Ciri Gelatik Batu Jantan yang Paling Mudah Dikenali

Saat ini banyak peminat burung yang mulai menggemari burung gelatik batu. Hal ini disebabkan burung ini bukan cuma punya suara yang merdu, tetapi perawatannya juga bisa dibilang cukup mudah.

Bahkan untuk anda yang masih pemula di dalam dunia burung, jenis burung gelatik batu adalah pilihan paling tepat yang bisa anda pelihara. Kali ini kita akan membahas seperti apa ciri gelatik batu jantan yang mudah untuk dikenali. Dan seperti apa perbedaannya antara gelatik jantan dan betina.

Batu sendiri adalah salah satu burung kecil yang menjadi favorit untuk peliharaan bagi pecinta burung. Baik itu hanya sekedar untuk hobi mereka atau bisa juga dijadikan sebagai burung masteran. Di samping harganya terjangkau, memelihara burung gelatik batu juga bisa bikin anda puas.

Perbedaan Gelatik Batu Jantan dan Betina


selarasbusiness.blogspot.com

Ada beberapa hal yang membedakan antara burung gelatik batu dengan jenis kelamin jantan dan betina. Jika anda semua masih penasaran, di bawah ini akan kami sampaikan secara lengkap apa saja yang membedakan antara jenis gelatik batu ini.

Gelatik Batu Jantan

Beberapa hal yang menjadi ciri burung gelatik dengan jenis kelamin jantan diantaranya adalah memiliki bulu hitam yang tumbuh di bagian dada. Bulu tersebut akan tampak cukup tebal bergaris dan tegas sampai ke bawah ekor.

Ketika burung tersebut bertengger di atas pijakan kandang, maka burung cenderung lebih tegap dan terlihat berwibawa. Bila diperhatikan, dalam masalah postur tubuh burung gelatik dengan jenis kelamin jantan tampak lebih ramping, memanjang dan tidak berbentuk gemuk bulat.

Sementara itu, di bagian bentuk kepalanya burung gelatik jantan akan tampak dari sisi atas lebih datar dengan warna bulu yang terlihat lebih mengkilap.

Gelatik Batu Betina

Setelah mengetahui seperti apa ciri burung gelatik jantan, sekarang kita beralih ke gelatik batu betina. Beberapa ciri khusus yang bisa membedakan diantaranya adalah adanya bulu hitam yang tumbuh di bagian dada dan tampak lebih tipis. Dengan garis ke bawah yang samar-samar, bahkan biasanya terputus di bawah perut.

Ketika diperhatikan secara detail, bagian postur tubuh dari burung gelatik betina terlihat lebih pendek dan bentuknya bulat. Begitu juga dengan bagian kepala yang ada di atas terlihat bulat. Ciri lain yang memperlihatkan burung gelatik yang dimiliki adalah burung betina yaitu dari cara burung tersebut bertengger. Dengan jenis kelamin betina cenderung lebih menunduk ketika bertengger saat dipijakkan kandang.

Perbedaannya

burungnusantara.com

Dari dua penjelasan tersebut bisa disimpulkan bahwa yang menjadi perbedaan antara dua jenis kelamin jantan ataupun betina adalah warna bulu, cara bertengger, bentuk kepala dan juga postur tubuh. Kepala atas untuk gelatik jantan tampak lebih datar dan bulunya mengkilat sementara untuk gelatik betina tampak lebih bulat.

Bulu hitam yang ada di bagian dada gelatik jantan akan lebih tebal sementara bulu yang terdapat di dada gelatik betina terlihat lebih tipis. Perbedaan lain yakni bisa dilihat dari cara bertengger gelatik jantan yang cenderung tegap, sementara untuk betinanya cenderung menunduk. Postur tubuh gelatik jantan tampak ramping memanjang sementara untuk gelatik betina lebih bulat dan pendek.

Bagaimana, setelah mengetahui penjelasan tadi sekarang lebih mudah bukan cara membedakan gelatik batu jantan dan betina? Dengan mengetahui hal tersebut, maka saat ini anda bisa menentukan apakah burung gelatik yang ingin anda beli jantan atau betina. Selain itu, anda juga bisa melakukan perawatan dengan tepat.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar