Jenis Burung Anis Paling Banyak Digemari Di Indonesia

Untuk anda yang hobby memelihara burung kicauan, pastinya sangat mengenal burung anis atau burung punglor ini. Burung anis merupakan burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para kicaumania di tanah air.

Jenis burung anis tersebar pada beberapa wilayah, meliputi wilayah Sulawesi, Sumatra, Kalimantan, Jawa, Papua, dan di banyak pulau-pulau kecil perairan Indonesia.

Sebagian macam burung anis ini memiliki suara kicauan yang bagus untuk didengar. Ini menjadikan burung jenis anis ini selalu menjadi idola serta favorit kicau mania untuk dijadikan burung peliharaan meskipun harganya sangat mahal.

Memelihara atau berternak burung anis merupakan suatu hal yang menyenangkan untuk para penghobi burung kicau.

Jenis Burung Anis

Jenis Burung Anis
Jenis Burung Anis

Jenis burung anis ada bermacam macam, dan masing masing memiliki keunikan dan kelebihan tersendiri. Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis burung anis yang disukai para kicaumania.

Burung Anis Merah

Anis merah merupakan jenis burung yang paling terkenal dikalangan burung anis lainnya. Hal ini disebabkan keistimewaan yang ada pada anis merah ini.

Misalnya punya kicauan yang merdu ditambah variasi gaya teler pada waktu berkicau. Species Anis Merah banyak tersebar pada beberapa wilayah Asia.

Dan terdiri atas 11 subspecies, salah satunya hidup di pulau Bali serta pulau Jawa, yaitu Zoothera citrina rubecula.

Burung Anis Siberia

Burung Anis Siberia
Burung Anis Siberia

Burung anis Siberia ini juga banyak dipelihara. Anis siberia memiliki tubuh besar dan bulu warna hitam .

Namun dengan tubuh bongsornya, jenis anis ini dapat mengeluarkan berbagai macam suara kicauan yang merdu.

Untuk gaya berkicaunya juga begitu unik, yakni berkicau dengan “setengah teler” menoleh ke kanan serta ke kekiri.
Jenis burung ini habitatnya berasal dari Rusia, China dan Mongolia.

Untuk waktu tertentu misal saat masa kawin, dia berpindah tempat untuk menuju daerah yang memiliki cuaca hangat seperti di daerah asia tenggara.

Anis Siberia ini juga kerap terlihat oleh penduduk setempat berada di daerah Jawa serta Sumatera.

Anis siberia merupakan jenis burung dari keluarga Turdidae. Dan anis siberia punya ukuran tubuh sedang, yaitu mencapai kurang lebih 23 cm.

Burung Anis Sisik

Anis sisik juga termasuk jenis burung anis yang dinilai sebagai jenis burung yang tidak berkicau atau hanya berkicau pada saat malam hari saja. Ia hanya sering mengeluarkan suara kicauannya “ssstt ssstt” saja.

Burung anis Sisik awalnya ditemukan oleh beberapa orang di kawasan Mongolia, Siberia Russia, Taiwan, China dan juga Filipina.

Namun sekarang ini, jenis anis satu ini juga telah ditemukan oleh para pencari burung pada daerah pegunungan Bukit Barisan Sumatra Utara.

Pada mulanya, orang orang tersebut menduga jika burung anis Sisik hanya bermigrasi sementara selama musim dingin di tempat asalnya.

Akan tetapi karena burung ini menjadi sering terlihat ditemukan di pegunungan Bukit Barisan, maka diyakini burung ini juga berhabitat disana.

Burung Anis Kuning

Anis kuning termasuk dalam jenis burung yang masuk dalam kategori keluarga Zoothera. Suaraya yang sangat terdengar merdu dan gaya bertaungnya yang unik menjadi salah satu ciri khas dari burung anis kuning ini.

Kemudian juga terdapat warna putih pada bagian kepala di atas bagian mata. Burung anis kuning asal mulanya yaitu dari wilayah Mongolia, Amurland dan Siberia.

Pada waktu musim kawin pada umumnya bermigrasi ke wilayah Asia Tenggara. Seperti Indonesia, Taiwan serta Filipina. Anis kuning sering ditemukan orang berhabitat di pulau Kalimantan, Sumatera dan Jawa.

Tinggalkan Komentar (Facebook)

Tinggalkan Komentar