Mengetahui Habitat, Perilaku dan Karakteristik Burung Samyong

Burung samyong merupakan jenis burung yang memiliki nama popular Bare-throted Whistler dan berasal dari keluarga Pachycephalidae. Dan jenis burung ini juga merupakan salah satu burung endemik khas Nusa Tenggara.

Burung yang cerdas dengan suara yang lantang ini bisa disebut sebagai jelmaan burung nightingale yang dimiliki oleh Indonesia. Pada daerah atau wilayah asalnya, burung samyong ini terdiri dari dua spesies yang berbeda.

Di flores, burung samyong bahkan lebih dikenal dengan nama garugiwa yang punya sub-spesies Pachycephala nudigula nudigulase.

Sedangkan berbeda lagi di Sumbawa yang memiliki spesies nudigula ilsa dengan karakteristik burung samyong warna tubuh lebih cerah dengan bagian bawah lebih berwarna kehijauan.

Kelebihan dari jenis burung kicau Samyong lainnya yaitu bisa menirukan berbagai macam suara kicauan yang gacor. Kemudian juga disebut sebut menjadi salah satu jenis burung kicau dengan 1001 suara.

Sebab kemampuan bisa menirukan berbagai macam suara kicauan burung gacor lainnya. Selanjutnya untuk habitat dari burung Samyong di Indonesia sendiri hanya terdapat di Nusa Tenggara saja.

Sebab jenis Burung Samyong ini merupakan salah satu burung kicau endemik. Atau hanya hidup pada daerah tertentu saja. Kemudian untuk cara hidup burung Samyong terdapat di hutan hutan kering dataran rendah.

Khususnya yang ada di Nusa Tenggara dengan area hanya seluas 20.000 km². Jadi burung ini tergolong mempunyai area kekuasaan yg relativ kecil atau sempit.

Karakteristik Burung Samyong

Karakteristik Burung Samyong
Karakteristik Burung Samyong

Karakteristik burung samyong yaitu memiliki sura yang unik. Di habitatnya sendiri, burung samyong kerap menunjukan kebolehannya dalam berkicau dengan menyanyikan beberapa lagu variasi yang cukup keras.

Burung ini membawakan lagu dengan berbagai suara isian yang didengarnya di sekitar hutan. Dan ini menjadikan kita dengan mudah bisa mengetahui suara kicauan mereka.

Burung samyong juga lebih menyukai hutan hutan kering dataran rendah untuk mencari makanan serangga dicabang-cabang pohon.

Sedangkan untuk ciri ciri atau karakteristik burung samyong yang bisa anda pahami sendiri antara lain mempunyai panjang tubuh sekitar 18 – 19 cm saja. Panjang tersebut dari ujung paruh hingga ujung ekor.

Perbedaan Burung samyong Jantan dan Betina

Perbedaan Burung Samyong Jantan dan Betina
Perbedaan Burung Samyong Jantan dan Betina

Kemudian untuk cara membedakan burung samyong yang berjenis kelamin jantan dengan burung Samyong betina adalah pada bagian warna. Warna burung Samyong jantan mempunyai warna tubuh berwarna hijau zaitun, bagian ekor berwarna gelap.

Kemudian kepala mempunyai warna hitam serta bagian tenggorokan tidak mempunyai bulu berwarna Merah. Sedangkan untuk Warna Tubuh Burung Samyong Betina mempunyai warna hijau kekuningan. Pada bagian kepala berwarna abu abu tua. Sedangkan pada bagian tenggorokan mempunyai bulu.

Burung Samyong Jantan

  • Burung jantan mempunyai warna bulu hijau zaitun
  • Ekor berwarna gelap/hitam sekitar 7-10cm
  • Kepala berwarna hitam dan tenggorokan tidak berbulu, tenggorokan akan berwarna merah maron saat mencapai tingkat birahi yang sangat tinggi atau masa kawin
  • Burung Samyong memiliki panjang keseluruhan (dari paruh hingga ekor) 18-20cm. masa kawin burung ini sekitar bulan januari-mei saat musim penghujan
  • Burung samyong jantan saat kecil/muda tidak akan memiliki ciri-ciri seperti layaknya burung samyong dewasa.
  • Saat kecil/muda burung samyong jantan ini berwarna sama dengan betina, yang sedikit membedakan adalah dibagian pinggir sayap maupun ekor samyong jantan akan berwarna kemerahan/kecokelatan

Burung Samyong Betina

  • Burung samyong betina memiliki warna bulu hijau kekuningan sampai dengan ekornya
  • Kepala abu-abu tua dan tenggorokan mempunyai bulu meski sudah dewasa.
  • Ukuran burung betina tidak lebih dari 18cm
  • Bentuk kepala membulat dan paruh lebih pendek

Tinggalkan Komentar