Cara Perawatan Burung Serindit Sebelum Lomba

Burung Srindit adalah burung kicau di rumah yang bisa dijadikansebagai masteran. Ciri khas burung Serindit yang paling populer yaitu punya paruh yang bengkok yang warnanya hitam.

Kemudian harga burung srindit juga bisa dikatakan standar dengan burung-burung lainnya. Misalnya seperti Burung Srigunting atau burung kicau lainnya yang biasanya dihargai sangat mahal.

Burung serindit tubuhnya memang sedikit panjang, namuntidak begitu besar. Karakteristik dari burung serindit yang memiliki paruhnya bengkok ini adalah yang menandakan jika ini termasuk jenis burung cerdas.

Cara Perawatan Burung Serindit Sebelum Lomba
Cara Perawatan Burung Serindit Sebelum Lomba

Warna bulunya terang yakni hijau terang menyelimuti semua tubuhnya. Di bagian kepala antara lain seperti merah, hijau maupun biru. Harus anda tau jika warna bulu yang ada di bagian kepala inilah yang membedakan jenis burung Serindit.

Serindit juga memiliki suara berdencing yang menjadikan lebih digemari sejumlah kicaumania di nusantara. Tak hanya dipakai dalam memancing bunyi dan masteran, burung kecil yang memiliki paruh bengkok ini juga kerap ikut dalam kontes.

Khususnya di Sumatera serta Kalimantan. Dalam menjadiakn burung serindit tampil semakin maksimal di lapangan memang tidaklah sesuatu yang mudah. Perlu sebuah persiapan khusus, khususnya apabila serindit masih anakan.

Perawatan Burung Serindit Sebelum Lomba

Ada beberapa pemelihara yang merasa kesusahan pada saat menjaga burung ini. Misalnya saja burung tidak ingin mengonsumsi biji-bijian yang sudah ada pada cepuk pakan. Ada lagi untuk mengkondisikan burung supaya siap tampil di lapangan untuk lomba.

Salah satu hal yang perlu dikerjakan agar serindit dapat dilombakan yaitu melatihnya ingin makan biji-bijian. Terkecuali dapat memenuhi keperluan dasarnya, pakan bijian dapat juga memberi penambahan daya serta membuatnya lebih rajin berbunyi.

Selain memerhatikan mengenai pakan, perawatan serindit anakan juga harus dimulai dari penjinakan terlebih dulu. Hal seperti ini sebaiknya dilakukan supaya burung tak ketakutan saat menyaksikan beberapa orang di dekatnya. Sebab, saat lomba serindit pasti akan bertemu dengan banyak orang yang masih dinilai asing.

Jika burung sudah jinak lalu juga sudah bisa menyesuaikan dengan lingkungan manusia, ini sudah bagus saat dilombakan. Burung yang keadaan giras atau merasa ketakutan pasti tak bisa terlihat optimal. Apa lagi ketika melihat beberapa orang yang melintas atau juri yang mendekati sangkarnya.

Perawatan burung serindit sebelum lomba dalam penjinakan bisa dikerjakan dengan menggantung sangkarnya di posisi rendah. Setelah itu menyimpannya pada tempat ramai.  Burung yang giras bisa semakin jinak jika dimandikan sampai basah kuyup.

Perawatan Harian Serindit
Perawatan Harian Serindit

Perawatan burung serindit sebelum lomba bisa dengan pemasteran dengan menggunakan burung master maupun audio masteran yang pas. Bisa juga menggunakan nada burung serindit yang gacor.

Dapat juga menggunakan nada nuri tanau atau puling/serindit gajah. Bisa juga anda menggantangkan sangkarnya pada tempat teduh, lalu gantungkan serindit lain atau nuri di dekatnya.

Perawatan Harian Sebelum Lomba

  • Setiap pagi, burung dikeluarkan untuk diembunkan.
  • Mandikan Jam 06. 30 – 07, 00 lalu anginkan
  • Setelah itu lakukan penjemuran, dengan durasi sesuai.
  • Berikanlah milet putih atau pakan yang umum dikonsumsi pada burung lovebird.
  • Bisa juga anda memberikan buah-buahan seperti pisang, satu minggu tiga kali.
  • Berikanlah air gula atau nektar dalam periode 2 x satu minggu.
  • Siang hingga sore hari, serindit digantung pada tempat teduh sambil dikerjakan pemasteran.
  • Sore hari, burung serindit dilewatkan beristirahat.
  • Sesudah itu anda bisa memberikan masteran yang bagus agar bisa menang dalam area lomba

Tinggalkan Komentar