Cara Perawatan Lovebird Saat Musim Hujan Agar Tetap Sehat

Perubahan iklim global memang mengakibatkan cuaca pada musim hujan pada satu musim terakhir ini berbeda. Kita kerap merasakan cuaca yang panas sekali.

Akan tetapi kadang turun hujan bersama angin kencang dan udara yang dingin. Cuaca yang seperti ini termasuk masa dimana burung peliharaan akan merasa tidak nyaman.

Mereka akan merasa tidak akan nyaman dengan suhu dan cuaca yang dingin. Maka dari itu ketika musim ini burung peliharaan harus mendapatkan yang baik dan benar.

Semua burung tidak akan nyaman dengan hujan dan tanpa terkecuali dengan lovebird. Jika musim seperti ini lovebird akan kedinginan dan juga hanya bisa berdiam diri di tenggerannya.

Dalam menghadapi permasalahan seperti itu, untuk perawatan lovebird saat musim hujan sangatlah berbeda dengan perawatan pada umumnya.

Cara Perawatan Lovebird Saat Musim Hujan

Perawatan Lovebird Saat Musim Hujan
Perawatan Lovebird Saat Musim Hujan

Di musim hujan perawatan untuk seekor burung sebaiknya memang dibedakan dengan perawatan yang ada pada umumnya. Sebab Anda tidak mungkin memandikan lovebird ketika hujan.

Sebab saat hujan suhu lingkungan menjadi lebih dingin serta akan kurang kondusif untuk mandi. Tak hanya itu Anda juga tidak bisa menjemur burung ini di bawah terik matahari.

Sedangkan untuk cara perawatan lovebird lain, Anda bisa melakukan cara berikut:

1. Memasang lampu full spektrum

Lampu jenis ini memiliki suhu yang cukup di dalam menghangatkan tubuh burung yang kedinginan sebab cuaca di musim hujan.

Hal ini disebabkan karena lampu ini mempunyai suhu warna sekitar 5500 K. Tak hanya itu saja, lampu ini juga pas sekali untuk proses bertelur burung betina.

Anda juga dapat memasang lampu full spektrum ini pada kandang burung, dengan cara ini Anda akan membuat burung lebih nyaman saat musim hujan.

2. Menutup sangkar dengan kerodong

Sebaiknya anda menutup sangkar dengan kerodong untuk mengurangi rasa dingin burung, Anda juga dapat menggunakan kerodong ini untuk menghalau suhu dingin.

Dengan cara ini suhu dingin atau percikan air hujan tidak akan masuk ke kandang dan membasahi burung lovebird yang anda pelihara.

Tak hanya itu, cara ini juga akan menjadikan burung lebih nyaman saat hujan. Jangan lupa untuk menghindari burung dari dinginnya hujan dan percikan air hujan, hal ini untuk menghindari penyakit pada burung.

3. Menggunakan tenggeran yang baik

Tenggeran Lovebird
Tenggeran Lovebird

Guna menghangatkan burung Anda juga dapat memakai tenggeran elektrik, tenggeran ini juga bisa memberikan panas yang cukup untuk membuat burung tetap hangat.

Kemudian tenggeran ini juga akan menjadikan burung lebih nyaman dan tenang ketika hujan turun. Anda dapat membeli alat ini.

4. Menambah porsi makan

Untuk menjaga suhu tubuh lovebird saat hujan dan perawatannya, Anda bisa menambah porsi makan burung ini. Juga dapat memberikan makanan utama seperti millet putih dan semacamnya.

Tak hanya itu, Anda juga bisa memberikan extra food seperti kangkung, sawi, jagung muda, serta beberapa makanan tambahan yang lainnya.

5. Memperbanyak multivitamin

Perawatan lovebird saat musim hujan bisa anda lakukan dengan memperbanyak multivitamin selama musim hujan berlangsung.

Selama musim hujan, sebaiknya anda membiasakan burung selalu diberi multivitamin. Tujuannya agar mekanisme pertahanan tubuhnya tetap berfungsi optimal.

Jika anda memiliki dua lovebird dalam satu rumah, yang satu sakit dan yang satu lagi sehat, itu dikarenakan mekanisme pertahanan tubuh pada saat muncul serangan penyakit memang memiliki perbedaan.

Burung dengan mekanisme pertahanan tubuh yang optimallah yang tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

Tinggalkan Komentar