Mengetahui Ciri Ciri Burung Ara Timor dan Daerah Persebarannya

Dari berbagai macam jenis burung yang tersebar di alam ini, ada salah satu jenis burung yang unik dan mungkin jarang anda temui. Burung unik dan cantik ini adalah burung ara timor.

Untuk burung ara timor / timor figbird ini adalah burung cantik yang memiliki nama latin Sphecotheres viridis. Jenis burung ini termasuk salah satu anggota dari keluarga Oriolidae.

Burung Ara Timor
Burung Ara Timor

Karena wilayah persebarannya dikatakan cukup terbatas di kawasan timur Indonesia, burung yang memiliki suara lantang ini terkadang juga dapat dijumpai di sejumlah pasar burung yang ada di Pulau Jawa.

Burung ara atau figbird ini adalah kelompok burung yanl g berasdari genus Sphechotheres, dan masih memiliki hubungan kekerabatan dengan burung kepudang.

Akan tetapi sebenarnya, ada tiga spesies burung-ara yang sebelumnya banyak dinilai masih dalam satu jenisAkan tetapi untuk sekarang ini telah ditetapkan sebagai spesies yang terpisah.

Dipisahnya spesies itu dilakukan setelah meneliti adanya berbagai macam perbedaan ukuran, warna bulu, dan jugaasal usul kehidupannya.

Spesies Burung Ara

Dari ketiga spesies burung-ara tersebut diantaranya yaitu;

  • Burung-ara hijau / green figbird (Sphecotheres vieilloti), yang daerah persebarannya berada di Papua dan juga di Australia.
  • Wetar figbird /burung-ara wetar (Sphecotheres hypoleucus), yaitu burung endemik dari Pulau Wetar, Nusa Tenggara Timur.
  • Burung-ara timor / timor figbird (Sphecotheres viridis), yang termasuk burung endemik di Pulau Timor, Roti, dan juga di Timor Leste.

Jika dibandingkan dengan jenis burung kepudang, yang mana pada umumnya adalah jenis pemakan serangga atau insectivora, burung ara lebih ini justru frugivora atau pemakan buah-buahan. Akan tetapi jenis burung ini juga menyukai serangga, nektar, dan juga biji-bijian.

Ciri Ciri Burung Ara Timor

Ciri Ciri Burung Ara Timor
Ciri Ciri Burung Ara Timor

Tak hanya itu, sifatnya pun juga sangat ramah dan tidak galak pada saat bertemu dengan sesamanya ataupun berjumpa dengan burung jenis lain.

Ciri ciri burung Ara Timor yaitu mempunyai ukuran yang cukup besar. Diantaranya dengan panjang kurang lebih sekitar 26 cm. Burung jantan juga mempunyai kepala yang warnanya hitam.

Kemudian dengan kulit tanpa bulu di sekeliling mata yang berwarna merah jambu. Untuk bagian perut berwarna kuning dan bulu ekor terluar juga berwarna putih.

Ciri ciri burung ara timor yaitu mempunyai tubuh berukuran besar dengan panjang sekitar 26 cm.

Sedangkan untuk yang berjenis kelamin jantan memiliki kepala berwarna hitam dengan kulit tanpa bulu di sekeliling mata yang berwarna merah jambu. Perut berwarna kuning dan bulu ekor terluar berwarna putih.

Sedangkan untuk yang berjenis kelamin betina memiliki tubuh bagian atas kecokelatan. Lalu pada tubuh bagian bawah warnanya putih dengan coretan coklat.

Kulit yang tidak ada bulu di sekeliing matanya yang berwarna lebih keabu-abuan.

Daerah Persebaran Burung Ara Timor

Ternyata burung-ara timor hanya bisa dijumpai di Pulau Timor dan Roti (NTT) serta Timor Leste. Mereka hidup di kawasan hutan primer serta hutan monsun sekunder yang tinggi, hutan tersisa.

Terkadang juga ada di lahan budidaya berpohon banyak, dan hutan mangrove, sampai dengan ketinggian 160 meter dari permukaan laut (dpl).

Banyak pecinta burung kicau yang menjuluki burung ini dengan nama burung-ara timor mata merah. Sebab terdapat kulit warna kemerahan di sekeliling mata burung jantan. Suaranya juga sudah dikenal cukup keras serta bervariasi.

Bahkan burung ini diketahui bisa meniru suara tembakan burung jenis lainnya. Tak hanya itu saja, suaranya pun juga sering digunakan sebagai suara masteran.

Tinggalkan Komentar