Habitat Dan Tips Mudah Perawatan Burung Jagal Papua

Burung-burung yang asalnya dari kawasan timur Indonesia biasanya mempunyai keunikan yang berbeda dengan burung-burung dari wilayah lain di negeri ini.

Salah satu di antaranya yaitu jenis burung jagal papua. Jagal papuamerupakan jenis burung yang dikenal unik. Penampilannya sekilas agak mirip dengan kacer, akan tetapi ukuran tubuh serta paruhnya jauh lebih besar.

Burung yang memiliki paruh tebal ini juga mempunyai kemampuan yang luar biasa untuk meniru suara burung lain maupun suara lingkungan yang ada di sekitarnya. Suara kicauannya juga begitu bervariasi, bahkan burung ini sangat pintar menirukan suara burung lainnya.

Perawatan Burung Jagal Papua
Perawatan Burung Jagal Papua

Untuk burung jagal papua ini memiliki tampilan yang mirip dengan pied butcherbird (Cracticus nigrogularis) yang termasuk burung asli Negeri Kanguru.

Di negara itu, jenis burung kicauan ini pun juga sering dipelihara sebab banyak yang tertarik dengan kemampuannya menirukan aneka suara yang lainnya.

Ciri Fisik Burung Jagal Papua

Jika penampilan fisiknya mirip dengan kacer, perilaku burung jagal papua saat mencari makanan di alam liar serupa dengan cendet. Jadi burung jagal papua kerap menusukkan tubuh mangsanya dalam duri serta ranting pepohonan maupun menyelipkannya dalam celah-celah pada batang pohon. Burung ini mendapatkan nama burung jagal karena perilakunya yang dinilai sadis ini.

Jagal papua merupakan burung karnivora. Tak hanya makan makanan berupa serangga dan hewan-hewan kecil lainnya saja, akan tetapi burung ini juga sering memburu burung lain yang memiliki ukuran kecil. Bahkan burung ini juga menjadi predator utama bagi burung kecil seperti burung madu.

Habitat Jagal Papua

Jagal papua juga merupakan jenis burung penetap yang juga banyak ditemukan pada area dataran terbuka kawasan hutan hujan, hutan di bantaran sungai, hutan rawa, tepian hutan serta berada di areal perkebunan.

Makanan utama dari burung ini yaitu berupa serangga berukuran besar, reptil kecil, katak, laba-laba, tikus, dan juga makan burung-burung yang kecil.

Habitat Jagal Papua
Habitat Jagal Papua

Namun burung ini juga suka memakan buah-buahan untuk dijadikan makan selingan. Maka, ketika anda memeliharanya, dalam perawatan burung jagal papua ini harus diperhatikan jenis makanannya.

Jagal papua kerap terlihat berburu di atas permukaan tanah. Walaupun kedua kakinya tampak relatif kecil, mereka punya kemampuan berlari yang begitu cepat untuk mengejar buruannya seperti halnya tikus serta burung-burung tanah.

Perawatan Burung Jagal Papua

Dalam perawatan burung jagal papua, burung ini menyukai jangkrik, belalang, ulat bambu, dan sejenisnya. Lalu untuk burung ini juga mudah sekali diajari makan voer.

Jagal papua ini juga mudah sekali beradaptasi serta mudah jinak. Pemasteran dengan berbagai suara burung lainnya juga mudah dilakuakan. Suara kicauannya yang mengalun ngebas juga terdengar begitu unik dan menjadi ciri khas dari burung ini.

Selain memberi pakan tambahan secara rutin, pola perawatan burung jagal papua lainnya berupa mandi dan jemur. Jagal papua senang mandi, entah itu dengan cara disemprotkan atau dengan memakai karamba mandi. Sedangkan untuk penjemuran dilakukan sesudah matahari terbit serta dilakukan kurang lebih sekitar 2 jam.

Pemasteran

Pemasteran juga dapat anda lakukan dengan memanfaatkan burung masteran. Akan tetapi harus diperhatikan, sebab burung jagal papua sifatnya predator, maka anda jangan menggantang sangkar burung masteran terlalu dekat dengan burung jagal.

Tak hanya akan menjadiakn stres burung masteran, namun proses pemasteran juga akan menjadi terganggu sebab burung ini sering bersifat agresif. Dalam perawatan burung jagal papua ini anda harus mengerodongnya sebelum dilakukan pemasteran.

Tinggalkan Komentar