Ciri Fisik Burung Samyong Jantan dan Betina Serta cara Membedakannya

Samyong merupakan salah satu jenis burung kicau yang punya kualitas super bagus. Burung ini masih berasal dari keluarga Pachycephalidae. Sementara nama populer dari burung ini adalah Bare Throted Whistler.

Ciri fisik burung samyong ini bisa dilihat dari bentuk tubuhnya. Kelebihan Burung Samyong yang bisa dilihat adalah memiliki mental yang cukup bagus. Dengan begitu bisa beradaptasi pada lingkungan baru dan mudah sekali untuk dilakukan perawatannya.

Kelebihan paling utama adalah memiliki kualitas kicauan yang lantang, sangat bagus dan merdu. Dengan demikian banyak Pecinta Burung Kicau yang ada di Indonesia yang mencari serta membeli burung Samyong ini.

Mengenal Ciri Fisik Burung Samyong


ariefsas83.wordpress.com

Jika kita ingin tahu seperti apa ciri ciri dari burung Samyong yang bisa dipahami sendiri. Cirinya diantaranya adalah memiliki panjang tubuh antara 18 sampai dengan 19 cm saja. Ini jika diukur dari ujung paruh sampai dengan ujung ekor.

Cara untuk membedakan burung Samyong yang berjenis kelamin jantan dan betina bisa dilihat dari warnanya. Burung Samyong jantan memiliki warna tubuh hijau zaitun.

Jika dilihat pada bagian ekor memiliki warna gelap dan bagian kepalanya memiliki warna hitam. Sedangkan pada bagian tenggorokan tidak memiliki bulu yang warnanya Merah.

Untuk Warna dari bagian tubuh burung Samyong yang berjenis kelamin betina memiliki warna hijau kekuningan. Bagian kepala memiliki warna abu abu tua. Untuk bagian tenggorokan memiliki bulu.

Agar bisa membedakan jenis kelamin burung samyong yang masih trotolan atau anakan anda bisa memperhatikan warna bulu di bagian pinggir sayap dan juga ekor. Untuk anakan samyong jantan bagian tersebut memiliki warna kemerahan atau kecoklatan. Sementara untuk anakan betina memiliki kepala berwarna abu-abu tua.

Cara Merawat Burung Samyong


majalahburungpas.com

Untuk perawatan burung samyong menjadi gacor sebenarnya tidak sulit. Hal ini disebabkan karena mental dari burung samyong sangat baik dan memiliki sifat pemberani. Jadi mereka tidak akan mudah stres dan juga ngambek bila berada pada lingkungan baru.

Dalam merawat burung samyong agar cepat gacor perlu waktu dan juga proses. Meskipun mental burung samyong sendiri tergolong baik, namun bila burung samyong bakalan masih butuh waktu dan proses untuk bisa jadi burung kicau yang merdu.

Untuk memelihara burung samyong bakalan supaya cepat gacor bisa dilakukan dirumah. Caranya setiap pagi dijemur dibawah sinar matahari pagi lalu dimandikan dengan semprotan air yang tidak terlalu besar supaya bisa cepat jinak.

Setelah itu, dijemur sekitar 2 jam di bawah sinar matahari pagi. Jika burung sudah dimandikan, sebaiknya didekatkan dengan burung kicauan gacor yang lain. Atau bisa juga dipancing dengan suara burung kicauan gacor yang diambil dari smartphone atau handphone. Sebab ini berguna untuk memancing burung samyong agar bisa berbunyi.

Ada hal penting yang harus anda perhatikan yaitu masalah pemberian pakan. Jangan lupa anda perhatikan jenis makanan yang diberikan pada burung samyong. Supaya mereka selalu senang dan tidak ngambek sebab diberi makanan yang tidak sesuai.

Langkah-langkah dalam pemeliharaan burung samyong bakalan supaya menjadi gacor dilakukan setiap hari secara rutin. Sebab di dalam perawatan burung bakalan harus diperlukan kesabaran, keuletan dan juga waktu yang tidak sebentar. Tetapi bila anda ulet dalam melakukannya maka anda akan berhasil.

Dengan mengetahui ciri fisik burung samyong yang sudah dijelaskan tadi, maka bisa dijadikan sebagai pedoman bagi anda yang ingin membeli dan memelihara burung kicauan samyong ini. Sebab bisa disimpulkan jenis burung samyong yang ada di Indonesia adalah jenis kicauan yang punya kualitas suara yang cukup merdu, bagus dan bisa menirukan berbagai macam kicauan burung gacor lain.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.