Cara Merawat Anis Kembang Mabung Lama Agar Cepat Selesai

Cara merawat Anis Kembang mabung lama harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh. Tujuannya supaya masalah tersebut bisa cepat tuntas dan selesai. Mabung atau pergantian bulu ini merupakan proses yang dialami oleh setiap jenis burung apapun, termasuk juga burung anis kembang.

Anis kembang ini juga merupakan salah satu jenis burung yang sudah sangat dikenal dikalanganpecinta burung kicauan terutama di Indonesia. Burung ini dikenal sebagai burung yang mempunyai kicuan cukup unik, asalkan mendapatkan perawatan lebih ekstra tentunya.

Terdapat beberapa hal yang cukup sulit diatasi oleh para penangkar burung Anis Kembang ini. Salah satunya yaitu bagaimana cara merawat Anis Kembang mabung lama supaya bulu bulunya bisa cepat berganti.

Ketika burung ini sedang mabung, hal yang sebaiknya diperhatikan yaitu memastikan kecukupan vitamin dan proteindari burung Anis Kembang ini. Sebab, jika tidak dapat tercukupi bisa mengakibatkan burung ini mengalami mabung yang tidak tuntas.

Proses mabung di burung Anis Kembang ini akan membutuhkan waktu yang agak lama yaitu antara 1 sampai dengan 3 bulan. Kesemuanya disesuaikan dengan pola perawatan yang dilakukan. Apabila anda semua merawat Anis Kembang saat mabung dengan benar dan baik maka bisa segera tuntasnya.

Cara Merawat Anis Kembang Mabung Lama

omkicau.com

Untuk merawat Anis Kembang mabung lama diantaranya yaitu mengecek keadaan kesehatan. Jadi, pastikan burung anda tak mengalami gangguan kesehatan sedikit pun. Terlebih lagi di masa mabungnya.

Sakit juga merupakan masalah yang dapat menghambat proses mabung, walaupun presentasinya sedikit. Polyoma serta Circovirus ini virus unggas yang dapat menghambat proses perontokan bulu. Salah satunya juga bisa menghambat proses perontokan bulu Anis Kembang.

Pemberian Pakan

Dalam pemberian pakan sendiri, sebaiknya anda harus lebih memberikan makanan bervitamin atau juga dapat meningkatkan minuman dari biasanya. Anda juga dapat memberikan sesuatu hal yang spesial. Tidak hanya memberikan makanan dalam jumlah banyak saja, akan tetapi anda juga harus memberikan makanan dan minuman yang benar-benar penuh nutrisi dan terjaga kebersihannya.

Untuk pemberian ekstra fooding, anda bisa memberikan jangkrik, cacing, serta kroto. Untuk kroto, anda bisa memberikan yang jumlahnya satu sendok saja setiap paginya. Dan saat pagi hari dan sore hari, anda bisa memberikan jangkrik sebanyak 4 ekor.

Anda bisa juga memberikan cacing 3 kali dalam seminggu. Lakukan pola makan diatas selama masa mabung dari burung Anis Kembang.

Pemberian Multivitamin

Untuk pemberian multivitamin, anda dua kali dalam seminggu serta telah dicampur sedikit air. Untuk masalah makanan tambahan, anda dapat memberikan beberapa menu buah serta sayuran.

Buah yang bisa anda berikan yaitu buah pepaya. Buah pepaya ini mempunyai banyak sekali kandungan vitamin C yang diketahui begitu bermanfaat untuk meningkatkan atau mempercepat proses mabung. Vitamin C juga dapat menambah daya tahan dari burung Anis Kembang.

Pemandian Anis Kembang

burungmaster.com

Untuk merawat Anis Kembang mabung lama juga juga dilakukan dengan memandikan Anis Kembang sekali dalam seminggu. Jika pemandiannya sering, maka masa mabung bisa memperlambat pertumbuhan bulu baru. Dan untuk proses penjemuran, lakukan setiap hari selama 20 menit saja.

Masa mabung yang terjadi pada setiap burung yaitu masa dimana burung akan banyak diam dan kerjanya mendengar saja.Oleh sebab itu, pemasteran di fase ini sangatlah bagus untuk diberikan. Maka anda semua bisa mencoba untuk memaster Anis Kembang setiap hari dengan menggunakan metode pemasteran andalan anda.

Tinggalkan Komentar