Mengetahui Berbagai Macam Penyebab Burung Kenari Jarang Bunyi

Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicauan yang memiliki kicauan yang merdu dan juga warna bulu yang cerah dan indah. Maka dari itulah jenis burung ini banyak sekali dipelihara oleh para pecinta burung kicauan yang ada di berbagai penjuru.

Bahkan jenis burung ini juga sudah banyak yang diikutkan dalam event lomba karena kualitas suara yang dimilikinya. Selain dilombakan, banyak juga orang yang menangkarkan atau menernakkan jenis burug ini agar variannya lebih banyak.

revk.uk

Tentu saja para pecinta burung kicauan yang memeliara burung kenari akan selalu menginginkan burung kenari kesayanganya bisa rajin berkicau. Pemilik juga akan merasa senang apabila setiap pagi saat mulai bangun tidur para pemilih sudah di sambut suara kicauan merdu burung kenari.

Terlebih lagi jika setiap saat burung kenari yang anda pelihara mampu mengeluarkan suara kicauan yang merdu dan bervariasi. Pastinya pemilik akan merasa lebih senang dan lebih semangat dalam memelihara jenis burung ini.

Penyebab Burung Kenari Jarang Berbunyi

Apabila burung kenari yang anda pelihara jarang berbunyi pastinya menjadikan pemiliknya merasa resah. Apabila burung kenari yang anda pelihara tersebut tidak mau berkicau. Sebaiknya anda segera mencari tahu sebenarnya apa penyebab burung kenari jarang berbunyi, atau bahkan sampai tidak mau berkicau.

Berikut ini adalah penyebab burung kenari jarang berkicau yang mungkin bisa terjadi pada burung kenari yang anda pelihara.

1.Jenis Burung Kenari Anda adalah Betina

en.wikipedia.org

Penyebab burung kenari jarang bunyi yang pertama yaitu bisa jadi burung kenari yang anda pelihara tersebut adalah yang berjenis kelamin betina. Memang dalam membedakan jenis kelamin burung kenari itu dirasa agak susah. Hal ini disebabkan bentuk fisik nya yang jantan dan betina ini hampir sama.

Namun anda tetap bisa membedakan jenis kelamin dari burung kenari. Salah satunya yaitu dengan cara melihat dubur dari burung kenari. Sebab, sebagian besar dari burung kenari betina itu bisa berkicau akan tetapi kicauanya itu pelan dan tidak semerdu burung kenari yang berjenis kelamin jantan.

Maka dari itu, anda harus selalu pastikan terlebih dahulu jika burung kenari yang anda pelihara tersebut adalah burung kenari yang berjenis kelamin jantan agar bisa mengeluarkan kicauan merdu.

2. Burung Kenari anda Sedang Memasuki Masa Mabung / Ganti Bulu

Burung kenari yang mabung biasanya juga bisa menjadi jarang berbunyi bahkan juga akan berhenti berkicau. Dan proses ini juga menjadi penyebab burung kenari jarang bunyi yang harus anda ketahui.

Aetiap burung kenari tentunya akan melalui kejadian ini yaitu mabung atau ganti bulu. Proses ganti bulu pada burung kenari ini pada umumnya akan ditandai dengan adanya beberapa bulu yang lepas yang yang dapat anda jumpai di dasar kandang.

Untuk burung kenari yang memasuki masa ini pada umumnya memang menjadi agak lebih jarang berkicau jika dibandingkan yang biasanya. Terlebih lagi pada waktu benar-benar sudah memasuki tahapganti bulu. Anda harus bisa memberikan perawatan khusus supaya performanya tidak menurun.

3. Burung Kenari Sedang Sakit

Penyebab burung kenari jarang bunyi selanjutnya yaitu bisa saja burung kenari anda sedang sakit. Sakit yang dialami oleh burung kenari juga bermacam-macam. Misalnya saja sakit dalam sistem pencernanya maupun kaki patah dan lain sebagainya.

Kenari yang sakit pada umumnya akan terlihat asangat lemas dan sangat jarang bergerak apalagi mengeluarkan suara kicauan dengan merdu.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar