Mengetahui 3 Jenis Burung Jalak Suren dan Ciri Khasnya

Burung Jalak Suren merupakan jenis burung peliharaan yang sudah dikenal para pecinta burung kicauan khususnya di Indonesia.

Sebab jenis burung ini punya banyak sekali keistimewaan. Ternyata ada 3 jenis burung jalak suren, diantaranya yaitu jalak suren india, jalak suren yunan dan juga jalak suren jawa.

Burung jalak suren ini juga lebih banyak di pelihara, sebab beberapa alasan. Diantaranya bisa untuk menjaga rumah, menyalurkan hobi, memancing burung lainnya untuk berkicau.

Jenis burung ini juga sering dipelihara sebagai burung masteran. Akan tetapi burung ini banyak dipelihara dan lebih populer dijadikan sebagai burung penjaga rumah.

Sebab kemampuannya dalam menjaga rumah dengan kecerewetan serta kepekaannya. Khususnya apabila ada orang asing yang datang dan mendekati sangakrnya.

3 Jenis Burung Jalak Suren

3 Jenis Burung Jalak Suren
3 Jenis Burung Jalak Suren

Burung Jalak Suren memamg punya beberapa jenis yang populer di kalangan pencinta burung. Kebanyakan dari burung jenis tersebut di cari untuk di tangkarkan maupun untuk sekedar menjadi hobi saja.

Akan tetapi harga yang lumayan fantastis untuk seekor burung menjadikan banyak orang menjadi tertarik perhatiannya untuk memelihara atau menangkarkan burung jenis tersebut.

Nah untuk lebih jelasnya berikut ini 3 jenis burung jalak suren yang harus anda ketahui.

1. Jalak Suren India

Jenis burung Jalak India adalah jenis burung jalak yang populer dengan julukannya brahmana atau Gracupica Contra contra.

Dan ciri khas burung ini yaitu sama dengan burung Jalak dari Bali diantaranya dengan rambut jambul yang tampak berjumbai.

Burung ini juga termasuk salah satu burung Jalak yang di impor dari India dan punya habitat di timur laut Afghanistan, Nepal, India Pakistan dan Srilanka.

Jenis Jalak ini kerap dimanfaatkan untuk memaster burung Jalak lainnya. Dengan tujuan supaya burung tersebut memiliki suara kicau yang berkualitas.

2. Jalak Suren Yunan

Jalak Suren Yunan
Jalak Suren Yunan

Jenis jalak yunan ini juga dikenal dengan nama ilmiah Gracupica Contra Superciliaris. Burung ini punya habitat yang berada di wilayah timur laut India, wilayah timur Myanmar.

Selain itu berada di wilayah barat daya China (Yunan). Jalak suren ini adalah jenis burung yang menjadi simbol keindahan dan kecintaan para dewa dan dewi Yunani.

Sebab di zaman dahulu para bangsawan memelihara jenis burung ini untuk dijadikan sebagai salah satu kebanggaan mereka.

3. Jalak Suren Jawa

Jenis burung jalak suren yang selanjutnya yaitu jenis Suren Jawa. Burung ini di anggap sebagai salah satu burung Jalak yang punya kualitas yang terbaik di antara bermacam jenis burung Jalak lainnya.

Burung yang punya nama Latin Gracupica Contra Jalla ini banyak dijumpai di wilayah Jawa, Sumatra dan Bali.

Dalam pemeliharaannya sebaiknya disiapkan tempat yang mirip seperti habitat aslinya dan berikan makanan jalak suren yang sesuai.

Sebab jalak suka dengan tempat bertengger dengan bentuk yang meninggi seperti dengan adanya tanaman yang tinggi yang punya dahan atau cabang yang sangat banyak dan juga berdaun yang lebat.

Jalak juga suka tempat tinggi dan besar yang begitu bermanfaat sebagai tempat untuk perkawinan dan juga untuk berkembang biak yang terbaik.

Untuk jenis Jalak Suren ini menjadi salah satu burung kicau yang banyak disukai dan banyak di cari pencinta burung yang ada.

Akan tetapi karena perilaku para pemburu burung yang menjadikannya untuk meraup keuntungan pribadi.

Namun mengakibatkan populasi burung di alam liar ini kain hari semakin berkurang.

Demikian ulasan mengenai 3 jenis burung jalak suren yang ada di alam ini. Semoga bisa menambah pengetahuan anda mengenai burung jalak.

Tinggalkan Komentar