Ciri Khas Burung Elang Ular Bido dan Daerah Persebarannya

Salah satu jenis burung pemangsa yang banyak dikenal yaitu burung elang. Burung elang adalah burung pemangsa yang tampak ganas. Jenis burung elang yang ada di alam ini ternyata cukup banyak. Salah satunya yaitu Elang ular bido.

Perlu anda ketahui, jika elang ular bido ini merupakan salah satu jenis burung elang dari Ordo Accipitriformes, keluarga Accipitridae dengan genus Spilornis.

Ciri khas burung elang ular bido ini yaitu berwarna hitam dengan garis putih di ujung belakang sayap. Tanda ini akan terlihat di saat terbang seperti garis yang tebal.

Burung elang ular bido adalah salah satu jenis burung yang memiliki suara yang terdengar sangat berisik. Untuk suara panggilannya terdengar seperti “”Kiiiik”” panjang, yang mana selanjutnya akan diakhiri dengan penekanan nada.

Ciri Khas Burung Elar Ular Bido

Ciri Khas Burung Elar Ular Bido
youtube.com

Utuk ciri khas burung elang ular bido ini pada bagian sayap menekuk ke depan dank e atas seperti elang jawa. Bagian sayapnya akan terlihat membentuk huruf C yang terlihat membusur.

Ciri khas burung elang ular bido lainnya yaitu kulit kuning tanpa bulu yang ada pada sekitar mata sampai dengan paruh.

Ada juga yang mengatakan jika kulit kaki dari elang ini memiliki kekebalan terhadap bisa ular. Oleh sebab itu, jenis burung elang ini di sebut edengan lang ular. Sebab, burung ini memiliki kekebalan terhadap bisa ular.

Elang ular bido ukuran tubuhnya bisa dikatakan sedang, yaitu panjangnya 50 cm dan terlihat berwarna gelap. Pada bagian sayap sangat lebar dan juga terlihat membulat, serta pada bagian ekornya pendek.

Untuk ciri khas burung elang ular bido yang usianya sudah dewasa yaitu pada bagian tubuh bagian atas coklat abu-abu gelap. Selain itu, pada bagian tubuh bagian bawah coklat.

Kemudian untuk bagian perut, sisi tubuh, dan juga bagian lambungnya berbintik-bintik putih. Ciri lainnya yang bisa anda lihat yaitu adanya garis abu-abu lebar yang ada di tengah garis-garis hitam pada ekor.

Lalu untuk bagian jambulnya pendek dan lebar, berwarna hitam dan juga berwarna putih. Ciri khasnya yaitu kulit kuning tanpa terdapat bulu di antara mata dan juga pada bagian paruh.

Dan ketika burung tersebut terbang, akan terlihat garis putih lebar yang ada di bagian ekor dan garis putih pada pinggir belakang sayap.

Untuk yang ras Kalimantan berwarna lebih pucat dan juga berwarna coklat. Sedangkan untuk ciri khas dari burung elang ular bido yang remaja ini mirip dewasa, tetapi lebih coklat dan lebih banyak warna putih pada bulu.

Pada bagian iris berwarna kuning, paruh coklat-abu-abu, kaki kuning dan juga ditandai dengan suara yang sangat rebut.

Perilaku burung ini yang sering terlihat yaitu melayang-layang di atas hutan. Dan sambil mengeluarkan syara nyaring dan lengking yang khas, dengan tekanan pada dua nada yang terakhir yang lembut.

Daerah Penyebaran Elang Ular Bido

Daerah Penyebaran Elang Ular Bido
pikiran-rakyat.com

Untuk burung elang ular bido ini daerah persebarannya yaitu ada di beberapa negara dengan beberapa ras yang dimiliki oleh burung elang ini yaitu ada di India, Cina selatan, Asia tenggara, Palawan, dan Sunda Besar.

Burung ini juga ada di seluruh Sunda Besar dan mungkin merupakan burung elang yang paling umum di daerah berhutan yang ada hingga pada ketinggian 1.900 m. Burung pemangsa ini suka memakan berbagai macam hewan hewan kecil seperti tikus, burung kecil dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Komentar