Cara Mengatasi Lovebird Hanya Ngetik di Lomba dan Tidak Mau Ngekek

Untuk perlombaan burung kicauan seperti Lovebird, banyak kasus Lovebird tidak mau ngekek di lomba maupun saat berada gantangan. Pada umumnya, Lovebird hanya ngetik serta mompa-mompa.

Jika Lovebird peliharaan anda mau ngekek, pada umumnya hanya sesekali saja. Dalam hal ini, terdapat berbagai macam masalah yang mengakibatkan Lovebird tidak mau ngekek dan hanya ngetik saja di lapangan, salah satunya yaitu kurangnya asupan multivitamin.

Ketika Lovebird mengikuti acara lomba, terdapat kemungkinan jika Lovebird dalam keadaan sedang kurang fit. Faktor penyebab Lovebird kurang fit ini juga bervariasi. Diantaranya mulai dari jarang diberi vitamin, atau mungkin kurangnya pemberian extra fooding.

Cara Mengatasi Lovebird Hanya Ngetik di Lomba
burungnya.com

Bisa juga karena pemberian jenis makanan yang kurang bergizi dan bernutrisi. Sebab banyak pecinta burung kicauan yang merasa sudah cukup diberi milet putih. Dengan demikian, Lovebird miliknya tidak diberi tambahan makanan bergizi. Bahkan, ada juga Lovebird yang tidak pernah diberi multivitamin sama sekali.

Jika sudah seperti itu, bukan hal yang mengherankan apabila Lovebird Anda tidak bisa ngekek di lapangan dan hanya mompa saja. Tak hanya masalah asupan makanan, Lovebird ini hanya ngetik di lomba juga bisa karena mengalami over birahi.

Lovebird yang sedang mengalami over birahi pada umumnya tidak mau ngekek dan hanya mompa-mompa sembari berputar-putar di jeruji saja. Mengatasi Lovebird hanya ngetik di Lomba harus dilakukan dengan secepatnya.

Selain itu, faktor Lovebird yang kegemukan dan stres juga bisa mengakibatkan tidak mau ngekek. Faktor lainnya pada umumnya disebabkan Lovebird sedang mabung, kurang fighter. Kemudian juga kurang prospek atau bukan berasal dari trah jawara.

Cara Mengatasi Lovebird Hanya Ngetik di Lomba

Lovebird Ngetik
youtube.com
  • Memberikan jenis pakan yang bernutrisi
  • Lovebird diberi multivitamin
  • Pakan extra fooding sebaiknya ditingkatkan
  • Setting birahi Lovebird
  • Penjemuran dikurangi
  • Lovebird dimandikan sewajarnya
  • Mengetahui suasana hati Lovebird

Tak hanya mengatur masalah birahinya, Lovebird ngetik dan mompa di lomba juga dapat anda atasi dengan mandi malam sebelum hari H lomba. Tak hanya itusaja, Anda sebaiknya juga bisa mengurangi durasi penjemuran.

Sebaiknya, Lovebird sering dimandikan namun disesuaikan dengan keinginan Lovebird. Biarkanlah Lovebird yang memilih sendiri mandinya kapan. Jika telah mandi rutin, pemberian multivitamin serta pakan tambahan sebaiknya ditingkatkan.

Sedangkan EF dapat memakai jagung muda maupun dengan sayuran lainnya. Usahakan untuk pemberian extra fooding Lovebird dilakukan seminggu sekali supaya perawatannya bisa maksimal.

Apabila seluruh perawatan sudah dijalani, namun Lovebird tetap tidak mau ngekek, bisa jadi mood atau suasana hati Lovebird sedang kurang baik.

Jika suasana hati Lovebird sedang tidak baik, mungkin stres sebab gangguan dari hewan lain, tentu saja Lovebird tidak mau ngekek di lapangan. Lovebird hanya mau ngetik serta lompat-lompat pada gantangan agar menyenangkan pemiliknya. Maka anda perlu mengatasi Lovebird hanya ngetik di lomba ini.

Mengetahui Mood Lovebird

Guna mengetahui Lovebird yang anda miliki sedang mood ikut lomba atau tidak, bisa dengan cara ditrek sebentar saja. Apabila Lovebird langsung gacor serta memunculkan karakter fighter, berarti dia dinyatakan sudah siap lomba.

Sesudah sampai di tempat lomba, Lovebird diberi pakan yang disukainya. Selanjutnya, terapkan setting lomba Lovebird, seperti halnya buka kerodong, diangin-anginkan. Untuk penjemuran, sebaiknya sebentar (jika setingannya terbiasa jemur), dan berikan settingan rahasia masing-masing.

Jika Lovebird langsung narik-narik serta menyambut lawan, kemungkinan Lovebird anda telah siap dilombakan serta memiliki mood yang baik.

Tinggalkan Komentar