Ramuan Alami untuk Memandikan Burung Kicau

Selama ini pencinta burung kicau hanya menggunakan air biasa untuk memandikan burung. Alih-alih mencampurnya dengan ramuan khusus, mereka hanya menggunakan air mentah atau keran yang kadang tidak terlalu bersih dan masih mengandung banyak bibit penyakit yang berbahaya untuk burung.

Nah, agar burung yang dimandikan tetap sehat dan tidak terserang penyakit berbahaya, ada baiknya air untuk memandikan diberi ramuan. Anda bisa membuat ramuan ini dari bahan-bahan alami di alam seperti yang tersaji di bawah ini.

1. Rebusan Daun Pandan

Air Rebusan Daun Pandan
Air Rebusan Daun Pandan

Daun pandan selama ini hanya digunakan sebagai pewangi kandang dengan meletakkan beberapa helai di bagian bawah atau digantung. Ternyata, daun yang banyak digunakan untuk membuat kue ini juga bisa digunakan untuk membuat air mandi untuk burung.

Anda cukup merebus beberapa gelas air dengan beberapa helai daun. Selanjutnya air yang sudah dingin bisa disemprotkan pada burung. Wangi dari air pandan dipercaya membuat burung jadi lebih tenang dan terhindar dari stres.

2. Rebusan Daun Sirih

Rebusan Daun Sirih
Rebusan Daun Sirih

Fungsi dari rebusan daun sirih adalah membunuh kutu yang ada pada bulu burung. Untuk itu, penyemprotan harus dilakukan rutin 3-4 hari sekali. Anda dilarang menyemprotkan air sirih setiap hari karena bisa membuat bulu jadi lengket.

Untuk membuat rebusan air sirih, Anda memerlukan 20-30 helai daun sirih lalu dimasukkan ke 6 liter air. Rebus hingga air tinggal setengah lalu disaring dan dinginkan sebelum digunakan untuk air mandi burung.

3. Air Bekas Cucian Beras

Air Bekas Cucian Beras
Air Bekas Cucian Beras

Air bekas cucian beras bisa digunakan untuk bahan air semprot untuk burung. Air ini bisa langsung diaplikasikan tanpa dicampur apa-apa. Efek dari air ini adalah melepaskan cengkeraman kutu yang menempel pada bulu burung tanpa membunuhnya. Jadi efek yang diberikan hanya sementara. Kalau burung didis, kutu bisa jatuh dan akhirnya mati.

Agar efek yang ditimbulkan lebih baik, air bekas cucian beras bisa dicampur beberapa jenis tanaman seperti aneka bunga mawar, daun kelor, dan daun pandan. Ramuan itu bisa dibuat dengan meremas-remas bahan tanpa memasaknya terlebih dahulu.

4. Air Rebusan Daun Sirih dan Kemiri

Air Rebusan Kemiri
Air Rebusan Kemiri

Kemampuan daun sirih adalah membunuh bakteri dan juga kutu pada bulu burung. Kemampuan ini bisa digandakan dengan menambahkan kemiri. Campuran ini akan memperlancar mabung pada burung sehingga bulu lama cepat lepas dan berganti yang baru.

Untuk membuat ramuan ini, Anda bisa membuat rebusan sirih sebanyak 6-7 liter dengan 20-30 lembar daun. Setelah air tinggal setengah, saring air rebusan hingga tidak menyisakan ampas. Setelah air rebusan dingin campur 2-3 butir kemiri yang telah ditumbuk halus hingga merata.

5. Air Lidah Buaya

Air Lidah Buaya
Air Lidah Buaya

Air lidah buaya juga berguna untuk burung karena bisa membunuh bakteri yang ada di dalam bulu burung. Selain itu, nutrisi ketika air disemprotkan juga akan masuk ke dalam kulit untuk menunjang kekebalan, menghentikan pendarahan, dan membuat burung jadi lebih giras. Selanjutnya, ramuan ini juga membuat burung cepat mabung dan bulunya jadi lebih indah.

Cara membuat ramuan ini cukup mudah karena hanya membutuhkan dua bahan saja. Pertama adalah lidah buaya yang dibuang lendir dan juga kulit luarnya. Potongan lidah buaya yang sudah bersih bisa dicampur dengan air distilasi atau air suling yang bisa dibeli di toko kimia atau apotek. Campuran itu dimasukkan ke dalam toples dan disimpan di dalam kulkas selama 24 jam.

Nah, inilah beberapa ramuan yang bisa digunakan untuk memandikan burung kicau. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Komentar