Inilah Cara Menjinakkan Perkutut dengan Air Hangat

Burung perkutut adalah salah satu jenis burung kicauan yang sudah banyak dipelihara oleh pecinta burung kicauan di berbagai wilayah. Hal yang diharapkan ketika memelihara burung Perkutut yaitu burung Perkutut tersebut bisa jinak dan juga bisa manggung dengan berkualitas.

Banyak para pemelihara yang melakukan berbagai cara untuk menjinakkan burung Perkutut. Sebab, untuk burung Perkutut yang sudah jinak pastinya akan lebih rajin manggung. Pastinya suara yang dikeluarkan juga bisa lebih berkualitas.

Banyak para pemelihara burung Perkutut yang merasa kesulitan di dalam menjinakkan burung Perkutut yang dipeliharanya.

Perlu anda ketahui, jika sebenarnya ada cara mudah untuk membuat burung Perkutut supaya bisa menjadi cepat jinak. Diantaranya yaitu dengan cara dipegang, atau dengan cara memijat burung Perkutut, dielus-elus. Menjinakkan burung Perkutut dengan air hangat juga bisa anda coba lakukan.

Banyak juga dari pecinta burung Perkutut yang memandikan burung peliharaannya dengan menggunakan air dingin yang disemprotkan secara halus. Akan tetapi, sebenarnya itu sudah dinilai bagus. Akan tetapi untuk bisa memperoleh hasil yang maksimal, anda dapat menjinakkan burung Perkutut dengan air hangat.

Apabila dibandingkan dengan cara menjinakkan burung dengan menggunakan air biasa, sepertinya air hangat juga dapat menjadikan burung Perkutut lebih tenang dan terasa semakin rileks.

Sehingga, apabila anda kerap memandikan burung Perkutut dengan menggunakan air hangat, maka burung tPerkutut yang anda pelihara ersebut akan lebih mudah jinak.

Cara Menjinakkan Burung Perkutut Dengan Air Hangat

Cara Menjinakkan Burung Perkutut Dengan Air Hangat
jualo.com

Menjinakkan burung Perkutut dengan air hangat bisa anda awali dengan sering-sering dipegang. Sebaiknya, tubuh burung Perkutut anda usap dengan usapan sangat lembut.
Burung Perkutut sebaiknya dipijat pada beberapa bagian tubuhnya.

Untuk tubuh burung Perkutut sebaiknya diusap-usap dengan memakai air hangat.

Burung Perkutut sebaiknya juga dimandikan dengan menggunakan air hangat. Tak hanya agar Perkutut cepat jinak, air hangat juga dapat merapikan bulu-bulunya.

Menjinakkan burung Perkutut dengan air hangat bisa anda lakukan yaitu pada bagian ekor burung Perkutut sebaiknya anda masukkan ke dalam air hangat dalam waktu sebentar yaitu beberapa detik saja.

Dan sesudah itu, anda bisa mencabut beberapa bulu ekor yang usianya telah tua. Burung Perkutut yang dicabut bulunya tidak akan merasa sakit, sebab pada bagian ekornya sudah dibasahi dengan air hangat.

Burung Perkutut yang anda pelihara sebaiknya juga sering dipetheti atau ‘memetikkan jempol tangan’. Selain itu, sebaiknya burung Perkutut juga kerap dipanggil namanya dan diajak berkomunikasi.

Burung Perkutut juga bisa diberikan kacang ijo yang telah direndam dengan air. Pemberian kacang ijo jumlahnya cukup 6 biji. Dan jika burung Perkutut yang anda pelihara belum jinak, anda dapat mencobanya dengan mencarikan pasangan burung Perkutut yang berjenis kelamin betina.

Manfaat Air Hangat Untuk Burung

Manfaat Air Hangat Untuk Burung
burungnya.com

Ternyata menurut beberapa ahli, air hangat yang digunakan untuk memandikan burung Perkutut memang memiliki banyak sekali manfaat. Berikutini beberapa manfaat mandi air hangat untuk kesehatan burung peliharaan anda.

Perlu anda ketahui, ternyata air hangat bisa bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah. Air hangat juga bisa untuk mengurangi stres dan juga mengurangi cemas. Kemudian air hangat juga bisa untuk melemaskan otot-otot yang tegang, kaku, dan juga terasa nyeri.

Menjinakkan burung Perkutut dengan air hangat ini mudah sekali anda terapkan pada burung peliharaan anda. Jika anda bisa melakukannya dengan baik dan benar, maka burung Perkutut peliharaan anda bisa menjadi sehat dan sering manggung.

Tinggalkan Komentar