Jenis Daun yang Baik Untuk Pleci dan Cara Pemberiannya

Bahan yang alami adalah yang paling baik diberikan untuk dijadikan makanan dan minuman burung Pleci. Sebab, untuk jenis pakan alami atau doping alami Pleci lebih aman dan tidak ada efek samping yang cukup membahayakan burung Pleci.

NJenis daun yang baik untuk Pleci ternyata bisa dengan mudah kita jmpai di sekitar kita. Dan untuk jenis daun dan tanaman hijau tersebut ternyata sangat baik untuk Pleci agar cepat gacor. Daun-daun tersebut tidak diberikan secara langsung, namun sebaiknya diolah dulu supaya burung Pleci menyukainya.

Jenis Daun Yang Baik Untuk Pleci

Jenis Daun Yang Baik Untuk Pleci
omkicau.com

Pemberian daun-daunan sebenarnya bisa diberikan langsung dengan cara digantung di dinding sangkar. Namun, kebanyakan burung Pleci akan merasa kesulitan memakan daun sebab ukuran paruhnya yang kecil.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut ini jenis daun yang baik untuk pleci peliharaan anda.

1. Daun Saga

Tahukah anda jika daun saga bisa mengatasi berbagai masalah pada Pleci. Manfaatnya cukup banyak, diantaranya yaitu untuk mengatasi Pleci suara serak, gangguan tenggorokan, infeksi tenggorokan, radang tenggorokan.

Selain itu juga bisa untuk mengatasi pleci yang kehilangan suara atau macet bunyi. Burung Pleci yang makan daun saga bisa memiliki suaranya yang lebih gacor, lantang, serta kristal.

Cara Memberikan Daun Saga ke Pleci

Untuk pemberiannya, anda bisa mengambil segenggam daun saga dicuci bersih dan bisa ditambahkan sepotong kecil kayu manis. Daun saga dan kayu manis bisa dimasukkan panci dan ditambah dua gelas air. Setelah itu rebuslah hingga mendidih.

Setelah mendidih, angkat dan dinginkan. Air rebusan daun saga dan kayu manis telebih dahulu anda saring. Air tersebut bisa anda berikan pada Pleci untuk diminumnya.

2. Daun Krokot

Jenis daun yang baik untuk Pleci selanjutnya adalah daun krokot. Manfaat daun krokot bisa untuk mendongkrak stamina serta menjadikan suara burung Pleci bisa semakin kencang serta ngerol panjang.

Daun krokot juga kerap diberikan secara langsung, namun untuk Pleci bisa diolah menjadi tepung maupun diolah menjadi voer.

Cara Memberikan Daun Krokot ke Pleci

Untuk pemberiannya, anda bisa ambil daun krokot secukupnya dan cuci bersih hingga kotorannya hilang. Dan sesudah dicuci bersih, petik daun krokot dan taruh pada wadah yang sudah dilapisi kertas koran.

Tunggu sebentar hingga kandungan air yang berada di daun krokot tersebut hilang. Jika sudah tidak ada air, anda dapat menjemur daun krokot tepat di bawah sinar matahari.

Penjemuran bisa anda lakukan dalam waktu beberapa jam hingga daun benar-benar kering serta mudah untuk dihancurkan. Dan sesudah kering, masukkan daun krokot ke blender lalu giling hingga menjadi tepung lembut.

Untuk pemberiannya, anda bisa menambahkan setengah sendok teh kecil tepung krokot pada satu cepuk pakan voer Pleci. Aduk dengan voer dan sajikan.

3. Daun Binahong

Daun Binahong Untuk Pleci
Fauflo.com

Nah, untuk jenis daun yang baik untuk Pleci selanjutnya yaitu daun binahong. Manfaat daun binahong yaitu bisa membantu mengatasi berbagai masalah Pleci.

Misalnya saja seperti Pleci suara serak, Pleci kurang bergairah, bulu kering, Pleci meriang, serta menyembuhkan penyakit panas dalam pada burung Pleci.

Cara Memberikan Daun Binahong ke Pleci

Untuk pemberiannya, anda bisa menyiapkan beberapa daun binahong selanjutnya tambahkan dua gelas air dan direbus sampai mendidih. Setelah tersisa satu gelas, angkat, saring, lalu dinginkan.

Anda bisa membuat ramuan daun binahong untuk Pleci dapat dilakukan malam hari, selanjutnya diberikan pada keesokan paginya untuk dijadikan minuman Pleci. Atau anda juga bisa menambahkan madu asli.

Tinggalkan Komentar