Inilah Tips dan Cara Burung Walet Cepat Menginap Paling Cepat

Cara burung walet cepat menginap pada suatu area tidaklah mudah untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena burung walet yang ingin anda inapkan di areanya yaitu jenis burung liar. Cara agar burung walet cepat menginap hanya pada area yang mempunyai kriteria sesuai dengan habitat aslinya saja.

Cara Burung Walet Cepat Menginap

Sedangkan untuk rahasia pembudidaya walet ini supaya burung walet cepat menginap dan mau bersarang pada suatu area yang sudah selesai dibangun ini sebaiknya dilakukan dengan berbagai macam usaha.

1. Menggunakan Bunyi Khusus

Jenis bunyi yang dipakai untuk area burung walet yaitu hal penting yang harus diperhatikan. Bunyi panggil dan inap yang dipakai untuk area mempunyai peran penting untuk menjadikan burung walet menginap dan masuk. Memasang bunyi panggil sebaiknya juga dilakukan dengan baik dan benar.

Perhatikan terlebih dahulu untuk wilayah lokasi anda. Jika lokasi rumah burung walet pembudidaya tersebut ada di tengah atau terdapat banyak rumah burung walet, maka untuk bunyi panggil yang cocok dipakai yaitu bunyi panggil yang mempunyai karakter bunyi anakan, jenis bunyi ini tujuannya supaya menarik anakan supaya pindah pada area baru milik pembudidaya.

2. Sumber Bunyi yang Digunakan

Untuk langkah ini memanfaatkan media suara soundsystem dari CD player untuk dijadikan sumber bunyi untuk menarik dan juga memanggil burung walet, hal ini juga bisa lebih mengacu pada perilaku hidup walet yang berkoloni.

hewan.id

Bunyi walet diperdengarkan dari dalam area, seakan-akan sudah ada kelompok walet lainnya yang bersarang disana. Sehingga, burung walet yang berterbangan wilayah rumah walet yang telah disiapkan akan terpikat agar memasuki area.

Anda bisa menggunakan soundsystem supaya bisa menghasilkan bunyi walet yang dihasilkan dari CD player yang berisi rekaman bunyi bunyi burung walet tersebut. Dengan begitu, diharapkan supaya burung walet terpikat dengan bunyi itu. Dengan demikian, ikut bergabung dan menyusun sarangnya di sana.

3. Suhu dan Kelembaban

Tak hanya memperhatikan faktor bunyi saja, anda juga harus perhatikan suhu serta kelembaban didalam area walet milik pembudidaya. Suhu dan juga kelembaban yang normal bisa menjadikan burung walet cepat menginap serta bisa cepat datang dan juga menginap pada rumah milik pembudidaya. Suhu yang normal merupakanhal yang harus anda lakukan dalam menerapkan cara burung walet cepat menginap.

Suhu normalnya yaitu 27-29 derajat celcius. Dan untuk kelembaban yang normal yaitu berada di 80% – 90%. Rumah burung walet yang mempunyai kelembaban yang rendah dapat menjadikan burung walet kurang masuk menginap. Lalu, apabila ada yang berhasil membuat sarang, maka sarangnya tipis dan juga terlihat keriput.

4. Melindungi dari Semut

Semut sebagai alah satu pengganggu burung walet yang akan menginap. Sebab, semut ini suka mengerumuni dan juga menggigit anak burung walet yang baru menetas. Dan karena gigitan semut tersebut, maka dapat menjadikan anak burung walet mati dan juga terjatuh dari sarangnya

5. Mencegah Kebocoran Sarang

Kecoa juga merupakan hama hama pengganggu dalam budidaya burung walet di dalam rumah burung walet. Sebab, kecoa suka memakan sarang cara burung walet, dengan begitu bisa menjadikan sarang burung walet menjadi bocor bocor. Untuk menerapkan cara burung walet cepat menginap sebaiknya cegah kebocora sarang.

Hindari memasuki area sebelum maupun setelah jam 12 sampai 2 siang. Untuk masalah pola panen, sebaiknya anda hindari melakukan panen buang telur atau panen rampasan. Sebaiknya anda menyediakan pakan burung walet yang berkualitas. Jika ada penyebar hama pada rumah walet segera dibasmi. Misalnya saja seperti tupai, tikus, kecoa, burung hantu, semut dan lain sebagainya.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar