Cara Mengatasi Cucak Ijo Tetelo Agar Bisa Sehat Kembali

Burung cucak ijo adalah burung kicauan yang banyak dipelihara oleh para kicaumania . Akan tetapi di dalam pemeliharaan terkadang burung cucak ijo yang anda pelihara terkena penyakit tetelo.

Lumpuh pada unggas atau kerap dinamakan dengan penyakit tetelo ini juga terjadi pada burung khususnya burung cucak ijo.

Penyakit Tetelo Pada Cucak Ijo

Tetelo termasuk salah satu penyakit yang mematikan apabila tidak ditangani dengan cara yang tepat. Penyakit ini lebih sering menyerang burung ketika musim pancaroba terlebih lagi dengan cuaca yang ekstrim.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Tetelo
Cara Mengatasi Cucak Ijo Tetelo

Jenis penyakit burung ini tidak hanya menyerang pada burung-burung dewasa. Akan tetapi anakan atau trotol pun mudah sekali terserang jenis penyakit ini.

Maka dari itu, sebagian besar penghoby burung merasa khawatir atas serangan penyakit ini. Karena dapat menyerang burung dari semua umur.

Tetelo juga bisa terjadi dengan iba-tiba tanpa ada gejala maupun tanda pada burung. Penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang syaraf pada burung , dengan demikian bisa menyebabkan burung lumpuh dan jatuh dari pangkringan.

Lumpuh yang terjadi pada cucak ijo juga bervariasi, ada yang lumpuh hanya di bagian sayap saja, ada yang lumpuh hanya sebagian . Namun banyak juga yang lumpuh seluruh badan.

Ciri ciri Burung Cucak Ijo Tetelo

Ciri ciri Cucak Ijo Tetelo
Ciri ciri Cucak Ijo Tetelo

Ciri-ciri burung cucak ijo terkena penyakit tetelo diantaranya yaitu burung yang pada mulanya sehat dan gacor tiba-tiba atau mendadak jadi pendiam dan tidak mau makan.

Selain itu burung dibawah terus dan tidak mau naik di atas pangkringan. Tanda yang jelas serta kerap terjadi yaitu burung tersebut tiba-tiba jatuh dan tidak dapat bergerak.

Akan tetapi mata masih bisa terbuka. Kerap juga dijumpai burung yang tiba-tiba kejang atau ayan.

Tetelo disebabkan karena virus tertentu yang masuk di dalam tubuh burung. Virus yang menjadi penyebab tetelo asalnya dari berbagai macam sumber.

Misalnya bisa berasal dari kandang yang tidak bersih maupun lingkungan yang kurang bersih.

Maka dari itu kita sebaiknya rajin membersihkan kandang burung supaya burung kesayangan kita tidak terjangkit penyakit tetelo.

Cara Mengatasi Cucak Ijo Tetelo

Bagi anda yang menjumpai burung burung peliharaan anda seperti ini janganlah panik. Anda mungkin juga panik dan tidak mengetahui apa yang harus dilakukan guna menyelamatkan burung peliharaan.

Karena apabila salah penanganan, burung bisa mengalami kematian. Dengan demikian, Anda perlu mengetahui caramengatasi cucak ijo tetelo paling jitu dalam memberikan pertolongan pertama.

Cara mengatasi cucak ijo tetelo bervariasi tapi semuanya bertujuan untuk menghilangkan virus dan menjaga burung supaya tetap dalam kondisi vit. Pengobatan tetelo bisa berupa bahan alami atau bahan kimia.

Pertolongan pertama untuk penyakit tetelo bisa anda berikan air gula. Langkah pembuatannya yaitu air gula yaitu dengan melarutkan gula pasir ke dalam air hangat.

Anda juga dapat memberikan madu untuk pertolongan pertamanya. Obat Tetelo yang kerap dipakai dan mudah didapat di toko burung yaitu obat anti saraf.

Kemudian Obat alami untuk tetelo yaitu dengan menggunakan daun saga. Cara membuatnya dengan cara memeras daun saga sampai daunnya mengeluarkan air dan air tersebut diberikan untuk burung yang terkena tetelo. Bisa juga memberikan metabolis sebagai obat tetelo.

Dianjurkan burung yang terkena tetelo jangan dimandikan terlebih dahulu hingga benar-benar sembuh dan sebaiknya kebersihan kandang terus dijaga.

Tetelo pada umumnya bisa sembuh satu hingga tiga hari dari mulai pengobatan. Ingat tetelo juga dapat sembuh cepat tetapi cepat juga membunuh burung kesayangan kita.

Tinggalkan Komentar