Cara Memelihara Lolohan Burung Cekakak dan Pakan Yang Diberikan

Burung tengkek atau cekakak atau raja udang yaitu termasuk jenis burung dari keluarga Alcedinidae yang asalnya dari genus Halcyon.

Burung cekakak di beberapa daerah di Indonesia juga ada yang menyebutnya dengan burung Dengkek.

Jenis burung yang sering menghuni pinggiran sungai ini punya warna bulu yang tampak begitu indah. Mereka juga punya perbedaan warna dari setiap jenisnya.

Tak hanya tampilannya yang cantik, burung tengkek juga punya suara yang unik.

Namun kicauan burung tengkek ini hanya monoton, keras dan tajam, terkadang terdengar seperti suara orang yang ngakak.

Daerah Persebaran Burung Cekakak

Daerah Persebaran Burung Cekakak
Daerah Persebaran Burung Cekakak

Burung tengkek ata burung cekakak ini tersebar di seluruh daerah tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Mereka bahkan juga banyak yang hidup di selatan dan timur Samudera Pasifik, Australia, Eropa, Amerika dan juga di Afrika.

Kurang lebih masih ada sekitar 90 jenis burung tengkek ini. Semua jenisnya memiliki ciri-ciri seperti halnya berkepala besar, kaki pendek, paruh yang panjang besar dan kuat dan juga mempunyai warna bulu yang sangat tajam yang cukup menarik.

Makanan Burung Cekakak

Makanan burung cekaka ini ternyata menyesuaikan dengan spesies mereka. Beberapa jenis burung tengkek yang hidup serta berkembang biak di area perairan seperti sungai dan danau.

Pada umumnya burung burung tersebut akan memangsa hampir semua spesies air seperti ikan, udang, katak kecil dan kepiting dengan cara menukik kebawah selanjutnya langsung menyergap mangsanya.

Ada juga jenis jenis burung cekakak yang lainnya yang hidup di hutan dengan makan hewan seperti kadal, cicak, jangkrik, belalang serta spesies kecil yang lainnya.

Cara Memelihara Lolohan Burung Cekakak

Cara Memelihara Lolohan Burung Cekakak
Cara Memelihara Lolohan Burung Cekakak

Jika memelihara sejak anakan anda harus merawatnya dengan sebaik mungkin. Cara memelihara lolohan burung cekakak yaitu harus dengan memperhatikan jenis makanannya.

Anakan burung tengkek burung tengkek lolohan sangat membutuhkan perhatian khusus dalam pemeliharaan. Jika sedikit saja merasa lapar maka mereka akan mengeluarkan suara yang sangat keras.

Lolohan atau bakalan burung cekakak ini mempunyai sistem pencernaan yang cukup cepat, itu lah mengapa mereka sangat membutuhkan banyak makanan.

Cara memelihara lolohan burung cekakak yaitu memiliki tahapan seperti dibawah:

  • Persiapkanlah seluruh perlengkapan (pinset, pisau, mangkuk atau juga cepuk)
  • Siapkan makanan (misalnya saja seperti daging / ikan / udang / jangkrik / Siput / kecoa madagaskar / kombinasikan)
  • Tambahan lainnya (minyak ikan dan juga kalsium dan juga vitamin)
  • Untuk membuatnya anda bisa cincang daging atau ikan hingga duri dan tulangnya halus.

Apabila meloloh dengan serangga berupa jangkrik, buang terlebih dahulu kakiyang tajam itu. Jika menggunakan udang, buang terlebih dahulu kepalanya.

Apabila anda memberikan siput, pecahkan dan bersihkan dari cangkang dan kotorannya. Setelah itu taburi sejumput kalsium dan vitamin D pada daging cincang lalu aduk hingga tercampur.

Untuk pemberian kalsium dan jika dirasa sudah cukup, pemberian bisa dilakukan 3 kali dalam seminggu. Anda juga bisa memberikan minyak ikan sekitar 2 kali dalam seminggu.

Kandang

Cara memelihara lolohan burung cekakak juga harus dilakukan dengan mempersiapkan kandang. Kandang anakan burung lain dengan kandang burung lainnya seperti yang ada dipasaran.

Sebab induk burung tengkek membuat sarang di dalam lubang pohon atau tanah maka anakan burung tengkek harus diletakan pada box seterti kardus, aquarium, kontener plastik maupun dalam kendi.

Kandang yang dibuat sebaiknya juga memiliki suhu yang hangat. Atau anda bisa memberikan penghangat dan menjauhkan dari AC.

Komentar Facebook

Komentar Blog