Manfaat dan Cara Melakukan Terapi Mandi Sauna untuk Cendet

Akhir-akhir ini banyak yang memperbincangkan mengenai terapi mandi sauna untuk cendet. Sehingga, perawatan ini menjadi begitu populer. Sebenarnya pecinta burung cendet sudah lama mengenal mandi sauna ini.

Perlu anda tahu, jika mandi sauna ini memiliki banyak sekali manfat untuk burung cendet yang anda pelihara. Akan tetapi, pemandian ini harus anda lakukan dengan baik dan benar.

Manfaat Terapi Mandi Sauna Untuk Cendet

rahasiasangjuara.com

Mandi sauna merupakan salah satu proses penjemuran pada cendet yang dilakukan dalam keadaan dalam kerodong. Penjemuran ini bisa dilakukan hingga batas-batas tertentu dengan cara bertahap agar tidak terjadi kematian. Namun, dibalik itu semua, manfaat yang didapatkannya juga cukup banyak.

1). Membantu Burung Lebih gacor

Dengan menerapkan mandi sauna, manfaat yang didapatkan yaitu burung cendet yang sebelumnya kurang gacor, bisa menjadi lebih gacor.

2). Membantu Mengatasi Cendet Macet Mabung

Mandi sauna juga dapat dijadikan sebagai dijadikan sebagai terapi pada cendet-cendet yang susah mabung maupun macet mabung. Sebab, mandi sauna dapat membuka pori-pori burung. Dengan demikian bulu menjadi mudah rontok serta bisa memberikan rangsangan pertumbuhan bulu yang baru.

3). Membantu Cendet Lebih Stabil pada Saat di Lapangan

Terapi mandi sauna untuk cendet bisa membuat cendet lebih stabil di lapangan. Selain itu, cenfdet juga bisa lebih nagen dan tidak banyak gerak. Ini bisa jadi karena mandi sauna ini dapat menjadikan burung lebih sehat dan dapat bekerja dengan maksimal.

4). Bisa Lebih Panjang Kicauannya

Burung cendet yang mandi sauna juga bisa memiliki kicauan yang lebih panjang durasi kerjanya di lapangan. Sebab, kondisi fisik burung ini bisa menjadi jauh lebih sehat dan prima.

5). Melonggarkan Tenggorokan

Mandi sauna juga bisa memberikan manfaat pada cendet, diantaranya untuk volume cendet. Sebab, penjemuran seperti ini bisa untuk melonggarkan tenggorokan. Dengan demikian, volume pada umumnya bisa menjadi lebih meningkat dan juga bisa menjadi lebih maksimal.

Cara Melakukan Terapi Mandi Sauna Untuk Cendet

youtube.com

Cara mandi sauna ternyata sangat mudah. Karena, pada dasarnya burung dijemur pada kondisi dikerodong. Meskipun begitu, setidaknya mandi sauna ini bisa dilakukan dengan cara burung dimandikan terlebih dahulu. Pemandiannya bisa dilakukan dengan cara disemprot dan bisa juga dilakukan dengan mandi keramba.

Dan sesudah itu, sebaiknya langsung dikerodong serta dijemur di bawah terik matahari. Akan tetapi, sebagian pecinta burung cendet juga ada yang tidak memandikannya terlebih dahulu, akan tetapi langsung menjemurnya. Untuk waktu penjemuran ini harus langsung di bawah sinar matahari supaya lebih efektif. Waktu yang ideal yaitu antara jam 10.00 sampai dengan jam 12.00.

Pastikan juga air minum sudah tersedia dalam sangkar, kemudian untuk voer boleh dicabut, bolehjuga tidak. Akan tetapi, sebaiknya dicabut. Tujuannya agar tidak terkontaminasi oleh sinar matahari dan supaya tidak terkena paparan secara langsung.

Sesekali anda bisa menyemprot kerodong dengan stelan embun. Tujuannya tak lain untuk memberikan kelembaban pada burung. Dengan demikian, menjadi tidak terasa panas sekali. Namun, ada juga yang tidak melakukan hal ini supaya panasnya bisa lebih terasa.

Saat awal, sebaiknya anda membuka resleting kerodong. Tujuannya untuk mencegah terjadinya kematian pada cendet karena terlalu kepanasan. Akan tetapi, sesudah terbiasa, resleting bisa ditutup. Dengan demikian, burung dalam kondisi full kerodong.

Tak hanya itu, durasi terapi mandi sauna untuk cendet pun tidak boleh terlalu lama. Akan tetapi bisa dilakukan secara bertahap. Anda juga dapat melkukannya dalam waktu setengah jam terlebih dahulu selama dua hari. Baru setelah dua hari berikutnya ditambah menjadi 1 jam.

Tinggalkan Komentar