Cara Merawat Pleci Di Musim Hujan Agar Tetap Sehat

Burung pleci atau burung kacamata adalah jenis burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para pecinta burung kicauan hingga sekarang ini.

Karakter ketika burung pleci berada di alam liar yaitu gemar mandi. Ketika musim hujan pun burung pleci ini tidak akan mudah sakit.

Sebab, di alam liar burung pleci mampu bersembunyi di tempat yang aman untuk melindungi dirinya dari guyuran air hujan.

Hal ini akan lain jika burung pleci ini dipelihara di rumah. Untuk mandi pun burung pleci ini harus dibantu oleh pemeliharanya.

Cara Merawat Pleci Di Musim Hujan

Cara Merawat Pleci Di Musim Hujan
kp6rekweb.wordpress.com

Ketika musim hujan, burung pleci juga harus mendapatkan perawatan khusus dan berbeda dengan musim kemarau.

Sebab, jika tidak dirawat dengan khusus, burung pleci anda akan mudah terserang penyakit.

Maka dari itu, anda harus mengetahui cara merawat pleci di musim hujan agar tetap sehat dan terhindar dari serangan penyakit.

Sedangkan untuk hal-hal yang perlu diperhatikan ketika melakukan perawatan burung pleci di musim hujan yaitu seperti berikut ini:

Peletakan Sangkar Burung Pleci

Ketika musim hujan dan berangin, anda harus meletakkan burung pleci di tempat yang aman.

Sebab jika pleci peliharaan anda diletakkan di tempat yang memiliki suhu dingin seperti di musim penghujan dapat menjadikan burung mudah sekali terserang penyakit flu dan masuk angin.

Dengan demikian, selama musim hujan berlangsung sebaiknya anda menaruh sangkr burung pleci pada tempat yang memiliki suhu cukup hangat.

Misalnya saja seperti dalam ruangan yang tidak terdapat pendingin ruangan. Sebab, hanya terdapat ventilasi udara serta menggantangnya tidak pada kondisi cuaca yang sedang hujan maupun yang berangin.

Perhatikan Kualitas Pakan

Pakan Burung Pleci
burung.web.id

Cara merawat pleci di musim hujan lainnya yaitu anda harus memperhatikan pakan yang akan dimakannya.

Sebaiknya pleci yang anda pelihara bisa memakan makanan yang berkualitas baik.

Sebab kualitas pakan burung di musim hujan biasanya menurun. Karena di musim hujan pakan burung seperti voer akan menjadi lembab dan mudah berjamur. Jadi anda harus selalu memperhatikan pakannya.

Oleh sebab itu, jika menjumpai makanan burung pleci yang berupa voer yang telah berubah menjadi berlumut atau jamuran sebaiknya diganti dengan yang baru.

Tujuannya supaya kesehatan burung itu tidak terganggu nantinya. Tak hanya itu saja, selama hujan berlangsung maka dapat mengakibatkan burung pleci menjadi kedinginan, siapkan juga pakan tambahan seperti ulat.

Tujuannya yaitu untuk lebih menghangatkan tubuh burung pleci peliharaan anda.

Memperhatikan Waktu Pemandian Burung Pleci

Pada saat musim hujan tiba, maka disarankan untuk memandikan burung pleci hanya sekali saja dalam sehari.

Sedangkan untuk waktu yang dapat dipilih untuk memandikan burung pleci yaitu ketika pagi hari.

Entah itu pada kondisi hujan gerimis maupun yang tidak. Kemudian ketika sore harinya tidak perlu burung Pleci dimandikan lagi.

Tujuannya yaitu untuk menjadikan burung menjadi mudah sakit karena burung itu kedinginan.

Waktu Penjemuran

Burung pleci pada saat musim hujan juga memerlukan adanya sinar matahari. Sebab vitamin D dari sinar matahari mampu untuk menguatkan tulang makhluk hidup termasuk burung pleci.

Apabila saat musim hujan burung pleci kurang serapan sinar matahari, maka hal tersebut pada stamina burung yang menurun dan tulang pun lebih rentan terkena keropos.

Dengan demikian, cara merawat pleci di musim hujan sangat perlu memperhatikan kondisi cauca yang bila ada matahari bersinar di pagi ataupun sore. Anda dapat menjemurnya saat ada sinar matahari.

Tinggalkan Komentar