Cara Melatih Mental Kolibri Ninja Agar Siap Dilombakan

Burung kolibri ninja saat ini banyak dikembangbiakkan sebab kolektor dari burung mungil ini semakin banyak. Sebagai salah satu jenis burung kicau, kolibri ninja populer sebab suaranya yang kuat, melengking serta jernih dan banyak yang diikutkan lomba.

Namun, tidak semua kolibri ninja dapat dilombakan, khususnya apabila belum siap mental. Dengan demikian, Anda harus merawatnya dengan konsisten dan melakukan pelatihan tertentu supaya burung benar-benar siap dilombakan di lapangan.

Cara Melatih Mental Kolibri Ninja

Burung kolibri ninja yang mentalnya belum siap untuk dilombakan pada umumnya lebih banyak diam, atau terkadang juga disertai dengan gaya ngobra yang khas.

Maka dari itu, sebelum melombakan konin pada sebuah latihan bersama atau lomba, lebih baik anda menyiapkan mentalnya terlebih dahulu.

Melatih Mental Kolibri Ninja
Melatih Mental Kolibri Ninja

Melatih mental burung kolibri ninja supaya bisa siap dilombakan dapat dilakukan dengan menerapkan beberapa tips sebagai berikut ini:

1. Menaikkan Birahi

Meningkatkan birahi termasuk salah satu cara melatih mental kolibri ninja. Ketika birahi kolibris sedang stabil, maka sifat fighternya akan meningkat. Akan tetapi sebaliknya, apabila birahi burung belum memuncak bisa berpengaruh pada kondisi mentalnya.

Kemudian cara yang dapat dilakukan di dalam menjaga kestabilan birahi dari burung kolibri sebelum perlombaan antara lain yaitu memberikan madu beberapa hari sebelum lomba atau pemberian air gula manis sebelum dilombakan.

2. Penjemuran

Melatih mental kolibri ninja sebaiknya anda melakukan penjemuran. Penjemuran sebaiknya dilakukan setiap hari. Anda bisa melakukannya setiap pagi sekitar pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.00.

Saat sore hari pada pukul 15.00 sampai dengan pukul 16.00. Sinar matahari tersebut bisa langsung berpengaruh pada kesehatan serta mental burung.

Melatih Kolibri Ninja Fighter
Melatih Kolibri Ninja Fighter

Walaupun penjemuran baik untuk burung, tapi penjemuran secara berlebihan dengan meletakan sangkar begitu lama di bawah sinar matahari sangat tidak dianjurkan. Karena burung kolibri ninja tidak tahan dengan sinar matahari yang kelamaan.

3. Pengerodongan

Pengerodongan fungsinya untuk membatasi pandangan burung dari lingkungan yang ada diluar sangkar. Melatih mental kolibri ninja dengan melakukan cara ini diyakini mampu mencegah kolibri mengalami stress yang bisa meenyebabkan mentalnya rusak.

Dengan adanya kerodong bisa untuk meredam emosi kolibri pada lokasi lomba sebelum masuk pada arena perlombaan. Sebab dengan dilakukan pengerodongan, akan membentuk mental kolibri ninja menjadi lebih kuat sebab tingkat emosi serta birahinya menjadi stabil.

Pengerodongan fungsinya bagi burung kolibri ninja bisa beristirahat dengan baik ketika malam hari, dengan begitu, di hari esoknya kolibri tersebut lebih fit serta fresh.

4. Pemberian Kroto dan Extra Fooding Lainnya

Pemberian extra fooding pada kolibri termasuk hal yang wajib anda lakukan, terutama dalam melatih mental kolibri ninja yang akan dilombakan.

Sebab ciri ciri bagus tidaknya mental dari burung kolibri dapat kita amati dari lahap atau tidaknya saat makan kroto yang diberikan. Pemberian kroto juga bagus sekali sebab bisa mendongkrak stamina serta mental dari kolibri.

Tak hanya kroto, ada makanan tambahan lainnya yang dapat diberikan kepada kolibri supaya mentalnya meningkat. Anda bisa memberikannya ulat hongkong, laba-laba kecil serta suplemen.

5. Dibawa Ke Arena Lomba

Dalam melatih mental kolibri ninja tersebut bisa dilakukan dengan membawanya pada arena lomba supaya dapat beraptasi dengan keramaian dari suara kolibri lain ketika bertarung.

6. Tidak Memandikan Burung Beberapa Hari

Sebelum kolibri ninja dilombakan sebaiknya burung jangan dimandikan selama beberapa hari. Untuk penggantinya anda dapat menyiapkan air bersih pada wadah untuk membersihkan burung kolibri ninja dengan sendirinya. Selain itu anda bisa memberikannya suara masteran agar kicauan burung kolibri anda semakin berkualitas dan bervariasi.

Tinggalkan Komentar