Ciri Khas Burung Pleci Montanus dan Daerah Persebarannya

Burung pleci adalah jenis burung kicauan yang berukuran kecil dan kicauannya yang khas dan mendencing. Jenis burung pleci juga ada berbagai macam.

Salah satu jenis burung pleci yang harus anda ketahui yaitu burung Pleci Montanus. Apabila diamati sekilas memang ia tidak ada perbedaan yang jelas dengan jenis burung Pleci lain.

Entah itu dilihat dari segi fisik atau dari suara ngalas. Akan tetapi berdasarkan kebiasaan hidup dan habitat kegemaran.

Pleci montanus (Zosterops montanus) ini memang lain dengan jenis Pleci kebanyakan. Habitat burung ini yaitu berada pegunungan serta perbukitan.

Ciri khas burung pleci montanus yaitu ukuran tubuhnya yang bongsor dan memiliki suara kicauan yang has.

Ada yang menilai jika burung montanus ini susah untuk dipelihara sampai bisa gacor dan ngadu dengan mental baja.

Tapi jika perawatan yang diberikan cocok dan tepat maka burung ini bisa cepat gacor dibandingkan jenis burung yang biasanya.

Habitat Burung Pleci Montanus

Habitat Burung Pleci Montanus
Habitat Burung Pleci Montanus

Pleci montanus habitatnya berada di pegunungan yang tinggi. Maka burung ini jarang terihat berkoloni, khususnya dengan jenis pleci pada umunya.

Apabila dirawat dengan penuh kesabaran, pleci montanus bisa menjadi gacor dengan suara yang jernih pleci.

Pada umumnya burung ini bersuara parau, serak-serak basah namun terdengar lantang.

Daerah Persebaran Burung Pleci Montanus

Pleci Montanus merupakan jenis yang paling banyak mempunyai sub-spesies jika dibandingkan jenis burung Kacamata lain.

Di Indonesia sendiri ada 9 sub-spesies (ras) yang tersebar pada beberapa daerah di Pulau Jawa. Diantaranya seperti Jawa Barat sampai dengan Jawa Timur.

Ciri Khas Burung Pleci Montanus

Ciri Khas Burung Pleci Montanus
Ciri Khas Burung Pleci Montanus

Ciri khas burung pleci montanus jika dibandingkan Pleci Auri dan Buxtoni ukuran tubuhnya lebih besar. Rata-rata panjang tubuhnya yaitu sekitar 11 cm.

Untuk ciri khas burung pleci montanus yang lain yaitu punya warna putih dan abu-abu pada bagian perut.

Tapi ada sub-spesies lain yang juga memiliki warna yang seperti garis-garis kuning di bagian perutnya.

Ciri khas pleci montanus ini pada bagian tenggorokkan memiliki warna kuning dan iris matanya bewarna putih. Sedangkan bagian tubuhnya sedikit bewarna kecokelatan.

Perawatan dan Setelan Harian Pleci Montanus

Untuk pecinta burung pleci, Pleci Montanus dinilai memiliki volume suara yang keras dan lantang. Namun keseluruhannya perlu perawatan atau perawatan harian yang teratur.

Supaya bisa cepat memiliki suara ngalas yang lantang, umumnya para pemelihara burung ini memperhatikan bagian pakan burung pleci seperti voer. Akan tetapi rasanya hal itu dirasa kurang tepat.

Sebab Kacamata Gunung diketahui punya selera makan yang lebih tinggi dari pada dengan Pleci lain. Namun jika pemberian pakan tersebut tidak benar maka justru bisa membuat burung kegemukan.

Dalam perawatan hariannya setiap hari ialah pemandian dan penjemuran. Ketika sudah selesai memandikan, berikanlah pakan berupa voer dan Extra Fooding.

Setiap pemelihara bisa memberikan makanan tambahan yang sifatnya selingan. Diantaranya seperti ulat hongkong dan kroto, akan tetapi berikanlah dengan porsi yang tidak terlalu berlebihan.

Ulat hongkong bisa anda berikan sebanyak 5 ekor dalam sehari. 2 ketika pagi dan 3 pada saat sore hari. Kroto dianjurkan diberikan sebanyak 1 sendok makan saja, 1 kali dalam seminggu.

Dalam perawatannya sehari hari, berikan juga pakan yang berupa buah-buahan yang bisa diberikan secara selingan.

Diantaranya seperti buah pisang gepok, apel, pepaya dan lain sebagainya yang pastinya disukai oleh burung pleci peliharaan anda.

Tinggalkan Komentar