Mengenal Burung Cica Koreng Kecil (Megalurus gramineus)

Untuk para pecinta burung kicauan, apakah anda senua sudah mengenal burung Cica Koreng? Burung Cica Koreng adalah salah satu burung kicauan yang bisa kita jumpai di alam ini. Salah satu jenis burung Cica Koreng yang perlu anda ketahi yaitu burung Cica Koreng Kecil.

Cica koreng Kecil merupakan salah satu jenis burung kicau yang memiliki tubuh dengan ukuran yang bisa dikatakan kecil atau sedang.

Ukuran burung ini bisa dikatakan sama halnya dengan jenis burung pleci. Yang mana jenis burung tersebut merupakan salah satu jenis burung dilindungi di Indonesia.

Cica Koreng Kecil ini memiliki nama ilmiah Myaitu egalurus gramineus atau Little Grassbird. Burung yang memiliki ukuran badan yang mungil ini dan berasal dari keluarga Locustellidae dan genus Poodytesspesies bisa anda jumpai di daratan Australia serta di wilayah Papua Barat, Indonesia.

Habitat Burung Cica Koreng Kecil

Burung Cica Koreng Kecil
flickr.com

Burung Cica Koreng Kecil ini pada umumnya sering terlihat hidup di pinggiran lahan yang basah. Biasanya ada di antara rerumputan, di antara rumput, alang-alang, dan juga sedimen.

Selain itu, biasanya juga bisa dijumpai di saltmarsh dan juga di rumpun lignum dan rawa-rawa garam dari Australia Timur Selatan.

Dalam habitat burung ini yang bervegetasi tinggi ini, Cica Koreng Kecil ini didengar lebih sering jika dibandingkan yang terlihat. Kemudian untuk panggilan tiga notanya yang terdengar bersuit cemberut juga bisa dijadikan sebagai ciri khas dari lingkungan ini.

Burung ini juga kerap terlibat untuk percakapan dengan orang dengan menirukan suaranya. Selain itu, Cica Koreng Kecil ini juga masih berkekerabat yang cukup dekat dengan burung sejenis perenjak maupun dengan burung ciblek yang berasal dari genus Megalurus.

Untuk tampilan burung Cica Koreng Kecil ini memang terlihat mirip dengan burung Ciblek Gunung (cigun), namun untuk bagian ekornya dinilai lebih panjang.

Lalu untuk warna juga lebih mencolok, serta untuk ukuran tubuhnya pun lebih besar jika dibandingkan dengan burung ciblek dan juga sejenisnya.

Ciri Khas Burung Cica Koreng Kecil

Jenis Cica Koreng Kecil ini ternyata memiliki ukuran tubuh kurang lebih sekitar 15 cm dengan berat tubuh kurang lebih sekitar 25 gram. Dengan tubuh yang berwarna coklat, ada coretan yang berwarna hitam tebal di bagian punggung.

Sedangkan untuk bagian alis mata berwarna kuning tua, pada bagian ekor memang terlihat agak panjang dan ujungnya yang terlihat meruncing. Sedangkan untuk tubuh bagian atas tampak berwarna coklat kemerahan terang.

Untuk coretan hitam yang ada di bagain punggung serta ada juga di bagian penutup sayap. Tubuh yang ada di bagian bawah berwarna keputihan. Coretan hitam yang ada di bagian dada. Sisi tubuh serta penutup ekor juga tersapu merah karat, bagian iris coklat.

Lalu untuk bagian paruh atas berwarna hitam, dan bagian paruh bawah kemerah jambuan. Cica Koreng Kecil ini pada bagian kakinya berwarna merah jambu.

Burung ini juga hidup sebagian di atas tanah. Perilakunya yaitu sering berlari di bawah rumpun lebat, sering tampak bermain terbang rendah.

Tempat hidup dan Kebiasaan Cica Koreng Kecil

Tempat hidup dan Kebiasaan Cica Koreng Kecil
commons.wikimedia.org

Burung Cica Koreng Kecil adalah salah satu jenis burung pemakan serangga, seperti halnya belalang, kumbang, dan juga serangga seperti jangkrik.

Burung ini juga mempunyai habitat di lapangan rumput terbuka, rumpun gelagah, bambu, dan juga di semak sekunder yang ada di ketinggian 1.600 m dpl.

Tinggalkan Komentar