Mengenal Ciri Khas Kehicap Ranting dan Daerah Persebarannya

Burung yang ada di alam liar ini jumlahnya memang sangat banyak. Dari banyaknya jenis burung yang ada di alam ini, banyak sekali jenis burung yang statusnya merupakan burung yang dilindungi.

Salah satu jenis burung yang dilindungi diantaranya yaitu, burung kehicap ranting. Ciri khas kehicap ranting ini memang terlihat unik dan juga menarik.

Ciri Khas Kehicap Ranting

Ciri Khas Kehicap Ranting
Ciri Khas Kehicap Ranting

Burung kehicap ranting adalah salah satu jenis burung yang punya tampilan fisik yang indah. Fisiknya yang indah itu terlihat dari warna bulu yang berwarna biru tua yang ada pada hampir seluruh tubuhnya.

Tak hanya itu, ada juga warna putih terang yang ada pada bagian perut sampai dengan tunggirnya.

Ada juga warna kehitaman yang tidak terlalu pekat di bagian atas tubuhnya mulai dari ujung sayap dan atas ekornya.

Untuk burung kehicap ranting ini di bagian ekornya memiliki warna biru kehitaman. Selain itu ukuran yang cukup panjang. Dan biasanya mengembang saat berkicau ataupun ingin pergi terbang.

Selanjutnya, burung kehicap ranting (Hypothymis Azurea) ini bisa dikenali dari ciri fisiknya, yaitu pada ukuran fisiknya yang tergolong sedang dengan panjang hanya sekitar 16 cm saja.

Lalu pada bagian paruhnya ukurannya juga sedang dengan bagian ujung atas nya yang sedikit menukik ke bawah.

Tak hanya itusaja, pada bagian atas kepalanya juga ada lingkaran kecil yang berwarna hitam pekat.

Ciri khas kehicap ranting berupa lingkaran kecil berwarna hitam di atas kepala burung ini sudah menjadi tanda unik yang tidak ada pada jenis burung lainnya.

Daerah Persebaran Kehicap Ranting

Daerah Persebaran Kehicap Ranting
Daerah Persebaran Kehicap Ranting

Kehicap Ranting ini daerah persebarannya tidak hanya ada di Indonesia tapi juga tersebar di berbagai negara lainnya yang ada di kawasan Asia.

Negara-negara yang bisa dijumpai populasi burung dengan fisik unik berwarna biru ini yaitu berada di India, Thailand, Vietnam, Tiongkok, Sri Lanka, Filipina, serta Malaysia.

Kemudian adanya burung ini di alam kita juga telah menyebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan juga tersebar di Pulau Bali.

Kehidupan burung kehicap ranting pada saat berada di alam liar pada umumnya akan menghuni berbagai jenis hutan.

Dari mulai hutan yang ada di sataran rendah hingga hutan yang dengan area perbukitan.

Tak hanya itu saja, ketuita kehicap ranting ini sedang dalam musim berbiak tiba, yang biasanya berlangsung dari mulai bulam Januari hingga bulan Juni.

Saat itu, maka burung kehicap ranting akan membangun sarang yang bentuknya menyerupai mangkok dan diletakkan dalam cabang pohon yang tidak jauh dari atas pohon.

Ciri khas kehicap ranting yang berjenis kelamin betina yang mengerami telur yaitu berwarna kuning tua. Selain itu ada juga bintik cokelat merah yang pada umumnya berjumlah sekitar 3 butir.

Suara Burung Kehicap Ranting

Burung kehicap ranting ini juga termasuk jenis burung yang suka bergerak bersama kawanannya ini termasuk tipikal burung yang bersuara merdu.

Untuk suara burung kehicap ranting ini yaitu terdengar cukup nyaring dan juga dibunyikan secara terus-menerus.

Tak hanya itu, burung kehicap ranting ini pun juga diketahui mampu mengeluarkan kicauan yang terdengar dengan sedikit serak dengan bunyi nada yang berbeda dari yang pada umumnya akan dibunyikannya.

Ciri khas kehicap ranting dari suara yang dikeluarkan ini yaitu memiliki volume kyang tidak terlalu tinggi, akan tetapi terdengar dengan cukup jelas di telinga kita. Burung ini dilindungi, maka harus kita lestarikan populasinya.

Tinggalkan Komentar