Mengetahui Bergam Manfaat Oyong Untuk Burung Kicauan

Oyong yang juga sering dijuluki dengan nama gambas (Luffa acutungula), ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan manusia serta burung kicauan. Manfaat oyong untuk burung kicauan sangat banyak karena di dalam sayuran oyong ini mempunyai kandungan gizi yang melimpah, seperti serat, vitamin, dan juga kandungan mineral.

Kandungan vitamin yang terdapat pada oyong antara lain yaitu vitamin A, B, C, dan juga vitamin E. Sedangkan untuk kandungan mineral yang ada di dalam oyong meliputi zat besi, seng, magnesium, riboflavin, thiamin, dan lain sebagainya.

Di dalam sayur oyong atau gambas juga terdapat kandungan senyawa kimia yang baik untuk kesehatan tubuh. Antara lain seperti saponin, luffein, cucurbitacin, citruline danlain sebagainya.

Di dalam tiap 100 gram buah oyong ini terdapat kandungan berbagai nutrisi yang baik bagi kesehatan. Yang pastinya, kandungan yang ada pada buah oyong baik sekali untuk kesehatan manusia serta burung kicauan.

Manfaat Oyong Untuk Burung Kicauan

burungnya.com

Oyong sangat baik untuk kesehatan burung, khusunya bagi burung pemakan biji-bijian. Untuk burung yang baik untuk mengonsumsi oyong yaitu burung yang makan biji-bijian.

Diantaranya seperti halnya burung Kenari, burung Finch, burung Parkit, burung Lovebird, dan juga burung Pleci.

Mengatasi Gangguan Pernafasan Burung

Terkadang, burung kicauan yang mengalami macet bunyi dikarenakan adanya gangguan pernapasan. Maka dari itu, anda bisa mencoba berikan oyong dengan cara rutin , yaitu dalam beberapa hari sekali supaya pernapasan burung kembali normal.

Mempertajam Penglihatan Burung

omkicau.com

Di dalam oyong juga banyak memiliki kandungan vitamin A yang sangat baik untuk mata. Dengan anda memberikan oyong pada burung secara teratur, bisa dipastikan penglihatan burung menjadi semakin tajam lagi.

Mengatasi Radang Tenggorokan

Burung kicauan radang tenggorokan pastinya suaranya akan berubah menjadi serak, bahkan jika parah juga bisa menjadikan burung tidak mau bunyi sama sekali.maka dari itu, anda bisa memberikan oyong dengan cara rutin. Tujuannya supaya gangguan radang tenggorokan pada burung sembuh serta burung dapat berkicau lagi.

Mengobati Burung yang Cacingan

Ternyata dalam oyong mengandung senyawa yang bisa bermanfaat untuk mengatasi cacing yang ada pada tubuh burung burung. Sesudah mengonsumsi oyong, pada umumnya cacing akan mati dan keluar dengan sendirinya.

Antioksidan Burung

Manfaat oyong untuk burung kicauan selanjutnya yaitu bisa sebagai antioksidan. Kandungan vitamin C yang ada di dalam oyong bisa dijadikan sebagi antioksidan yang sangat baik untuk kesehatan burung. Sehingga burung tidak mudah sakit akibat radikal bebas.

Mengatasi Kegemukan

Burung kegemukan merupakan salah satu masalah yang harus diatasi. Sebab, dapat menjadikan burung kurang aktif serta malas berkicau. Dengan memberikan oyong maka bisa membantu menurunkan berat badan burung supaya bisa terhindar dari obesitas dan kegemukan.

Penurun Panas Pada Burung

Saat musim kemarau, suhu udara rasanya memang cukup panas, dengan demikian tak baik bagi kesehatan burung. Manfaat oyong untuk burung kicauan selanjutnya yaitu bisa menurunkan rasa panas yang biasa terjadi di musim kemarau.

Menstabilkan Birahi Burung

Ketika burung mengalami over birahi, berikanlah oyong secukupnya selama dua minggu sekali. Di dalam pemberian sayuran ini sebaiknya jangan terlalu banyak memberikan oyong. Jika pemberiannya kebanyakan, dikhawatirkan burung justru tidak punya birahi sama sekali.

Memancing Suara Burung

Burung yang mengkonsumsi oyong bisa menjadi mudah mengeluarkan kicauan. Sebab oyong dapat memancing burung agar bisa berkicau dengan lebih merdu. Sedangkan untuk yang bakalan bisa mudah ngriwik dan buka paruh.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.