Inilah Manfaat Tomat untuk Burung Cucak Ijo dan Efek Sampingnya

Tomat termasuk salah satu jenis buah-buahan yang sudah banyak dimanfaatkan dan digunakan oleh banyak orang di mana saja berada. Manfaat yang ada dalam buah tomat ini juga bisa dirasakan oleh siapa saja, termasuk manusia dan juga untuk burung kicauan.

Taukah anda, jika di dalam buah tomat itu terdapat kandungan yang baik untuk tubuh manusia. Tak terkecuali untuk burung pemakan buah, termasuk pada burung burung Cucak Ijo. Oleh sebab itu, manfaat tomat untuk burung Cucak Ijo ini cukuplah banyak.

Di dalam buah tomat ini juga terdapat kandungan aktioksidan berupa likopen. Selain itu, dalam buah tomat juga mempunyai kandungan aktioksidan lain. Diantaranya yakni kandungan polifenol, naringenin, serta chlorogenic acid.

Tak hanya itu saja, ternyata di dalam buah tomat ini juga bisa dibilang rendah kalori dan lemak. Namun, kaya akan karotenoid, lutein, gula, vitamin A, vitamin C, folat, serta kalium,.

Manfaat Tomat untuk Burung Cucak Ijo

Manfaat Tomat untuk Burung Cucak Ijo
burungnya.com

Cucak Ijo merupakan salah satu jenis burung kicauan yang di dalam urusan pakannya diketahui sangat menyukai berbagai macam jenis buah-buahan.

Sedangkan untuk beberapa buah yang paling disukai untuk dijadikan makanan Cucak Ijo diantaranya yaitu, buah pepaya, pisang, apel, wortel, tomat, kelengkeng, jeruk, pear, dan juga buah mentimun.

Manfaat tomat untuk burung Cucak Ijo cukup banyak. Salah satu manfaat tomat untuk burung Cucak Ijo yaitu tomat bisa memperkuat tulang yang ada dalam tubuh burung Cucak Ijo.

Selain itu, dengan mengkonsumsi tomat, maka bisa menjadikan burung Cucak Ijo bisa ngentrok lebih lama. Kemudian juga bisa untuk menguatkan pigmen warna pada bulu burungCucak Ijo.

Di dalam buah tomat juga terdapat kandungan yang mampu menjadikan bulu burung terlihat berkilau dan juga lebih halus. Selain itu, tomat juga bisa menjadikan Cucak Ijo tahan ngentrok dan jambul saat berada di lapangan.

Bahkan manfaat tomat untuk burung Cucak Ijo ini juga bisa untuk mengembalikan nafsu makan burung yang hilang. Tomat bisa mengatasi gangguan pencernaan pada burung peliharaan anda.

Manfaat tomat untuk burung Cucak Ijo juga dapat untuk mencegah terjadi radang tenggorokan yang ada pada burung. Kemudian juga bisa untuk mengatasi gangguan lambung.

Untuk burung Cucak Ijo yang over birahi, maka dengan diberikan buah tomat ini birahinya bisa menjadi stabil atau turun.

Cara Pemberian Tomat untuk Burung Cucak Ijo

Cara Pemberian Tomat untuk Burung Cucak Ijo
youtube.com

Di dalam memberikan buah tomat kepada burung Cucak Ijo ini cukup sekali seminggu atau dua kali seminggu. Buah tomat ini dijadikan sebagai makanan tambahan atau Extra Fooding (EF). Di dalam memberikannya, tomat bisa digantung di dinding sangkar dengan takaran setengah potongan saja.

Jika akan dimanfaatkan untuk menurunkan birahi Cucak Ijo, maka anda bisa memberikan tomat selama 1 sampai dengan 3 hari saja. Dan apabila birahi burung Cucak Ijo tersebut sudah turun, maka kurangi atau anda bisa hentikan pemberian buah tomat.

Efek Samping Pemberian Tomat untuk Burung Cucak Ijo

Perlu anda ketahui juga jika tomat ternyata memiliki efek samping untuk burung Cucak Ijo. Apabila buah tomat diberikan dengan terlalu sering pada burung, maka burung itu dapat mengalami gangguan mabung atau mengalami susah mabung.

Oleh karena itu, untuk jumlah porsi pemberian buah tomat ini cukup sedikit saja. Selain itu, juga hanya dilakukan sesekali saja untuk menjaga kesehatan tubuh maupun bertujuan untuk menurunkan birahi burung Cucak Ijo peliharaan anda.

Tinggalkan Komentar