Mengenal Berbagai Jenis Burung Jalak dengan Kicauan Terbaik

Siapa sih yang tak kenal dengan burung jalak? Burung jalak merupakan sebagaian dari spesies burung yang paling banyak dicari untuk hewan peliharaan, khususnya bagi pecinta burung. Burung ini dikenal karena kicauannya yang cukup merdu, disamping itu warna coraknya yang indah menjadikan jenis burung tersebut sangat ideal untuk hewan peliharaan. Spesies burung jalak juga dikenal memiliki kecerdasan cukup baik, terlebih dalam hal menirukan suara-suara. Burung jalak sangat lihai berkicau, bahkan jenis burung ini bisa menirukan suara-suara yang diucapkan oleh manusia.

Di alam terbuka, burung jalak sebetulnya memiliki beragam jenis. Dari berbagai jenis spesies yang ada, memang tak semuanya boleh anda pelihara dan anda budidaya secara cuma-cuma. Untuk bisa memeliharanya, anda diharuskan memiliki sertifikat yang dikeluarkan oleh dinas terkait. Bila anda menghiraukannya, maka sangsi berupa pidana siap menjerat siapa saja yang melanggarnya. Nah untuk mengetahui apa saja jenis-jenis dari burung jalak, berikut kami rangkumkan beberapa jenis burung jalak dengan kicauan terbaik.

  1. Burung jalak bali

Jalak bali merupakan spesies burung yang hingga sekarang masih banyak dicari oleh para kolektor burung. Sebetulnya jalak bali termasuk hewan yang dilindungi pemerintah karena jumlah populasi di alam yang terus menurun. Burung ini termasuk hewan endemik dari Indonesia, tepatnya di pulau Bali. Jalak bali memiliki corak yang menawan, dengan ciri khas berupa jambul yang menghiasi mahkota kepalanya. Kicauannya juga cukup gacor, maka tak heran bila pecinta burung banyak yang suka dengan hewan ini.

Ketika sudah dewasa, jalak bali bisa tumbuh hingga sepanjang 20 sampai 25 cm. Untuk makanan favoritnya, burung ini menyukai jenis makanan seperti ulat hongkong, jangkrik, cacing, dan berbagai jenis buah-buahan seperti pisang, papaya, jambu, dsb. Karena populasinya yang terus menurun, sementara ini jalak bali hanya dapat ditemukan di pusat-pusat penakaran seperti kebun binatang. Untuk bisa memeliharanya, anda harus mempunyai sertifikat penangkaran dari dinas terkait.

  1. Burung jalak putih

Spesies keluarga dari burung jalak lainnya yang juga tak kalah bagusnya ialah jalak putih. Sesuai dengan namanya, burung ini memiliki warna yang didominasi dengan warna putih. Hampir seluruh bagian tubuhnya ditumbuhi oleh bulu berwarna putih yang menjadi ciri khasnya. Burung jalak putih hanya bisa ditemui di wilayah Indonesia saja. Di berbagai wilayah di Indonesia, burung jalak putih memiliki istilah nama yang berbeda-beda. Contohnya di wilayah sunda, burung ini memiliki julukan burung jalak bodas.

Jalak putih termasuk jenis burung yang memiliki suara merdu dan gacor. Maka tak heran bila banyak kolektor burung yang memburu jenis burung ini sebagai hewan peliharaan. Di alam liar, jumlah populasi jalak putih terus menurun. Oleh karenanya jenis burung jalak ini masuk dalam kategori dilindungi pemerintah. Tak sembarangan orang bisa memeliharanya dengan bebas. Bila anda tertarik untuk memeliharanya, anda harus memiliki sertifikat penakaran yang dikeluarkan oleh dinas terkait.

  1. Burung jalak nias

Jalak nias merupakan keluarga burung jalak yang memiliki suara cukup merdu. Maka tak heran bila banyak kolektor burung yang menyukai jenis burung ini. Sekilas burung jalak nias hampir mirip menyerupai jalak kebo, karena memiliki warna bulu yang hampir sama, yaitu berwarna cokelat agak kehitaman. Sulit memang membedakan antara ke dua jenis keluarga burung jalak tersebut. Untuk mengenali jalak nias, biasanya bisa diketahui dari jambul kepalanya yang terlihat klimis.

Meski dinamakan jalak nias, ternyata burung ini asalnya bukan dari Pulau Nias, Sumatra. Rasanya kurang tepat bila jenis keluarga jalak ini dinamakan jalak nias, sebab penyebarannya tak hanya di Indonesia saja. Di beberapa Negara khususnya di Asia Tenggara dan Afrika, burung jenis ini juga bisa ditemukan. Di Indonesia sendiri bisa dinamakan burung jalak nias karena burung tersebut pertama kali ditemukan di pulau Nias.

  1. Burung jalak suren

Jalak suren atau sering disebut juga dengan jalak uren, merupakan jenis keluarga jalak yang cukup populer bagi pecinta burung. Burung ini diklaim memiliki tingkat kecerdasan yang lebih baik dibanding dengan jenis burung jalak lainnya. Burung jalak suren paling mudah untuk dilatih, terlebih dalam hal menirukan suara-suara. Karena kepintaran dalam hal berkicau inilah, menjadikan burung jalak suren banyak dicari untuk dijadikan burung peliharaan.

Jalak suren banyak diketemukan di Indonesia, khususnya Pulau Jawa, Bali, dan Sumatra. Sekilas jalak suren hampir sama dengan jenis burung jalak lainnya, yaitu memiliki perawakan yang kekar dengan panjang tubuhnya sekitar 25 cm. Namun konon katanya jalak suren tak memiliki sistem terbang yang baik dibanding dengan jenis lainnya. Di alam terbuka, jalak suren hanya dapat terbang dengan akselerasi yang hampir sama dengan kupu-kupu.

  1. Burung jalak kebo

Jalak kebo merupakan jenis keluarga burung jalak yang paling disukai untuk dipelihara para kolektor burung. Konon katanya burung yang satu ini paling mudah untuk perawatannya. Proses pembudidayaannya juga cukup mudah, oleh karenanya jalak kebo tidak termasuk sebagai burung yang dilindungi. Alasan lain mengapa banyak pecinta burung tertarik memelihara jalak kebo ialah suara kicauannya yang merdu dan mudah untuk dilatih.

Di Indonesia sendiri bisa dinamakan jalak kebo, karena kebiasaannya yang unik. Burung ini dahulunya sering ditemukan hinggap diatas tubuh kerbau, oleh karenanya masyarakat Indonesia sering menyebutnya sebagai jalak kerbau atau kebo. Jalak kebo bisa tumbuh hingga sepanjang 20-25 cm. Makanan utama dari jenis burung ini ialah serangga seperti belalang, jangkrik, kutu, dsb. Jalak kebo hampir dapat ditemukan diberbagai Negara khususnya Asia Timur seperti Indonesia, Cina, Bangladesh, dsb.

  1. Burung beo

Dari banyaknya jenis burung jalak, burung beo juga termasuk memiliki tingkat kecerdasan cukup baik. Burung ini dapat menirukan sejumlah suara-suara, termasuk suara manusia. Untuk mengasah kemampuanya dalam hal ocehan, anda perlu melatihnya sejak kecil, karena kemampuannya akan semakin terlihat ketika burung beo beranjak dewasa. Burung beo termasuk burung yang dilindungi, oleh karenanya anda tak boleh memperjual belikan jenis burung ini secara illegal. Bila anda ingin memeliharanya, sebaiknya anda ijin terlebih dahulu kepada dinas terkait.

Di alam liar, burung beo dapat dibedakan menjadi empat jenis, yakni beo nias, beo biasa, beo srilangka, dan beo enggano. Burung beo juga dikenal dengan nama lain burung mamiang dan tiong mas. Di habitatnya, burung beo biasanya hidup di area hutan-hutan basah dengan ketinggian sekitar 1000 hingga 2000 m(dpl). Untuk penyebarannya, burung ini dapat diketemukan dibeberapa daerah seperti Indonesia, India, Srilangka, Filipina, Himalaya, dsb.

Nah demikian beberapa informasi mengenai jenis burung jalak dengan kicauan terbaik yang mungkin bisa kami sampaikan. Dengan keindahan perawakan dan suara kicauannya yang merdu, memang menjadikan berbagai jenis spesies burung jalak ini banyak dicari untuk dipelihara. Namun karena jumlah populasinya di alam yang terus menurun, sebaiknya anda juga perlu melestarikan keberadaannya.

Tinggalkan Komentar