Jenis Penyakit Pada Burung Pleci dan Cara Mengatasinya

Para pecinta burung kicauan tentunya ingin memiliki burung yang sehat dan bebas dari penyakit. Burung yang aktif dan jugalincah dan berperilaku normal belum tentu sehat.

Bisa jadi burung tersebut menahan rasa sakit dari dalam dan tidak ada tanda-tandanya dari luar. Dengan demikian, anda sebagai penghobi sekaligus pemilik mesti memiliki bekal ketrampilan membaca maupun menganalisa keadaan burung anda.

Penyakit Pada Burung Pleci
Penyakit Pada Burung Pleci

Sebaiknya anda tau dengan ciri atau tanda pleci anda terkena penyakit tersebut dan juga cara mengatasinya. Dengan begitu burung peliharaan anda akan bisa sehat kembali.

Penyakit Pada Burung Pleci

Penyakit pada burung pleci yang sering dialami pada umumnya juga tidak jauh berbeda dengan jenis penyakit yang sering dialami burung kicau jenis lainnya.

Akan tetapi, untuk penanganannya sendiri juga terdapat sedikit perbedaan. Namun, terlepas dari hal tersebut, penyakit yang paling kerap dialami oleh burung kicauan itu tidak juah berbeda satu dengan yang lainnya.

Pada umumnya, penyakit yang kerap dialami burung kicau itu sangatlah banyak. Akan tetapi, dari semua jenis penyakit tersebut, hanya beberapa saja yang sering dijumpai.

Penyakit pada burung Pleci yang sering pun tidak hanya beberapa saja, tapi cukup banyak. Berikut ini penyakit pada burung pleci yang sering terjadi.

1.Gangguan Pernapasan

Penyakit pada burung pleci ini umumnya disebabkan oleh kondisi udara yang terlalu dingin. Atau bisa juga disebabkan oleh adanya bakteri E. Colli yang menyerang tubuh burung.

2. Penyakit berak kapur

Penyabab utama dari jenis penyakit ini yaitu disebabkan adanya bakteri Salmonella yang menyerang saluran pencernaan burung.

Ciri utama dari jenis burung yang memiliki penyakit ini yaitu kotoran yang berwarna putih dan mirip seperti dengan kapur.

Jadi, jika pada burung pleci anda ada tanda tanda ini, segeralah mencari cara untuk mengatasinya agar burung pleci anda bisa sembuh dari gangguan kesehatannya.

3. Penyakit mata

Penyakit pada burung pleci yang menyerang pada bagian mata ini pada dasarnya disebabkan olehvierus Hemopillus yang menyerang bagian mata burung.

Salah satu ciri yang paling terlihat dan bisa tampak jelas dari penyakit ini adalah kondisi mata burung yang bengkak dan juga berair. Sebab burung pleci yang sehat, matanya akan bersih dan terlihat bening.

4. Penyakit cacingan

Burung Pleci Cacingan
Burung Pleci Cacingan

Penyakit cacingan merupakan salah satu penyakit yang kerap menyerang pada burung Pleci. Gangguan penyakit pada burung ini pada umumnya juga disebabkan karena adanya cacing yang tumbuh dan juga berkembang menjadi parasit di dalam tubuh burung.

Ciri utama dari jenis penyakit cacingan ini adalah kondisi burung yang terlihat lemah dan letih. Walaupun burung pleci peliharaan anda tersebut makan dengan porsi yang cukup banyak.

5. Penyakit diare

Penyakit ini pada umumnya juga terjadi pada waktu kondisi lingkungan, pakan, dan sangkar terlihat kotor. Maka dari itu, untuk mencegah penyakit ini, sebaiknya anda sebagai pemelihara harus bersihkan sangkar dan alat makan burung secara rutin.

Tak hanya itu saja, berikan juga multivitamin untuk burung, tujuannya supaya kondisi tubuh burung tetap fit dan terjaga dengan baik.

6. Serangan kutu

Meskipun ini bukanlah termasuk penyakit, akan tetapi serangan kutu yang parah bisa mengakibatkan kerusakan bulu dan kulit burung.

Dengan demikian untuk menghindari hal tersebut. Maka dari itu sebaiknya bersihkan tubuh dan bulu burung setiap harin dengan metode mandi dan juga berjemur.

Penyakit yang kerap menyerang pada tubuh Pleci di atas sebenarya ringan dan juga mudah diatasi. Akan tetapi, untuk mendapatkan kesembuhan yang sempurnya, Anda sebaiknya harus menerapkan metode yang tepat dan pastinya juga efisien.

Disamping itu, berikan juga asupan multivitamin yang bermanfaat untuk menjaga kondisi kesehatan burung itu sendiri.

Tinggalkan Komentar