dengan kaki burung Lovebird.

Apabila tidak dapat diukur secara pasti, anda dapat mengira-ngira ukuran kaki Lovebird. Asalkan, jari-jari tersebut tidak saling bersentuhan pada waktu dia sedang mencengkeram tangkringan.

Posisi tangkringan juga sangatlah penting supaya Lovebird tidak turun tebok atau nebok. Anda dapat melakukannya dengan memberikan dua tangkringan dalam satu sangkar. Setelah itu, anda hisa atur dalam posisi menyilang. Dengan demikian, Lovebird pasti lebih anteng di tangkringan atas dari pada berada di bawah.

Akan tetapi, apabila suara atau power Lovebird tidak keluar sesudah diberi tangkringan menyilang, sebaiknya anda mengevaluasi lagi. Karena, bisa jadi kemungkinan Lovebird itu tidak nyaman dengan posisi tangkringan. Dengan demikian, Lovebird bisa jadi tidak mengalami macet bunyi.

Memberikan Benda Yang Ditakuti Lovebird

Lovebird Di Tangkringan
duniadalamsangkar.blogspot.com

Untuk cara membuat Lovebird anteng di tangkringan yang selanjutnya yaitu dengan cara memberikan sesuatu yang ditakuti Lovebird. Sehingga, misalnya Lovebird takut dengan benda-benda runcing maupun dengan benda yang berwarna cerah, maka anda dapat memasukkan benda tersebut pada lantai sangkar.

Tujuan hal ini dilakukan yaitu supaya Lovebird tidak turun ke bawah tebok atau ngelantai dan Lovebird selalu nagen pada tangkringan. Anda bisa mensiasatinya dengan memberikan bola atau karet yang berwarna-warni pada bagian dasar sangkarnya.

Dengan melakukan berbagai macam cara membuat Lovebird anteng di tangkringan tersebut, Lovebird anda akan memiliki perilaku seperti yang anda inginkan.

Tinggalkan Komentar