Cara Terbaik Untuk Merawat dan Melatih Burung Jalak Hitam

Bagi Anda yang bertempat tinggal di daerah pedesaan mungkin sudah tidak asing lagi dengan burung Jalak Hitam. Burung ini biasanya memang ada di sekitar pesawahan dan bermain di atas tubuh kerbau sehingga burung ini juga sering disebut sebagai burung Jalak Kerbau.

Walaupun burung ini mudah ditemui di daerah pesawahan, tapi populiratasnya di Indonesia sendiri cukup baik. Terbukti banyak orang-orang yang gemar memelihara burung ini, entah sekedar untuk peliharaan atau untuk diperlombakan.

Burung Jalak Hitam memang sudah cukup lama populer. Kepopulerannya ini tidak lepas dari tingkah uniknya, yaitu berkicau sambil menganggukkan kepala.

Tidak banyak burung yang seperti itu, jadi memang burung Jalak Hitam benar-benar memiliki keunikan tersendiri. Bahkan apabila Anda melatih burung ini dengan baik, dia juga bisa menirukan satu-dua kata yang diajarkan.

 

Habitat dan Kebiasaan Burung Jalak Hitam

Burung Jalak Hitam merupakan tipikal burung yang hidup secara berkelompok. Burung ini kerap kali terlihat di ladang pertanian dan seringkali mengelilingi kerbau yang ada.

Apa yang dilakukan oleh burung ini di sekitar kerbau adalah untuk mencari kutu ataupun serangga yang hinggap di sana karena itu merupakan salah satu jenis makanannya. Jadi bisa dikatakan mereka memiliki hubungan simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan.

Dalam tingkah lakunya ini burung Jalak Hitam memang terlihat sangat mengganggu kerbau. Tapi nyatanya hal itu justru tidak mengganggu karena kerbau sendiri akan terhindar dari kutu dan kotoran di tubuhnya.

Selain berada di area persawahan, burung Jalak Hitam juga biasanya tinggal di area perkebunan, lubang pohon, dan di atap rumah.

Burung ini juga terbiasa untuk berjalan. Kakinya yang panjang memungkinkan mereka untuk tidak terus-menerus terbang dan bisa berjalan selayaknya ayam. Bahkan beberapa kali mereka juga akan mengais tanah dengan kakinya untuk mencari makan.

 

Cara Merawat Burung Jalak Hitam

Merawat burung Jalak Hitam tidaklah terlalu sulit, justru cenderung mudah. Untuk melatih burung ini supaya sering bersuara juga sangat mudah, cukup dengan rutin memberikannya buah-buahan dan jangkrik sebagai menu makan utamanya.

Sedangkan untuk perawatan rutin sehari-harinya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Saat pagi hari, pastikan burung Jalak Hitam dikeluarkan supaya mendapat sinar matahari pagi.
  2. Setelah beberapa menit dijemur, Anda bisa mulai memandikannya. Saat itu Anda juga sebaiknya mengganti pakan dan air minum dengan yang baru.
  3. Jika sudah dimandikan biarkan burung Jalak Hitam kembali berjemur supaya tubuhnya kering. Menjemur burung Jalak Hitam setidaknya bisa dilakukan sampai pukul 09.30 pagi.
  4. Apabila sudah dijemur dan waktu sudah mulai siang, pastikan burung terhindar dari terik matahari supaya tidak kepanasan.
  5. Lalu saat sore hari sekitar pukul 15.30 Anda bisa kembali memandikan burung Jalak Hitam dan kembali mengganti air minumnya. Penggantian air minum secara rutin ini wajib dilakukan karena burung Jalak Hitam terkenal suka mengotori air minumnya sendiri.
  6. Setelah itu Anda juga bisa memberinya tambahan makan berupa 5 ekor jangkrik.

 

Cara Melatih Burung Jalak Hitam

Supaya mau menjadi burung penurut, burung Jalak Hitam tentu harus dilatih secara rutin. Melatihnya juga sangat mudah asalkan Anda mau bersabar.

Pelatihan yang dilakukan secara terus-menerus akan membuat burung Jalak Hitam mampu mengenali materi yang Anda ajarkan. Mulai dari melatihnya untuk keluar masuk sangkar, mendekati pemilik, atau bahkan mengikuti sang pemilik.

Lalu sebelum Anda melatih burung Jalak Hitam, Anda juga harus memperhatikan kondisinya. Beberapa kondisi yang perlu diperhatikan adalah:

  1. Kondisi burung tidak sakit
  2. Lingkungan tempat latihan terbebas dari kucing, kendaraan bermotor, atau hal lainnya yang bisa menakuti burung Jalak Hitam.
  3. Melakukan latihan di tempat yang teduh.
  4. Melatih burung Jalak Hitam hanya pada pagi hari dan sore hari sebelum pukul 16.00 karena jika lebih dari itu burung akan mengalami penurunan indera pengelihatan.

Selain itu Anda juga bisa melatih burung Jalak Hitam sebelum ia menyantap makanan. Dengan keadaan perut yang kosong, burung Jalak Hitam cenderung lebih penurut dan akan mengikuti setiap instruksi Anda.

Lalu untuk mulai melakukan tahap pelatihan, Anda bisa melakukannya dari hal yang paling dasar, yaitu sebagai berikut:

  1. Tahap Awal

Pada tahap awal ini burung Jalak Hitam dilatih supaya terbiasa berada diluar sangkar. Jadi untuk itu Anda bisa mulai memberi pelatihan di dalam rumah atau ruangan supaya mengantisipasi burung tersebut kabur.

Letakkan sangkar burung di lantai, kemudian buka pintu sangkar secara perlahan. Lalu biarkan burung tersebut berkeliling ruangan.

Selanjutnya Anda bisa mencoba untuk memanggil burung dengan cara bersiul agar dia mau kembali ke sangkar. Jika dia tidak bergeming maka Anda bisa memancingnya dengan cara menunjukkan makanan yang disuka.

Jika burung masih juga tidak mau menghampiri Anda maka Anda bisa menebarkan makanan di lantai dekat sangkar. Setelah itu burung Jalak Hitam pun akan mulai mendekat dan masuk ke dalam sangkar.

Lakukan pelatihan tahap awal ini secara rutin selama beberapa hari sampai burung Jalak Hitam benar-benar mau mengikuti instruksi Anda.

  1. Tahap Kedua

Pada tahap kedua ini Anda akan melatih burung Jalak Hitam diluar ruangan atau diluar rumah. Tapi sebelum memasuki tahap ini pastikan Anda telah melewati tahap pertama dengan baik supaya burung Jalak Hitam tidak terbang dan meninggalkan Anda.

Namun bagi sebagian yang masih khawatir dan takut burung kesayangannya pergi atau kabur, maka Anda bisa mencegahnya dengan mengikat kakinya dengan tali tipis yang cukup panjang.

Tahap kedua ini pada intinya juga sama, yaitu untuk memperkenalkan kepada burung Jalak Hitam bahwa ia sudah ada yang memiliki. Pastikann Anda mengeluarkannya dari sangkar secara perlahan dan setelah itu suruh dia untuk kembali ke sangkar.

Jika menolak, maka Anda bisa memancingnya dengan memberikan makanan.

Setelah burung Jalak Hitam sudah terbiasa di luar ruangan dan mau kembali ke sangkar, maka ini artinya kondisi sudah aman alias si burung tidak akan kabur.

Saat ini Anda bisa meningkatkan pelatihan dengan cara memanggilnya menghampiri Anda. Beri jarak sekitar 5 atau 10 meter dan coba panggil burung tersebut dengan cara mengangkat tangan.

Pada tahap awal memang burung Jalak Hitam tidak akan memahami maksud Anda. Tapi Anda bisa melakukan ini secara terus menerus dan juga memancingnya menggunakan makanan dan siulan.

Jika dirasa memanggil menggunakan makanan dan siulan sudah cukup efektif maka Anda bisa memanggilnya hanya dengan mengangkat tangan ke atas.

Baiklah kalau begitu, demikian ini ulasan yang bisa kami berikan seputar burung Jalak Hitam. Jika Anda ingin memeliharanya maka pastikan Anda memelihara burung dengan sepenuh hati agar segala urusan perawatan dan pelatihan dapat berjalan dengan lancar.

 

Tinggalkan Komentar