Cara Menjinakkan Kacer Grabagan Paling Efektif

Cara menjinakkan kacer grabagan pada umumnya dilakukan dengan melakukan berbagai pembiasaan. Diantaranya seperti terapi untuk membuat burung memperoleh suasana yang nyaman serta tidak stres. Para pemelihara tentunya jugamenginginkan kacer yang dipeliharanya bisa jinak dan gacor.

Baik itu kacer yang dipelihara di dalam rumah maupun untuk diikutsertakan di dalam perlombaan semuanya perlu dilatih supaya bisa beradaptasi. Dengan demikian burung kicauan ini tidak mengalami ketakutan pada lingkungan sekitar.

burungnya.com

Burung kacer memang harus akrab dengan manusia. Dengan demikian bisa berkicau dengan baik. Dalam keadaan burung yang jinak, maka akan menjadikan burung dengan mudah untuk diajak bermain dimanapun. Lalu burung juga akan tetap gacor walaupun sedang bertengger di penggenggaman tangan.

Cara Menjinakkan Kacer Grabagan

Beberapa hal yang disarankan supaya diterapkan pada burung peliharaan baru yang masih grabagan. Dengan demikian, burung bisa jinak dengan cepat. Untuk pemelihara sebaiknya mengetahui burung yang sekarang ini dijadikan sebagai peliharaannya berasal dari mana. Sebab, bisa mempermudah untuk menentukan pola perawatan.

Burung Dibiarkan Kelaparan Sementra

Cara menjinakkan kacer grabagan yakni dengan melatih burung supaya merasa lapar. Untuk cara ini memang terlihat kejam. Akan tetapi dengan membiarkan burung kelaparan maka burung akan menjadi butuh kita.

Cara ini telah banyak diterapkan dan sering kali menjadi andalan. Dan untuk proses penjinakkan burung yang baru khususnya hasil tangkapan dari hutan akan menjadi lebih efektif. Pelatihan ini dilakukan dengan melakukan penjemuran.

budidayakita.com

Burung akan dijemur sesudah pemandian. Dan pada waktu menjemur dibawah terik matahari lakukan dengan tanpa pakan serta tanpa memberinya minun. Burung dijemur selama 3 sampai dengan 4 jam. Sikap burung selanjutnya akan berubah untuk menahan lapar.

Untuk burung yang mengalami kelaparan dengan keadaan berat, nantinya akan terpaksa untuk memakan makanan yang ada pada tangan anda. Hal ini bisa menjadikan burung menjadi semakin terbiasa nantinya.

Pelatihan Mandi

Cara menjinakkan kacer grabagan selanjutnya yaitu dengan pelatihan mandi. Pada pelatihan ini juga bisa mempermudah untuk burung menjadi jinak. Terapi dengan mandi telah banyak sekali dilakukan pada burung yang telah melakukan adaptasi minimal selama 3 hari.

Ini semua dilakukan dengan cara memandikan burung sampai basap kuyup. Apabila pemelihara akan memandikan burung sampai basah, maka bisa dilakukan pada keramba mandi. Apabila burung tersebut menolak maka bisa dilakukan dengan memakai semprotan.

Keadaan burung kacer yang telah basah kuyup mempunyai tujuan supaya tidak terlalu banyak bergerak. Dan pada saat burung dalam keadaan sangat basah kuyup, kita bisa mulai untuk mengelus – elus bagian punggung serta bagian dadanya.

Burung kacer saat awal akan merasa takut. Akan tetapi karena burung tidak bisa terbang, maka burung akan merasakan kasih sayang dengan memiliki naluri pada orang yang menyentuhnya.

Pelatihan Menggunakan Lidi

Cara menjinakkan kacer grabagan juga bisa dilakukan dengan menggunakan lidi. Cara ini bisa dilakukan setelah terapi mandi. Biasanya, untuk pemelihara melakukan pelatihan ini dengan menggunakan lidi. Hal ini bisa dilakukan pada saat burung lapar. Burung yang tidak mau untuk diberi makan langsung dari tangan bisa diberikan dengan memakai lidi. Contohnya saja dengan ditancapkan pada ujung lidi.

Lidi yang ditancapi dengan makanan tersebut selanjutnya bisa diberikan kepada burung. Burung kacer anda yang masih grabagan tersebut akan langsung menyantapnya. Dan untuk pemeliharan dapat memotong lidi secara perlahan sampai lidi dekat dengan tangan. Dan ketika telah dekat, anda semua dapat kemudian memberi makanan langsung demgan tangan langsung.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.

Tinggalkan Komentar