Cara Membedakan Jalak Suren Jantan dan Betina Yang Masih Anakan

Salah satu jenis burung kicauan yang memiliki kemampuan berkicau yang cukup disenangi oleh banyak orang yaitu jenis burung jalak suren.

Sedangkan untuk ciri khas dari burung ini diantaranya yaitu termasuk burung yang bersuara kicauan yang terdengar ramai. Oleh sebab itu burung ini juga dikenal dengan sebutan burung sappam rumah.

Hal itu dikarenakan oleh kerasnya suara kicauan dari burung jalak suren tersebut. Burung jalak yang memiliki nama ilmiah Gracupica contra ini asal mulanya sebenarnya dari India.

Ciri Khas Burung Jalak Suren

Burung Jalak Suren
Burung Jalak Suren

Salah satu ciri khasnya yaitu dengan bulunya dengan perpaduan hitam dan juga putih. Seperti halnya burung kicauan yang lain, Jalak Suren pun juga mempunyai kaki dengan tipe anisodaktil atau tiga jari menjurus ke depan.

Sedangkan untuk yang satu jari menjurus ke belakang. Burung ini juga suka dengan habitat tak jauh dari sumber air yaitu di lubang-lubang batang pohon dan sjuga kerap terlihat mencari makan yang ada di permukaan tanah.

Jika anda ingin memelihara burung jalak suren ini maka sebaiknya anda harus tau cara membedakan jalak suren jantan dan betina mulai dari masih trotolan.

Karena kadang akan jadi kendala bagi para pecinta jalak untuk membedakan jenis kelaminya, apalagi cara membedakan jalak suren jantan dan betina yang masih muda, biasanya cukuplah sulit jika membedakan waktu masih kecil (anakan).

Jalak suren sebenarnya hampir sama dengan jenis cucak ijo, burung yang juga memakan buah-buahan, akan tetapi untuk masalah harga yang pastinya lebih mahal harga cucak ijo.

Dan meskipun jalak suren lebih murah tidak akan merubah para pecintanya menjadi capek memelihara, karena burung ini juga memiliki kualitas yang cukup tinggi.

Cara Membedakan Jalak Suren jantan dan Betina Anakan

Cara Membedakan Jalak Suren jantan dan Betina Anakan
Cara Membedakan Jalak Suren jantan dan Betina Anakan

Cara membedakan Jalak Suren jantan dan betina yang masih trotolan (anakan) cukup sulit dilakukan. Terlebih lagi untuk mereka yang belum berpengalaman.

Untuk saat ini salah satu cara untuk membedakannya yaitu dengan membandingkan postur tubuh.

Apabila sepasang Jalak Suren diposisikan dengan bersebelahan maka pada umumnya yang jantan yang memiliki tubuh dengan ukuran lebih panjang dan juga terlihat lebih besar.

Akan tetapi kenyataannya besar dan panjang itu relative. Karena tak diberikan ukuran pasti kira kira berapa cm panjang maupun berapa lebarnya.

Untuk membedakannya kita harus bisa bermain feeling. Karena untuk ketepatan penentuan jantan dan juga betina masih tinggi untuk keliru dalam membedakannya.

Cara membedakan jalak suren jantan dan betina, untuk yang jenis kelamin jantan dewasa pada umumnya pada saat dilihat di bagian duburnya akan ada warna biru di samping bagian duburnya.

Namun untuk yang jenis kelamin jalak suren betina dewasa pada waktu di lihat di sekitar bagian duburnya, tidak terdapat warna biru.

Sedangkan untuk burung jalak suren jenis kelamin jantan mempunyai postur tubuh yang lebih besar.

Kemudian untuk yang jenis kelamin yang betina postur tubuhnya lebih kecil dan membulat.

Cara tersebut merupakan cara membedakan jalak jenis kelamin yang masih muda , yang mana tidak semudah ketika membedakan yang sudah berusia dewasa.

Memelihara dan merawat burung jalak suren dari trotolan sebaiknya dapat dilatih untuk meniru kicauan burung jenis yang lain.

Burung Jalak Suren pada umumny akan dapat mengeluarkan suara seperti halnya peluit, mendengung, bergetar dan bahkan juga ucapan manusia.

Banyak sekali para penghobi yang memilih burung yang satu ini untuk dijadikan sebagai satwa peliharaan di rumah.

Perawatan burung jalak suren ini pun juga relatif mudah serta tidak memerlukan penanganan ekstra.

Tinggalkan Komentar