Perbedaan Cucak Wilis Jantan dan Betina Beserta Perawatannya

Jenis burung cucak rengganis juga dikenal dengan sebutan cucak wilis. Sebelum memberikan perawatan atau ingin memeliharanya, pastikan anda mengetahui perbedaan cucak wilis jantan dan betina terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan bisa memudahkan anda dalam pemeliharaan dan perawatannya nantinya.

cherewed.com

Perbedaan Cucak Wilis Jantan dan Betina

Selama ini burung rengganis termasuk salah satu jenis burung kicau yang banyak penggemarnya. Tak mengherankan karena suara yang dihasilkan dari burung rengganis sangat merdu dan memikat hati. Bahkan suaranya tak kalah menarik dari jenis burung kutilang sutra, cucak kutilang, kutilang emas dan lain sebagainya.

Tak hanya suara, burung rengganis juga memiliki penampilan yang menarik. Penampilan unik ini bisa dilihat pada rengganis jantan maupun betina dengan kekhasan masing-masing. Perbedaan cucak wilis jantan dan betina itu sendiri bisa anda lihat dari alis matanya.

Bisa anda perhatikan bahwa alis mata pada burung rengganis jantan berwarna oranye. Sementara untuk alis mata pada burung rengganis betina berwarna kuning. Sekilas, keduanya memang sulit dibedakan. Anda bisa membedakannya apabila melihat rengganis jantan dan betina dalam jarak pandang mata yang dekat.

Meski begitu, banyak juga penghobi burung yang menemukan fakta bahwa karakteristik rengganis seringkali berbeda-beda di setiap daerah persebarannya. Di Jawa Barat sendiri, rengganis jantan memiliki alis mata yang berwarna kuning.

Perlu diketahui bahwa ada juga yang berpendapat bahwa burung rengganis jantan yang masih muda mempunyai alis mata berwarna kuning yang lama kelamaan ketika beranjak dewasa akan berubah menjadi warna kuning jingga atau oranye.

Selain warna alis mata, perbedaan antara rengganis jantan dan betina juga bisa anda ketahui dari suaranya. Baik itu rengganis jantan maupun betina, keduanya memang sama-sama mampu berkicau merdu. Hanya saja, untuk rengganis jantan, suaranya terdengar lebih variatif, ngeroll dan ropel daripada rengganis betina.

Perawatan Cucak Wilis

cucak-jenggot.blogspot.com

Disamping membahas mengenai perbedaan antara rengganis jantan dan betina, kami juga akan ajak anda untuk mengetahui bagaimana perawatannya. Dimana untuk perawatan burung rengganis ini cukup mudah. Bahkan bisa dilakukan oleh pemula sekalipun.

Untuk perawatan hariannya, anda hanya perlu memberikan buah-buahan yang sesuai untuk rengganis. Adapun jenis buah-buahan yang bisa anda berikan kepada burung rengganis diantaranya yaitu pisang kepok putih, mangga, pepaya, dan masih banyak lainnya. Tak hanya buah-buahan, anda juga bisa menambahkan serangga secukupnya. Sebut saja jangkrik dan ulat.

Dalam merawat rengganis, alangkah baiknya jika anda juga melatihnya untuk makan voer. Supaya rengganis mau makan voer yang anda berikan, anda bisa menyiasatinya dengan beragam cara. Adapun salah satu caranya ialah dengan mencampurnya bersama buah yang ia sukai.

Caranya, anda lumatkan pisang, pepaya atau mangga dengan voer. Setelah itu, anda bisa mengaduknya sampai merata. Jika sudah, anda bisa memberikan pakan ini kepada burung rengganis. Lakukan selama beberapa hari. Apabila kotoran burung sudah keras atau tak berair, hal tersebut menandakan bahwa rengganis sudah mau makan voer.

Selain pakan, perawatan rengganis juga mencangkup cara pemandiannya. Perlu untuk anda ketahui bahwa rengganis termasuk salah satu jenis burung yang suka mandi. Maka dari itu, pastikan anda menyiapkan cepuk minuman untuk nantinya digunakan mandi sendiri oleh burung rengganis ini.

Jika anda memiliki waktu luang, alangkah baiknya jika anda memandikan rengganis dengan cara disemprot. Mengetahui perbedaan cucak wilis jantan dan betina beserta perawatannya, tentu saja akan membantu anda untuk lebih mengenal jenis burung yang satu ini.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.