Hal-Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Kenari Dilombakan

Kontes kicau kenari merupakan lomba yang sangat dinantikan oleh para pencinta kenari. Untuk mendapatkan kenari dengan kicau bagus dan merdu—atau biasa disebut gacor—saat lomba, diperlukan persiapan yang matang. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum kenari dilombakan.

1. Pilih Kenari Petarung

Source - pixabay
Source – pixabay

Pada dasarnya, kenari adalah burung petarung. Di alam bebas, kenari agresif jika mendengar kicauan dari burung lain. Dia akan langsung membalasnya. Nah, untuk mendapatkan kenari yang benar-benar bermental petarung, pilihlah kenari jantan. Kenari jantan memiliki suara lebih nyaring dan stabil daripada betina. Perhatikan juga bentuk paruh, kepala, sayap, leher, dan postur badan kenari. Pilihlah yang kokoh dan memiliki cengkeraman kuat.

Sebaiknya, Anda juga memilih kenari berdasarkan jenis kicauan. Pilihlah kenari yang kicauannya berirama, panjang, dan variatif. Jika perlu, berkunjunglah ke lomba kicau burung dan bertanya kepada pencinta kenari terlebih dahulu.

2. Latihan Mental

Latihan mental perlu dilakukan agar kenari percaya diri dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Untuk kenari yang baru pertama kali dilombakan, dapat disandingkan dengan kenari yang sudah matang agar dapat menirukan karakter dan gayanya.

Kenari juga sebaiknya dibiasakan jalan-jalan ke arena lomba, meskipun tidak mengikuti lomba tersebut. Hal ini bertujuan agar kenari terbiasa dengan suasana lomba serta keramaian di sana. Selain itu, Anda dapat menggantung kenari di tempat yang berbeda-beda. Tujuannya agar kenari mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.

3. Perawatan Sebelum Lomba

Source - flickr
Source – flickr

Lakukan perawatan terbaik sebelum kenari dilombakan. Misalnya mengeluarkan kenari pada pukul 07.00 WIB, lalu memandikan atau menyemprotnya. Bersihkan sangkar, tempat makan, dan minumnya. Selanjutnya, siapkan makanan, minuman, dan vitamin untuk kenari.

Lakukan penjemuran selama satu jam, jangan menjemurnya di atas pukul 10.00 WIB. Setelah itu, pindahkan ke teras dan lakukan latihan berkicau. Anda dapat menggunakan bantuan MP3 untuk melatihnya. Tutup kembali sangkar kenari pada sore hari sebelum maghrib.

4. Makanan yang Tepat Sebelum Lomba

Salah satu perawatan harian yang dilakukan sebelum kenari dilombakan adalah memberikan makanan yang tepat. Anda bisa memberinya apel diselingi kroto, 3 hari sebelum jadwal lomba. Sebaiknya berikan juga telur puyuh, 1 jam sebelum lomba.

Lakukan beberapa perubahan pola makan sebelum kenari dilombakan, misalnya pemberian kroto. Menjelang lomba, berikan kroto dua kali seminggu dengan porsi maksimal 10. Telur puyuh hanya diberikan sekali seminggu untuk mencegah kegemukan. Badan yang gemuk membuat kenari kurang lincah. Selain itu, berikan mentimun 2 hari berturut-turut sebelum lomba. Mentimun akan bermanfaat untuk membersihkan lendir di tenggorokan kenari. Dengan demikian, kenari dapat berkicau tanpa hambatan. Agar stamina kenari makin kuat, Anda dapat mencampurkan tiga tetes madu pada minuman kenari.

5. Hal yang Dilakukan Beberapa Saat Sebelum Lomba

Source - flickr
Source – flickr

Ketika jadwal lomba tiba, lakukan beberapa persiapan. Mandikan kenari dengan tingkat kebasahan yang cukup. Jemur di bawah sinar matahari dengan durasi yang pas, sekitar pukul 09.00 WIB selama 30 menit.

Mandikan kenari dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Frekuensi mandi yang dinaikkan dan penjemuran yang lebih singkat tersebut untuk mengontrol birahi kenari.

Seminggu sebelum kenari dilombakan, pisahkan dari jenisnya sendiri untuk menjaga mentalnya.  Beberapa saat sebelum lomba, kondisikan agar kenari tidak berkicau sepanjang hari. Hal tersebut akan membuatnya kelelahan. Pada malam hari, matikan lampu tempat kenari disimpan. Tujuannya agar kenari mendapatkan waktu istirahat yang berkualitas.  

Apakah kenari Anda sudah siap dilombakan? Persiapan yang matang akan memberikan kesan yang memuaskan. Ketelatenan Anda sebagai pemilik kenari sangat menentukan kualitasnya.

Tinggalkan Komentar