Inilah Cara Perawatan Burung Pleci Agar Memiliki Kicauan Nada Tinggi

Perawatan burung pleci agar memiliki kicauan nada tinggi sangat penting anda lakukan untuk bisa menambah suara isian.

Ini sangat dibutuhkan supaya kicauan yang dibunyikan bisa didengar seluruh orang yang terdapat di sekitarnya. Khususnya ketika mengikuti perlombaan.

Karena, burung pleci yang memiliki kicauan dengan nada tinggi bisa memiliki nilai yang lebih.

Dengan demikian, sangatlah diperlukan perawatan agar burung pleci peliharaan anda mampu berkicau dengan nada yang tinggi.

Perawatan Burung Pleci Agar Memiliki Kicauan Nada Tinggi

Burung Pleci
hargaburung.id

Burung pleci yang bisa memiliki kicauan dengan nada tinggi tidak didapatkan secara alami.

Namun, untuk mendapatkannya perlu dilakukan adanya perawatan yang dilakukan dengan rutin oleh pemiliknya.

Perawatan itu dilakukan dengan tujuan agar burung pleci secara bertahap bisa mengeluarkan kicauan andalannya yaitu dengan nada tinggi.

Dengan demikian, bisa menjadikan burung-burung yang ada di sekitarnya tidak ada yang bisa menandingi kivauan yang dimilikinya

Berikut ini adalah cara perawatan burung pleci agar memiliki kicauan nada tinggi yang bisa anda terapkan di rumah.

Rajin Menjemur Burung Pleci

Perawatan burung pleci agar memiliki kicauan nada tinggi yaitu dengan menjemur burung pleci.

Penjemuran burung pleci ini dilakukan tidak hanya memberikan manfaat menyehatkan tulang dan memperindah warna bulu-bulunya saja.

Akan tetapi untuk membantunya supaya bisa semakin rajin berkicau. Dengan burung pleci bisa berkicau dengan sering, maka sewaktu menjalani penjemuran di pagi ataupun sore hari anda bisa mendorongnya menaikkan volume kicauan.

Terlebih lagi pada waktu proses penjemuran berlangsung, maka burung pleci didekatkan dengan sesama jenisnya kurang lebih sebanyak tiga atau empat ekor.

Karakter, burung pleci yaitu hidup dalam kelompok dannantinya akan sahut menyahut padda waktu mendengarkan salah satu kawanannya yang berkicau.

Rajin Diperdengarkan Kicauan Burung Sejenis

Perawatan Burung Pleci Agar Memiliki Kicauan Nada Tinggi
Perawatan Burung Pleci Agar Memiliki Kicauan Nada Tinggi

Perawatan yang harus anda lakukan agar menaikkan nada kicauan burung pleci juga bisa memanfaatkan suara kicauan dari burung sejenisnya.

Dengan diperdengarkan suara burung pleci lain, biasanya bisa memancing burung tersebut berkicau dengan nada yang lebih tinggi.

Anda bisa memperdengarkan suara tersebut sambil menggantangkannya atau saat melakukan penjemuran.

Burung sejenis yang bisa anda jadikan untuk alat pemancing burung pleci berkicau dengan nada tinggi dapat dengan memakai suara burung yang lawan jenisnya.

Hal ini dilakukan supaya burung pleci jantan yang dilatih suaranya bisa menjadi lebih maksimal sambil menaikkan suara nada kicauannya.

Berikan Pakan yang Bernutrisi

Cara lain yang bisa anda lakukan agar burung pleci memiliki kicauan nada tinggi penting juga memperhatikan kecukupan nutrisinya.

Burung pleci yang terpenuhi nutrisinya akan bisa berkicau lebih merdu dan gacor dan juga memiliki nada kicauan yang semakin meningkat.

Hal tersebut harus diiringi dengan memperhatikan tentang jenis makanan burung pleci yang dikonsumsinya setiap hari.

Jenis pakan yang bisa nada berikan kepada burung pleci tidak hanya mengandalkan buah-buahan memiliki banyak kandungan air dan gula saja.

Akan tetapi, anda harus memberikan makanan yang mengandung protein, diantaranya seperti jangkrik dan kroto.

Hal tersebut mengingat sifat alami burung pleci merupakan jenis burung yang aktif berkicau serta bergerak pada sangkar.

Perhatikan Kesehatannya

Jika burung pleci sehat, maka nada kicauan yang dikeluarkan bisa semakin tinggi.

Jika burung pleci tersebut mengalami sakit pada bagian tenggorokan maupun sedang pilek, maka bisa menjadikan suara tidak keluar maksimal dan terdengar serak.

Jadi, perawatan burung pleci agar memiliki kicauan nada tinggi harus anda lakukan dengan memperhatikan kesehatan dan kebersihan lingkungannya.

Tinggalkan Komentar