Inilah Ciri Burung Elang Tiram dan Daerah Persebarannya

Elang tiram yang nama latinnya Pandion haliaetus termasuk jenis elang pemakan ikan yang daerah persebarannya sangat luas. Bahkan mereka bisa dijumpai pada semua benua, terkecuali di benua antartika.

Jenis Elang ini juga termasuk anggota satu-satunya dari genus Pandion. Selain itu juga termasuk elang yang sangat unik di dalam caranya dalam mencari mangsa.

Daerah Persebaran Elang Tiram

Daerah persebarannya meliputi wilayah Afrotropical , Australasian,  Nearctic, Neotropical, Oceanian, Palearctic. Selain itu juga tersebar di Amerika bagian utara, Afrika serta Kepulauan pasifik.

Sedangkan jika di Indonesia burung ini tersebar luas di Indonesia mulai dari Simeluleu, Batu, Kepulauan Mentawai, Sumatra, Kepulauan Riau, Belitung, Kalimantan, Panaitan.

Di jawa juga ada jenis burung ini dan juga di Kepualauan Kangean, Bali, Lombok, Moyo, Sumbawa. Ada juga di maluku, papua, dan masih banyak lagi.

Ciri Burung Elang Tiram

Ciri Burung Elang Tiram
Ciri Burung Elang Tiram

Ciri burung elang tiram ini mempunyai warna coklat kehitaman pada bagian punggung dan sayapnya. Sedangkan pada bagian perut dan bagian kepala berwarna putih abu-abu.

Elang yang juga punya nama Osprey ini memiliki panjang tubuh kurang lebih sekitar 60 cm. Ciri elang tiram ini juga dengan rentang sayap yang bisa hingga mencapai 180 cm.

Burung elang tiram ini sangat menyukai habitat tempat tinggal yang ada pada sekitar danau atau laut yang punya banyak ikan.

Perilaku Burung Elang Tiram

Ciri Burung Elang tiram dalam perilakunya yaitu memiliki gaya berburu yang unik. Seperti jenis elang pemakan ikan yang lainnya, bahwa mereka akan terbang di atas air untuk mencari ikan yang dapat ditangkapnya dan akan dimangsanya.

Pada waktu melihat ikan, elang tiram akan menukik tajam serta akan mencengkeram denga kukunya yang tajam. Akan tetapi yang unik yaitu burung elang ini bisa menyelam ke dalam air untuk menangkap mangsanya berupa ikan ikan.

Elang-elang yang lain hanya akan menangkap ikan yang terlihat dari permukaan saja, cakarnya yang akan masuk air dan menggenggam mangsanya.

Akan tetapi untuk burung elang tiram ini mampu menyelam ke dalam air untuk memburu mangsanya. Kemampuan yang ada pada burung elang tiram ini yang tidak dimiliki jenis elang lain. Maka dari itu dalam genus Pandion hanya beranggotakan burung elang tiram saja.

Meskipun burung elang tiram begitu menyukai ikan, akan tetapi mereka akan memburu hewan-hewan lain yang bisa ditangkapnya. Elang tiram juga biasa mencari mangsa berupa burung, tupai, tikus dan mamalia kecil lainnya.

Habitat Elang Tiram

Burung ini biasa mengunjungi daerah-daerah perairan sepanjang sunda besar dan juga kepulaun di Indonesia. Menghuni daerah-daerah perairan seperti Sungai, Muara, Rawa, Danau dan juga daerah Pantai.

Perkembangbiakan Elang Tiram

Perkembangbiakan Burung Elang Tiram
Perkembangbiakan Burung Elang Tiram

Elang Tiram bersarang pada sekitar daerah perairan, tepi danau, tepi laut, sungai, rawa dan habitat air lainya. Sarang terbuat dari pohon dengan percabangan tinggi dengan ranting-ranting yang disusun rapi.

Untuk sarang yang digunakan berkali-kali dapat mencapai 2 meter. Pada beberapa negara Elang Tiram bersarang di atas batu-batu karang, Cerobong asap serta pada Pohon buatan.

Makanan

Makanan utamanya yaitu berupa ikan dan ular laut. Akan tetapi terkadang juga memakan burung-burung air seperti halnya pegunting, petrel dan burung kecil lainya.

Biasanya elang tiram mengawasi mangsanya dari ketinggian 10 hingga 50 meter selanjutnya menukik ke permukaan pada saat mangsa tampak serta menangkap mangsanya dengan cakarnya yang tajam.

Bahkan terkadang jenis burung elang ini menceburkan badanya pada menangkap mangsanya. Sebab elang tiram bisa menyelam dengan handal.

Tinggalkan Komentar