Mengetahui 5 Jenis Burung American Sparrow dan Karakteristiknya

Sparrow termasuk suatu kelompok burung kicauan yang ukurannya kecil yang terdiri dari dua jenis. Diantaranya yaitu true sparrow dari keluarga Passeridae yang merupakan jenis burung gereja, dan american sparrow yang dari keluarga Emberizidae.

Burung-burung american sparrow tersebut ternyata punya suara kicauan yang lantang. Akan tetapi burung tersebut tak dijumpai di Indonesia.

Sebab habitatnya hanya berada di Amerika. Ternyata kelompok burung american sparrow ini sesungguhnya terdiri dari puluhan spesies.

Biasanya, burung gereja bentuknya kecil, dan warnanya coklat-kelabu, badannya gemuk, lalu ekornya pendek, serta bagian paruhnya yang kuat.

Jenis Burung American Sparrow
Jenis Burung American Sparrow

Pada awalnya, sparrow asal mulanya dari Eropa, Afrika, dan juga Asia, selanjutnya burung ini disebarkan di Australia dan Amerika oleh penduduk.

Dan ketika itu, House Sparrow (jenis burung gereja) semakin banyak dijumpai di Amerika Utara, Australia, serta di Amerika Selatan. Banyak sekali dari jenis ini yang bersarang pada sebuah bangunan-bangunan, serta di rumah-rumah.

Burung ini juga sering berada dikota-kota dalam jumlah yang besar. Maka dari itu burung gereja mungkin termasuk paling familiar dari semua jenis burung liar. Mereka adalah burung pemakan bijian, walaupun mereka juga makan berbagai macam serangga kecil.

Beberapa spesies juga mengambil makanan yang ada di sekitar kota, seperti burung camar dan juga burung merpati, yang mau makan jenis apa saja yang berada di sekitarnya.

Jenis Burung American Sparrow

Dari puluhan species yang ada, berikut ini jenis burung american sparrow yang harus anda ketahui.

Black-throated sparrow

Black-throated sparrow termasuk jenis burung american sparrow yang habitatnya berada di gurun terbuka di bagian barat Amerika Serikat dan Meksiko.

Suara kicauannya juga terdengar cukup lantang. Selain itu juga terdiri dari dua nada pembuka yang diiringi dengan suara getaran dan juga memiliki suara yang mirip kenari.

Burung blackthroat gemar berada di tempat yang tinggi seperti halnya berada di ranting pohon yang tinggi. Dan pada umumnya burung tersebut akan berkicau untuk mencari pasangannya atau menjadi pertanda dari wilayahnya.

Black-throated sparrow
Black-throated sparrow

Burung blackthroat juga akan menyusun sarang telurnya dengancara mengumpulkan bahan yang berasal dari rerumputan serta berasal dari serpihan dedaunan.

Burung Blackthroat juga termasuk burung yang kicauannya begitu indah, terdengar sangat merdu serta memiliki irama tinggi dan rendah dengan kicauan yang panjang.

Akan tetapi untuk Blackthroat yang betina pada umumnya akan terdengar mencicit dan suara kerasnya juga hanya cenderung monoton.

Vesper sparrow

Vesper sparrow habitatnya di padang rumput serta ladang pertanian di bagian utara Amerika Serikat serta Kanada. Jenis burung american sparrow ini sering berkicau di malam hari, walaupun di siang hari juga sangat aktif.

Lark sparrow

Lark sparrow sering dijumpai di lahan-lahan pertanian serta di pinggir jalan raya. Perilaku kawin dari burung ini cukup unik. Mereka sering memakai sarang bekas mockingbird dibandingkan menyusun sarang sendiri.

Dark-eyed junco

Dark-eyed junco adalah jenis sparrow yang tersebar di hutan dataran rendah di Kanada. Mereka migrasi lebih ke utara saat musim dingin. Suara kicauannya berupa getaran yang mirip dengan kicauan chipping sparrow dan pine warbler. Kicauannya terdengar lantang dan dapat terdengar dari jarak yang lumayan jauh.

Lark bunting

Lark bunting adalah jenis burung american sparrow yang sering dijumpai di padang luas. Untuk kicauan juga terdiri dari beberapa suara yang bervariasi, dan terkadang dilagukan dengan berulang bersama dengan suara getaran.

Tinggalkan Komentar