Mengenal Berbagai Karakter Dasar Burung Kenari

Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicauan yang paling digemari oleh pecinta burung kicauan di Indonesia.

Karakter dasar burung kenari yang bagus ini menjadikan mengapa burung ini banyak sekali yang menyukainya.

Burung kenari juga merupakan burung kicauan yang banyak disukai karena warna bulu tubuhnya yang tampak cerah dan menarik.

Selain itu, suara kicauan burung kenari ini juga sangatlah merdu dan cukup bervariasi jika mendapatkan perawatan yang maksimal.

Karakter Dasar Burung Kenari

Karakter Dasar Burung Kenari
pinterest.com

Ternyata karakter dasar burung yang ada pada burung kenari ini cukup banyak. Diantaranya adalah sebagai berikut;

Burung Petarung

Burung kenari memiliki sifat karakter alami yaitu sebagai burung petarung. Karakter ini bisa dilihat pada saat burung kenari berada di hutan.

Burung kenari akan menggunakan kicauannya semaksimal mungkin untuk menarik perhatian burung kenari betina dengan cara menunjukkan kejantanannya sebagai burung kenari petarung.

Selain itu, burung kenari ketika mendengar kicauan dari burung kicauan yang lain, maka kicauan burung kenari pun akan dikeluarkan dengan irama keras menyaingi kicauan dari burung lain.

Dengan demikian, bisa dipastikan jika burung kenari mempunyai karakter sebagai burung petarung. Maka dari itu, burung kenari sangatlah digemari oleh para pecinta burung kicauan.

Mudah Jinak

Karakter dasar burung kenari selanjutnya yaitu mudah jinak. Jadi, menjinakkan burung kenari bukanlah menjadi hal yang sulit untuk dilakukan.

Sesungguhnya, burung kenari merupakan jenis burung yang paling mudah jinak kepada manusia.

Sebab, hampir setiap burung kenari yang ada di tangan para pecinta burung ocehan ini termasuk burung hasil tangkaran oleh para peternak.

Dengan degitu, jangan salah jika burung kenari anda bisa mudah mengenali anda sebagai pemiliknya. Yang mana ditandai dengan bersuara keras secara terus menerus pada saat berjumpa dengan anda.

Tidak Mudah Stres

Burung Kenari
cintaihidup.com

Kelebihan yang ada pada burung kenari yang menjadikan banyak orang memeliharanya yaitu tidak mudah Stres.

Lain halnya dengan jenis burung kicauan lainnya yang begitu mudah stres pada saat berpindah tempat atau berpindah kandang.

Dengan demikian akan berdampak tidak mau berkicau pada waktu burung tersebut bertarung.

Hal tersebut juga sangat membahayakan untuk burung kicauan pada saat mengikuti perlombaan. Namun, pada burung kenari hal tersebut tidak akan menjadi sebuah masalah.

Ketika burung kenari dipindahkan dari kandangnya pada kandang yang lain, maka jenis burung ini akan tetap berkicau seperti biasanya.

Dengan demikian, dari karakternya yang tidak gampang terkena stres ini akan membawa burung kenari kerap memenangi juara ajang perlombaan burung kicauan.

Birahi Yang Mudah Naik

Karakter dasar yang ada pada burung kenari selanjutnya yaitu birahinya yang mudah naik terutama pada kenari jantan.

Dengan demikian, dari karakter yang seperti ini bisa membuat burung kenari begitu mudah untuk dibudidayakan atau diternak.

Untuk proses penjodohannya pun juga bisa dibilang cukup cepat. Sebab, hanya membutuhkan adaptasi yang sebentar, kemudian indukan jantan dan betina bisa disatukan dalam satu kandang.

Mudah Beradaptasi

Semua jenis burung kenari juga merupakan jenis burung yang paling mudah beradaptasi.

Adaptasi dari burung inilah yang menjadikan burung kenari ini tidak mudah mengalami gangguan stres.

Untuk burung kenari ini mudah beradaptasi didukung dari asal daerahnya, yaitu di benua Eropa dan Amerika yang di sana memiliki sebanyak empat musim.

Burung kenari yang asalnya dari eropa pada saat masuk ke Indonesia bisa menyesuaikan dengan keadaan iklim yang ada di Indonesia.

Dengan demikian karakter dasar burung kenari ini yaitu merupakan jenis burung yang pandai untuk beradaptasi pada saat berada di daerah yang berbeda.

Tinggalkan Komentar