Mengenal Burung African Grey Parrot dan Cara Tepat Merawatnya

African Grey Parrot (Afgrey) termasuk salah satu burung yang cukup cerdas di dunia. Burung berparuh bengkok itu mampu diajak berkomunikasi sederhana dengan bahasa manusia. Ia juga bisa menirukan kata-kata baru dengan cepat.

Burung African Greys merupakan salah satu spesies burung paruh bengkok yang banyak disukai oleh banyak orang. Selain itu, juga kerap dijadikan teman atau sahabat untuk sebagian orang yang ada di Eropa serta Amerika.

Burung African Grey Parrot
Burung African Grey Parrot

Burung ini juga juga sangat pandai dalam menirukan ucapan manusia. Akan tetapi jika Anda memperoleh nuri abu afrika yang masih muda, serta belum dilatih, tentu ia juga belum pandai bicara.

Selain bisa diajak ngobrol seperti itu, Afgrey pintar menirukan suara yang didengarkannya. Beberapa kali mendengar, ia sudah dapat mengulang kata-kata baru.

Dengan keahliannya tersebut, tak heran apabila burung yang merupakan jenis parot maupun paruh bengkok dengan warna abu-abu terang pada sekujur tubuh. Selain itu bagian ekor yang merah cerah itu selalu menarik perhatian sekitar. Kata-kata apa saja bisa ia tirukan.

Habitat dan Ciri Burung African Grey Parrot

Selain jadi burung yang pandai bicara, pada umumnya burung African Grey Parrot tergolong hewan penurut. Walaupun habitat aslinya di hutan liar Afrika Tengah dan Barat, Afgrey sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan manusia.

Burung yang memiliki harga puluhan juta rupiah ini mempunyai panjang sekitar 35 cm. Kemudian suka bertengger dengan kaki mencengkram kuat di tangan atau bahu. Afgrey juga seolah tak mau terpisah dengan pemiliknya.

Jika anda membeli african grey parrot maka harus disertai niat yang besar untuk merawat dan memberinya pelatihan. Tidak dirawat secara sembarangan saja atau hanya sebagai pajangan saja.

Harus anda ketahui, burung pintar seperti nuri abu afrika membutuhkan kecerdasan untuk menilai perawatnya. Pada saat burung sering diajak berinteraksi, maka akan terjadi hubungan timbal-balik. Burung pun akan menjadi lebih mudah dilatih.

Selain interaksi antara pemilik dan burung, terdapat beberapa hal lain yang ikut mempengaruhi pada saat kita hendak melatih nuri abu afrika yakni keadaan burung itu sendiri. Burung harus memperoleh perawatan tepat supaya menjadi kuat dan tak mudah stres.

Perawatan Burung African Grey Parrot

Perawatan African Grey Parrot
Perawatan African Grey Parrot

Cara merawat Afgrey memang relatif cukup mudah, hanya perlu menyediakan makanan yang cukup dan menjaga kebersihan.

Setiap hari bisa anda berikan sebonggol jagung dan segelas air di dalam kandang besi berukuran 2m x 4m x 2m. Supaya tidak bosan, seminggu sekali bisa anda berikan makanan tambahan seperti pisang.

Untuk kandang, dapat dibersihkan seminggu sekali sekalian memandikannya. Cara memandikan bisa disemprotkan air, lalu digosok lembut tanpa sabun.

Selanjutnya, dikeringkan dengan cara dijemur. Dengan perilaku penuh kasih sayang itu, Afgrey bisa punya masa hidup yang panjang, rata-rata sampai 49 tahun.

Nuri abu afrika termasuk burung yang mempunyai karakter pemalu. Tetapi pada saat sering diajak berinteraksi, sifat pemalu itu akan berubah menjadi kasih sayang pada pemilik atau perawatnya.

Sehingga, ini dapat memudahkan kita dalam rangka melatihnya bicara, atau melakukan berbagai macam atraksi. Interaksi rutin termasuk hal penting dalam memelihara burung paruh bengkok.

Meski tak semua jenis african grey parrot punya kemampuan bicara dengan sangat baik, jika kita rutin mengajarinya dengan kata-kata berulang. Dengan begitu memori burung akan mencernanya dengan baik.

Jika Anda mengajaknya bicara, ajarilah dengan menggunakan kata-kata atau kalimat-kalimat berulang-ulang akan tetapi yang jelas terdengar.

Tinggalkan Komentar