Cara Menghilangkan Lemak pada Burung Kenari yang Kegemukan

Burung kenari adalah salah satu jenis burung kicauan bersuara merdu dan berbulu indah yang banyak sekali diminati oleh para pecinta burung kicauan. Berbagai macam jenis perawatan diberikan untuk mendapatkan burung kenari yang dipelihara tetap sehat dan memiliki performa yang baik.

Mengetahui burung kenari yang dipelihara terlihat gemuk dan sehat dan juga memiliki suara yang merdu tentu suatu kesenangan atau hiburan tersendiri. Sebab, hal tersebut menandakan jika perawatan yang dilakukan tepat. Kemudian juga berhasil memberi kehidupan yang semestinya untuk burung kenari yang anda pelihara tersebut.

pinterest.com

Yang harus anda ketahui yaitu kegemukan pada burung kenari ternyata tidak baik. Burung kenari yang kegemukan atau yang memiliki terlalu banyak lemak di tubuhnya, beresiko beragam penyakit. Selain itu, burung kenari juga akan menjadi malas, malas bergerak, juga malas berkicau.

Ciri Burung Kenari Kegemukan

Untuk mengetahui kenari yang mengalami kegemukan, bisa dilihat jika bulu di area sekitar perut atau pangkal ekor ditiup, maka permukaan kulitnya akan tampak jelas dan berwarna kekuningan. Warna kuning ini muncul karena adanya timbunan lemak berlebihan. Dan untuk burung kenari peliharaan yang sehat, permukaan kulit kerap terlihat berwarna merah muda.

Selain itu juga ada benjolan besar pada sekitar perutnya. Dan ketika berjalan, burung kenari peliharaan akan tampak seperti menggembol sesuatu. Dan jika ditekan, benjolan terasa sedikit kenyal dan berwarna kekuningan.

Cara Menghilangkan Lemak pada Burung Kenari

pinterest.com

Jika anda mengetahui burung kenari yang anda pelihara tersebut mengalami kegemukan, maka anda hars bisa segera menghilangkan lemak pada burung kenari agar bisa kembali lincah dan gacor. Anda bisa mencobanya dengan cara seperti berikut ini.

1. Kurangi Pakan

Kurangi pakan bijiannya dan anda sebaiknya menambah tambahkan EF buah dan sayuran. Misalnya saja seperti tomat, mentimun, dsb. Untuk sayuran, berikan sayuran hijau gelap. Pakan berupa bijian bisa anda berikan setelah diolah menjadi biji berkecambah (sprouted seed).

2. Rangsang Burung kenari Banyak Bergerak

Menghilangkan lemak pada burung kenari yang kegemukan bisa dilakukan dengan merangsang agar burung kenari banyak gerak. Burung kenari peliharaan ini harus diberi kesempatan bergerak lebih banyak. Misalnya dengan cara memindahkan pada sangkar umbaran selama beberapa jam. Dengan banyak bergerak, maka lemak pada burung kenari bisa terbakar dengan cepat.

3. Ganti Menu Pakannya

Sebaiknya anda membatasi pemberian voer atau biji bijian untuk burung kenari. Untuk burung kenari peliharaan yang mau makan voer namun juga rajin diberi ekstra fooding kroto atau jangkrik, sebaiknya batasi voernya sampai sesendok teh sehari. Lalu, kurangi atau stop pemberian jangkrik dan berikan satu ekor sebanyak sekali dalam tiga hari. Lakukan selama dua pekan.

4. Berikan Buah dan Sayuran

Kurangi juga biji-bjiannya, anda bisa berikan bijian hanya sekitar setengah sendok teh dan sebagai ganti. Perbanyak pemberian buah mentimun atau sayuran. Untuk pemberian mentimun, sebaiknya anda belah saja secara memanjang satu buah mentimun. Kemudian berikan separuh bagian sebagai ekstra fooding.

5. Sering Dijemur

Menghilangkan lemak pada burung kenari yang kegemukan juga bisa dilakukan dengan sering melakukan penjemuran. Harus anda tahu jika hubungan penjemuran dan pengurusan merupakan seseuatu yang tidak langsung.

Jadi untuk penjemuran bukanlah cara melunturkan lemak. Lemak disini tidak akan cair seberapa lama pun burung kenari peliharaan penjemuran. Namun, dengan banyak dilakukan penjemuran, burung kenari peliharaan hanya akan banyak minum, dan kurang dalam ngemil. Maka dari itu, burung kenari bisa lebih kurus.

Untuk harga burung terbaru, silahkan langsung Hubungi Kami.