Penyebab dan Cara Mengobati Burung Kenari Mencret

Memelihara burung kenari memang menyenangkan. Sebab selain warna bulunya yang cantik, kicauan burung kenari juga sangat merdu dan juga bervariasi.

Akan tetapi terkadang ada permasalahan saat anda memelihara burung  kicauan ini, salah satu permasalahannya yaitu burung kenari terkena mencret atau diare.

Jika sudah begini anda harus segera mencari tau tentang penyebab dan cara mengatasi burung kenari mencret agar bisa segera sembuh. Sebab jika dibiarkan saja, bisa saja burung kenari anda akan mati.

Tanda Tanda Burung Kenari Mencret

Tanda Tanda Burung Kenari Mencret
Tanda Tanda Burung Kenari Mencret

Penyakit mencret yang kerap terjadi pada burung kenari biasanya terdapat dua macam. Diantaranya mencret yang diakibatkan oleh bakteri yang menyerang saluran pencernaan dan mencret yang diakibatkan oleh keracunan makanan.

Tanda-tanda penyakit mencret yang diakibatkan oleh bakteri yaitu kotoran berbentuk cair, warnanya keruh, berbau busuk, aktvitas (gerak) burung menurun. Selain itu burung juga tidak memiliki nafsu makan.

Kemudian untuk yang tanda-tanda mencret yang di sebabkan oleh keracunan makanan yaitu pada umumnya kotoran berbentuk cair, berwarna bening dan juga terdapat sedikit gumpalan.

Akan tetapi dalam kotoran tersebut biasanya tidak begitu berbau busuk. Sedangkan untuk nafsu makannya masih bisa dikatakan tinggi, dan aktivitas burung masih cukup tinggi.

Penyebab Burung Kenari Diare

Sayuran yang masih dalam keadaan kotor atau belum dicuci dan masih mengandung residu obat pembasmi serangga atau pestisida bisa mengakibatkan keracunan bagi burung yang memakannya.

Penyakit mencret yang diakibatkan oleh bakteri ini bersifat menular, kemudian untuk penyakit mencret yang diakibatkan oleh keracunan makanan, penyakitnya tidak menular.

Penularan bisa terjadi lewat tempat makan, minuman, maupun dari kotoran burung yang sedang menderita penyakit tersebut.

Mencret yang diakibatkan oleh bakteri pada umumnya terjadi sebab kebersihan sangkar yang tidak tidak terjaga. Dengan demikian bakteri bersarang di tempat makan dan minuman.

Ada beberapa cara untuk mencegah supaya kenari terhindar dari masalah mencret dan juga serangan bakteri-bakteri jahat. Salah satunya dengan cara membersihkan selalu kandangnya dan juga tempat minum atau makanan.

Selain itu, tangkringan burung tersebut juga harus selalu dibersihkan agar tidak mudah kotor dan banyak bakterinya.

Memang kebanyakan dari kita terkadang biasanya malas untuk membersihkan kandangnya, terlebih lagi apabila burung kenari yang dipelihara juga jumlahnya sangat banyak.

Maka dari itulah kita harus menjaga jumlah burung kenari yang dipelihara agar seluruh burung kenari bisa terawat dengan sangat baik.

Cara Mengobati Burung Kenari Mencret

Cara Mengobati Burung Kenari Mencret
Cara Mengobati Burung Kenari Mencret

Cara mengobati burung kenari mencret, anda harus mengikuti beberapa langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan supaya burung kenari anda cepat sembuh seperti sedia kala.

Yang pertama kali pisahkan burung kenari yang sedang sakit dengan burung kenari yang lainnya. Sebab jenis penyakit tersebut sangat menular.

Bersihkan juga tempat makanan dan juga aksesoris pada tempat yang terpisah, kemudian cuci dengan menggunakan sabun.

Apabila burung kenari tidak mau makan dan tampak murung saja, maka sebaiknya berikan makanan yang ia sukai. Apabila burung kenari suka makan kroto dan telur puyuh maka anda bisa memberikan makanan tersebut.

Berikan juga obat-obatan yang terdapat kandungan antiobiotik pada burung kenari. Obat-obatan itu dapat anda peroleh di toko pakan atau juga toko burung dengan merk seperti birdbloon, birdy-cillin, tetra clor serta obat yang lainnya.

Untuk dosisnya anda bisa lihat dibagian kemasannya. Selanjutnya jemurlah burung kenari dari jam 7 sampai dengan jam 10 pagi.

Anda bisa melakukan hal tersebut sampai burung kenari sehat dan juga kotorannya sudah bisa normal kembali.

Komentar Facebook

Komentar Blog