Jenis Burung Cekakak Yang Tersebar Di Indonesia

Burung cekakak memang ada hubungan kekerabatan yang dekat sekali dengan raja udang atau burung tengkek, udangmerah, pekaka, kukabura, cekakak hutan, serta cekakakpita. Keseluruhannya merupakan keluarga Alcedinidae yaitu kelompok burung kingfisher.

Di Indonesia terdapat 45 spesies burung kingfisher. Untuk 18 di antaranya yaitu spesies burung cekakak, yang mana keseluruhannya termasuk burung yang dilindungi.

Jenis Burung Cekakak Yang Tersebar Di Indonesia
Jenis Burung Cekakak Yang Tersebar Di Indonesia

Burung cekakak sering terlihat di alam liar di sekitaran sungan atau danau. Pakan utamanya yaitu berupa hewan-hewan kecil di darat seperti tikus, ular, kadal, katak, serta serangga.

Selain itu juga makan beberapa biota laut seperti ikan yang memiliki ukuran kecil serta udang. Ketika hewan tersebut muncul, burung ini dengan gesit akan langsung mencapit mangsanya dengan paruhnya yang panjang serta kuat.

Daerah persebaran burung cekakak di Indonesia ini juga lumayan luas. Seperti halnya di Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Nusa Tenggara, serta di Papua.

Cekakak Rimba

Jenis burung cekakak ini ukurannya sedang, dengan panjang tubuh kurang lebih 20 cm. Untuk tubuh bagian bawah dan kerahnya warnanya putih. Kemudian pada bagian mahkota warnanya biru. Terdapat dua tipe burung cekakak rimba, diantaranya penetap serta migran.

Perbedaan keduanya dapat diamati dari warna tubuh di bagian punggung. Burung penetap punya warna punggung biru terang, sedangkan burung migran biru kehijauan.

Cekakak rimba penetap persebarannya di sejumlah kawasan hutan di kawasan timur Papua. Kemudian jenis burung cekakak ini dapat ditemukan di wilayah selatan Papua, dan juga di wilayah tenggara Maluku.

Cekakak Lazuli

Burung cekakak lazuli ukurannya 20 cm. Warna yang ada di bagian kepalanya biru kehitaman. Kemudian bagianpunggung, perut, serta bagian tunggirnya biru agak perak.

Cekakak lazuki termasuk burung endemik yang ada pada wilayah Maluku, seperti Seram, Ambon, serta Haruku.

Burung Cekakak Putih Biru

Burung cekakak biru putih punya panjang tubuh 19 sampai 21 cm. Kepalanya berwarna biru hitam, terdapat bintik kekang putih besar. Punggung serta tunggirnya berwarna biru terang.

Bagian tenggorokan serta tubuh bagian bawah berwarna putih terang. Sedangkan yang betina, untuk bagian leher serta bagian dada punya pita biru besar yang melintang.

Jenis burung cekaka ini termasuk burung endemik yang ada di wilayah utara Maluku. Misalnya seperti Morotai, Ngelengele, Damar, Ternate, Tidore, Moti, Obi, bacan dan Obilatu.

Burung Cekakak Biru Hitam

Cekakak Biru Hitam
Cekakak Biru Hitam

Burung cekakak biru hitam punya ciri khas yaitu panjang sekitar 23 cm. Pada paruh, muka, serta bagian punggungnya berwarna hitam. Sedangkan untuk mahkota, sayap, serta tunggir memiliki warna biru.

Pada bagian lehernya termasuk kombinasi antara biru serta putih. Spesies burung ini tersebar di dataran rendah kawasan Papua Barat.

Burung Cekakak Belukar

Ukuran jenis burung cekakak belukar ini kurang lebih sampai 27 cm. Burung ini warnanya biru dan coklat. Bagian dagu, tenggorokan serta bagian dada putih, kepala, leher.

Selain itu bagian bawah coklat. Mantel, sayap serta pada bagian ekor warnanya biru terang berkilau. Lalu di bagian penutup sayap atas serta ujung sayap berwarna coklat tua. Untuk bagian iris berwarna coklat tua.

Di bagian paruh dan kaki berwarna merah. Jenis ini termasuk burung pemburu yang ribut pada lahan terbuka, sungai, kolam, serta sekitar pantai.

Di wilayah Jawa Barat hanya terlihat beberapa kali. Sedangkan di wilayah Sumatera, burung ini menggantikan cekakak sungai sebagai burung raja udang yang kerap terlihat di lahan pertanian.

Makanan burung ini sama dengan jenis lainnya, antara lain yaitu berupa serangga besar, tikus, ular, ikan dan juga katak. Terkadang memakan burung passerine migran yang lelah yang melintasi pada kawasan terotori di dalam berburunya.

Tinggalkan Komentar