Mengenal Seperti Apa Ciri Cucak ijo Sumatra Dengan Jelas

Di Indonesia penyebaran burung cucak ijo memang sangat luas. Tidak hanya tersebar di wilayah pulau Jawa dan juga Kalimantan. Akan tetapi cucak ijo juga tersebar luas di wilayah pulau Sumatra.  Apa yang membedakan antara ciri cucak ijo Sumatra dengan yang lainnya?

Tipsburung.com

Meskipun cucak ijo Sumatra ini tergolong jenis burung yang punya harga paling rendah. Akan tetapi jenis burung cucak ijo Sumatra ini masih punya peluang untuk bisa bersaing di pasaran papan atas. Untuk lebih mengenal karakter dan ciri cucak ijo Sumatra ini. Maka kita akan bahas selengkapnya di sini.

Cara Mudah Mengenal Ciri Cucak Ijo Sumatra

Ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan agar bisa mengenali ciri dari burung cucak ijo Sumatra ini. Sebenarnya caranya sangat mudah. Sebab anda bisa mengenali nya lewat ciri fisik dari burung yang terlihat cukup mencolok.

Pada jenis burung cucak ijo Sumatra memiliki ukuran tubuh yang bentuknya lebih kecil bila dibandingkan dengan burung cucak ijo Banyuwangi atau Jember serta cucak hijau Kalimantan.

Burung ini mempunyai warna tubuh yang hijau dan terlihat agak kekuning-kuningan. Kita bila lihat bagian kepala burung ini di bagian atas dan depan memiliki bulu yang warnanya kuning.

Sementara itu, pada bagian pipi hingga di bagian bawah paruhnya memiliki bulu yang warnanya biru dan tampak mengkilat. Tubuhnya memiliki ukuran yang tidak pendek, tapi juga tidak panjang. Dalam kata lain, burung ini memiliki ukuran tubuh yang proporsional.

Beralih ke bagian ekor dari burung cucak ijo Sumatra ini. Ekornya terlihat lurus, kaku dan terkesan agak pendek. Saat burung cucak ijo Sumatra ngentrok, maka bagian jambul cucak ijo akan berdiri dan terlihat sangat bagus.

Burung ini memiliki volume yang tajam tetapi memang kadang monoton. Akan tetapi saat bertemu dengan musuh, maka akan langsung mengeluarkan lagunya dengan variatif.

Popularitas Cucak Ijo Sumatra

Persebaran burung cucak ijo Sumatra yang ada di pulau Jawa memang tak sebanyak jenis burung cucak ijo Kalimantan. Meskipun demikian, cucak ijo Sumatra ini bukan merupakan burung yang bisa dianggap remeh.

Walaupun bakalan cucak ijo Sumatra ini harganya murah, tetapi ini tak berarti burung ini memiliki kualitas yang jelek. bahkan ada banyak bukti bahwa cucak ijo Sumatra ini bisa menyabet berbagai macam gelar juara saat mengikuti event burung berkicau.

GemarBurung.com

Cucak ijo dengan jenis apapun, saat mendapatkan perawatan dengan baik tentu bisa tampil dan bahkan kemungkinan besar mendapat juara. tetapi memang popularitas cucak ijo Jember dan Banyuwangi sebagai ras cucak ijo yang terbaik. Dan hingga saat ini belum bisa tertandingi.

Berbagai macam ciri burung cucak ijo Sumatra yang sudah disampaikan tadi bisa menambah pengetahuan anda. Khususnya dalam mengenali cucak ijo Sumatra. Tak harus memandang ras di dalam memilih jenis burung cucak ijo. Hal ini karena ras terkadang bisa menipu.

Faktanya ternyata tidak semua burung yang memiliki ras bagus akan menghasilkan keturunan yang bagus pula. Begitupun sebaliknya, tak semua jenis burung yang diklaim berasal dari ras jelek akan menghasilkan keturunan jelek. Karena semua kembali lagi pada kualitas dari setiap burung dan juga perawatan yang dilakukan.

Dengan mengetahui seperti apa ciri cucak ijo Sumatra, tentu bisa membantu anda. Seperti saat anda memilih burung cucak ijo dan juga melakukan perawatan dengan sebaik mungkin

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.