Inilah Cara Ternak Burung Cockatiel Agar Bisa Sukses

Burung Parkit Australia, Cockatiel atau Falk ter burung masuk jenis peliharaan yang cukup pandai dan juga dapat menirukan beraneka suara yang ada di sekitarnya.

Selain itu juga punya jambul di bagian kepala. Jenis burung parkit australia juga bisa dikembangkan agar dapat menghasilkan berbagai warna baru dari hasil mutasi.

Cara Ternak Burung Cockatiel

Cara Ternak Burung Cockatiel
Cara Ternak Burung Cockatiel

Cockatiel merupakan jenis burung yang menarik untuk dipelihara dan dikembangbiakkan. Para penggemar biasanya suka dengan kepintaran burung ini.

Dengan begitu dapat dijadikan sebagai teman bermain di rumah yang menghibur Untuk mengembangbiakkannya, berikut ini cara ternak burung cocatiel agar sukses.

Pemilihan Indukan

Di dalam memilih calon indukan sebaiknya harus matang kelamin dan sudah memasuki umur ideal untuk jantan dan betina yakni sekitar 12 sampai dengan 15 bulan.

Jangan memilih indukan yang belum masuk 12 bulan. Untuk indukan jantan sebaiknya lebih tua dari pada yang betina agar tidak kalah dalam segi mental apabila disatukan dalam kandang.

Membedakan Jantan dan Betina

Burung parkit australia yang warna aslinya abu abu lebih mudah dibedakan jenis kelaminnya yaitu dari warna area wajah. Untuk perbedaan jenis burung cockatiel yang jantan memiliki warna bulu pada bagian wajah kuning cerah dan untuk betina juga punya warna kuning pucat.

Warna bulu jantan sebagian besar berwarna abu abu gelap dan untuk betina berwarna abu abu kusam atau terkadang coklat kelabu. Di bagian bulu ekor betina terdapat pola bergaris di bagian bawah.

Penjodohan Parkit Australia

Sesudah memperoleh indukan terbaik, maka cara ternak burung cockatiel bisa dilanjutkan dengan proses penjodohan. Proses ini dilakukan tanpa gelodok maupun kotak sarang pada kandang budidaya.

Gelodong baru akan dimasukkan setelah burung jantang dan betina tampak berjodoh atau sudah bisa menerima calon pasangannya.

Kandang Budidaya

Cara ternak burung cockatiel selanjutnya anda harus memberikan kandang budidaya yang sesuai. Untuk kandangnya dapat menggunakan kandang koloni atau aviary.

Untuk budidaya burung cockatiel atau parkit australia, tidak perlu ditambahkan dengan tanaman hidup atau buatan dalam kandang.

Untuk membudidayakan jenis burung ini hanya perlu dilengkapi dengan tenggeran pada bagian dalam kandang dan juga kotak sarang maupun gelodok.

Jika ingin ternak burung cockatiel sebanyak beberapa pasang, maka kandang aviary merupakan pilihan terbaik yang dapatanda pakai.

Kemudian bagi pemula tidak perlu repot saat memilih indukan karena pada umumnya mereka dapat mencari pasangannya sendiri sehingga tidak harus repot untuk melakukan penjodohan.

Perkawinan Burung Parkit Australia

Perkawinan burung cockatiel terjadi sesudah jantan tertarik dengan betina dan betina kerap terlihat membungkukkan badan. Selain itu juga tampak mengangkat ekor-nya.

Yang mana ini menjadi pertanda pasangan tersebut siap kawin. Agar perkawinan berjalan dengan baik, sebaiknya perksa kuku dari burung jantan agar tidak begitu panjang. Sebab akan menyakiti betina yang akan mengganggu proses perkawinan.

Proses Parkit Australia Bertelur

Setelah proses perkawinan selama beberapa kali, induk betina akan bertelur sesudah beberapa hari selanjutnya.

Sekarang ini waktunya untuk menyediakan bak air yang akan dipakai betina untuk berendam. Sebab induk hendak melembabkan sarang serta telur telur-nya.

Proses Inkubasi Telur Cockatiel

Proses Inkubasi Telur Cockatiel
Proses Inkubasi Telur Cockatiel

Sedangkan untuk proses inkubasi biasanya berlangsung dari mulai 18 sampai dengan 21 hari. Itu akan dilakukan betina dan jantan dengan bergantian dan bahkan dilakukan bersama sama.

Setelah telur menetas, maka induk tidak langsung memberi makan anak burung selama 8 sampai 12 jam. Sebab akan menghabiskan persediaan makanan yang ada di dalam telur.

Tinggalkan Komentar