Buat Cucak Rowo Peliharaan Anda Nyaman dan Bebas Stres

Cucak Rowo termasuk salah satu burung peliharaan yang digemari berbagai kalangan lantaran suaranya yang merdu. Namun, yang bisa memilikinya adalah kalangan menegah ke atas karena harga burung ini cukup tinggi. Cucak Rowo memiliki bunyi kicauan yang khas dan dapat menggembirakan hati mereka yang mendengarkan. Terlebih lagi, bila  terbukti gacor dan kicauannya panjang serta berkesinambungan (ropel). Kelebihan semacam ini bisa membawa keuntungan hingga peliharaan Anda menang dalam kontes berkicau.

Namun, sama seperti burung lainnya, Cucak Rowo juga rentan terhadap serangan stres. Berikut ini akan dipaparkan pemicu terjadinya stres sekaligus cara perawatan yang tepat agar burung bersuara emas ini tetap  berkicau merdu.

Pemicu Stres Cucak Rowo

Source -Tokopedia
Source -Tokopedia

Banyak faktor yang bisa membuat Cucak Rowo Anda mengalami stres. Beberapa hal yang memicu stres antara lain:

  1. Burung yang berpindah sangkar, dibawa dalam perjalanan jauh, atau baru ditangkap dari alam bisa mengalami stres.
  2. Faktor lingkungan saat pemeliharaan juga berpengaruh pada tingkat stres Cucak Rowo. Misalnya saja, sekitar kandangnya terlalu gaduh karena arus lalu lintas yang ramai.
  3. Burung terkadang merasa terancam keamanannya terutama bila ada hewan lain yang sering mengganggunya.
  4. Kandang terlalu kotor dan jarang dibersihkan.
  5. Ukuran kandang terlalu kecil sehingga burung tidak bebas bergerak
  6. Perubahan jenis dan rasa pakan yang dikonsumsi.

Kenali Gejalanya

Source - cucakrawadepok
Source – cucakrawadepok

Stres jangan dianggap remeh. Bila tidak tertangani dengan baik, stres pada burung akan berakibat fatal. Nah, sebelum mengambil langkah-langkah penanganan stress, Anda perlu mengenali tanda-tandanya terlebih dahulu.

Stres awalnya ditandai perubahan perilaku burung. Mereka yang biasanya rajin berkicau, mulai berubah diam. Nafsu makannya semakin menurun padahal semula  langgung menghabiskan voer yang diberikan.

Selanjutnya, jika burung yang biasanya jinak berubah menjadi lebih agresif dan sering menggigit, bisa jadi dia mengalami stes. Gerakannya pun semakin bertingkah, seperti naik turun dari tenggeran ke dasar sangkar secara berulang-ulang. Tanda yang paling tampak bila telah stres berat yakni paruh Cucok Rowo menjadi bengkok dan mulai mencabuti bulu-bulunya sendiri.

Bila terus berlanjut, burung betina bisa mengalami kemandulan permanen. Bahkan stres secara berkepanjangan dapat menyebabkan kematian burung secara mendadak.

Cara Penanganan

Source - wikiHow
Source – wikiHow

Ketika Cucak Rowo Anda sudah terlanjur mengalami stres, lakukan penanganan yang tepat. Anda bisa mencoba langkah-langkah berikut agar Cucak Rowo Anda bebas dari stres.

  1. Melakukan karantina merupakan cara terbaik untuk memulihkan kondisi Cucak Rowo. Proses karantina bukan hanya menjauhkannya dari burung sejenis, namun harus dijauhkan dari burung petarung lain, bahkan hewan lain yang dinilai mengancam. Anda harus benar-benar menjauhkan burung dari keramaian. Biarkan burung berada dalam suasana yang tenang dan nyaman untuk mengusir stres dan memulihkan kondisinya.
  2. Suara air memberi efek menenangkan bagi otak burung. Anda bisa memutar gemercik suara burung pada waktu-waktu tertentu dalam volume sedang.
  3. Suasana di kala pagi bisa membuat burung merasa berada di alam liar. Karena itu, pengembunan dapat mempercepat hilangnya stres. Pengembunan bisa dilakukan mulai dari pukul 04.30 sampai matahari terbit. Setelah itu, Anda bisa memandikan burung dan selanjutnya dijemur.
  4. Selain memberikan air putih, Anda juga bisa memberikan air gula untuk mempercepat proses pemulihan dari stres.

Perlu diingat, sebelum Cucak Rowo mengalami stres, alangkah baiknya jika Anda melakukan pencegahan dini. Caranya, tempatkan burung pada tempat yang bersih dan lingkungan tenang. Pastikan juga Anda membeli burung dari penangkaran sekitar daerah tempat tinggal sehingga tidak perlu dibawa dalam perjalanan jauh. Pilihlah juga jenis pakan yang disukai oleh burung  dan jangan paksakan sesuai kehendak Anda.

Tinggalkan Komentar