Mengetahui Cara Mengatasi Katarak Pada Burung Kacer

Burung Kacer termasuk salah satu jenis burung hias dan juga jenis burung kicauan yang banyak diminati oleh masyarakat untuk dijadikan hewan peliharaan. Burung yang pada mulanya mempunyai habitat liar seperti hutan, perkebunan sekarang ini memang banyak dibudidayakan. Tujuannya yaitu untuk menghindari punahnya burung akibat perburuan liar yang saat ini semakin merajalela.

burungnya.com

Dalam memelihara burung kacer pastinya anda semua tidak bisa terlepas dari masalah. Mulai dari masalah yang ringan sampai dengan yang tergolong berat. Dan salah satu permasalahan yang sering terjadi pada burung kacer karena suatu keadaan adalah katarak. Katarak harus segera ditangani agar tidak sampai terjadi kebutaan.

Cara Mengatasi Katarak Pada Burung Kacer

Perlu anda ketahui jika katarak merupakan salah satu penyakit yang menyerang pada bagian mata pada burung yang meamng harus segera diatasi dengan baik dan benar. Nah, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi katarak pada burung kacer dan lengap dengan penjelasannya.

Melakukan Penanganan Khusus

Burung kacer yang mengalami kondisi katarak pastinya harus segera mendapatkan perlakuan khusus. Tujuannya supaya kondisinya tidak semakin parah dan juga masih bisa untuk diobati. Penanganan khusus ini antara lain terkait dengan penempatan dari burung kacer yang anda pelihara.

Selama kacer masih mengalami katarak, sebagai pemelihara sebaiknya anda tidak menggantang burung ditempat yang dekat dengan cahaya langsung maupun pantulan cahaya yang menyilaukan. Diantaranya seperti pada tempat tempat yang mempunyai warna mencolok.

Menggunakan Bunga Kitolod

Cara mengatasi katarak pada burung kacer berikutnya yaitu bisa dilakukan dengan cara menggunakan bahan bahan alami. Salah satunya yaitu bunga dari tanaman kitolod. Bunga tanaman kitolod ini telah sangat umum digunakan untuk dijadikan sebagai salah satu cara mengobati katarak pada burung kacer.

seruni.id

Perlu anda ketahui, jika bagian bunga dari tanaman kitolod tersebut penggunaannya bisa langsung ditempelkan pada mata maupun dibuat perasannya. Setelah itu bisa ditetaskan pada bagian mata burung kacer yang sedang mengalami katarak dengan cara yang rutin.

Menggunakan Daun Kitolod

Tak hanya bagian bunganya saja, daun tanaman kitolod juga bisa digunakan dalam upaya di dalam mengatasi katarak pada burung kacer. Daun kitolod ini juga bisa diolah menjadi rebusan daun yang selanjutnya akan diminumkan pada burung. Bisa juga dengan membuat perasan daun dari tanaman kitolod. Selanjutnya anda bisa nmeneteskan perasan daun tersebut langsung pada bagian mata.

Embun Daun Kitolod

Tak hanya pada bagian tanaman dari kitolod saja, embun yang menempel pada bagian atas daun kitolod juga ternyata dapat digunakan sebagai salah satu obat alami burung kacer. Salah satunya yaitu untuk membantu mengatasi katarak pada burung kacer tersebut. Untuk masalah pengobatan ini maka pemilik sebaiknya secara rutin mencari tetesan embun yang menempel pada bagian daun kitolod setiap pagi.

Menggunakan Propolis

Tak hanya menggunakan obat alami, cara mengobati katarak pada burung kacer lainnya yaitu bisa dengan menggunakan propolis. Propolis ini termasuk salah satu zat yang dihasilkan oleh lebah madu. Yang mana, saat ini sudah banyak tersedia pada kemasan jadinya.

Pemberian Makanan Bergizi

Pengobatan katarak pada burung kacer yang berikutnya yaitu dengan memberikan makanan bergizi secara rutin pada burung kacer. Selain itu sebaiknya anda usahakan supaya nafsu makan burung kacer peliharaan anda tidak hilang.

Pemberian makanan yang bergizi disini dengan tujuan untuk menjaga kondisi kesehatan dan juga sistem imun dari burung. Dengan demikian kondisi katarak akan tidak lebih memburuk lagi. Penglihatan burung kacer anda juga bisa normal kembali dan jauh dari katarak.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.