Cara Merawat Kenari Roller Yang Baik dan Benar

Berbagai jenis burung Kenari yang ada sat ini termasuk perkembangan keturunan kenari liar (Serinus Canarius). Beranekaragamannya jenis ini termasuk kondisi alam atau juga sebab kawin silang yang terjadi sejak lima abad yang lalu.

Negara Belanda sekarang ini lebih dikenal menjadi negara pengekspor Kenari Indonesia. Dahulunya mendatangkan Kenari dari Inggris, Jerman dan Belgia.

Selanjutnya burung Kenari itu dikawinkan dengan Kenari liar dan menghasilkan beberapa jenis seperti norwich , london fancy, yorkshire, lanchaisire, gloser, danmasih banyak lagi.

Banyak jenis kenari yang populer di seluruh dunia, akan tetapi masih belum ada yang dapat menandingi kemampuan dari german roller / roller jerman ketika burung ini sedang berkicau.

Kenari ini jika di negeri aslinya dijuluki dengan hartz mountain roller, kemudian jika di kalangan kicaumania sering kali disebut dengan kenari roller, ini termasuk salah satu jenis kenari tertua yang paling terkenal.

Burung ini memiliki kelebihan dari kicauannya yang indah dan kepandaiannya dalam meniru suara burung lain yang lebih baik jika dibandingkan jenis kenari lainnya. Tak hanya itu saja, kenari roller jerman juga dapat berkicau tanpa membuka bagian paruhnya.

Keturunan burung kenari ini yakni berasal dari negara Jerman, tepatnya berada di daerah pegunungan yang bernama Hartz. Jenis burung cantik ini disebut dengan Roller karena burung ini memiliki suara yang ngerol, yaitu pada saat burung ini berbunyi atau berkicau.

Jenis Kenari ini suaranya terus ngerol tak henti-hentinya dengan mengeluarkan nada dan irama yang terdengar bervariasi. Burung Roller suaranya juga terdengar enak sekali ketika didengarkan.

Cara Merawat Kenari Roller

Cara Merawat Kenari Roller
Cara Merawat Kenari Roller

Jenis Kenari hartz yang dikembangkan di Amerika Serikat terkadang banyak orang yang masih bingung membedakannya. Sebenarnya Kenari hartz ini merupakan Kenari type / postur.

Sedangkan untuk Kenari hartz Roller atau Roller jerman ini merupakan jenis kenari penyanyi. Cara merawat kenari roller dan penangkaran kenari jenis Roller jerman tidak lain dari burung kenari jenis lainnya.

Selanjutnya, jenis Kenari ini juga gampang sekali jika dimaster menggunakan suara-suara yang dilatihkan kepadanya.

Makanan Kenari Roller

Kenari Roller juga perlu variasi menu makanannya. Sebab untuk memperkaya kelengkapan gizinya. Kuning telur termasuk menu bergizi, namun untuk lebih baiknya jika diberi variasi lain untuk menutup beberapa kandungan yang tak dimiliki oleh bahan pakan tersebut.

Maka dari itu, memberikan variasi lain misalnya buah-buahan dan sayuran hijau sangat dianjuran untuk kenari roller ini.

Penjemuran

Penjemuran Kenari Roller
Penjemuran Kenari Roller

Burung Kenari Roller memang tidak tahan terhadap cuaca panas. Cara merawat kenari rollet sebaiknya jangan menjemur burung ini dengan berlebihan.

Di negara lain, pada umumnya burung Roller ini sering dipelihara serta ditangkarkan pada suatu ruangan yang dilengkapi dengan lampu full spektrum.

Dengan demikian bisa mensimulasi cahaya yang seperti cahaya matahari. Perawatan harian untuk burung ini juga lain dengan burung kenari yang biasanya.

Seperti yang telah kita ketahui, banyak penggemar di Indonesia yang menjemur Kenari dalam waktu cukup lama. Sebab hampir semua jenis burung Kenari yang ada di negeri kita telah beradaptasi sepenuhnya dengan keadaan suhu dan cuaca di Indonesia, sebab sebagian besar termasuk hasil penangkaran.

Meski di beberapa , kenari roller ini dikenal sebagai burung tahan banting dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru, namun hal tersebut sebaiknya didukung juga dengan tercukupinya seluruh kebutuhan burung.

Khususnya air minum yang bersih serta pakan yang lengkap seperti halnya pakan tambahan /extra fooding.

Komentar Facebook

Komentar Blog